Untuk sebagian blogger, ilmu SEO adalah satu-satunya senjata ampuh bagi website maupun blog yang ingin mendapatkan banyak pengunjung organik. Ada juga yang berpendapat bahwa SEO itu teka-teki, tidak jelas arahnya. Kadang artikel saya berada di halaman pertama google, kadang tidak.
Padahal saya sudah membuat artikel lebih dari seribu kata. Namun, tidak juga berada di halaman pertama.
Mana? Katanya artikel yang lebih dari seribu kata itu gampang masuk halaman pertama? Padahal konten-konten yang saya buat sudah masuk kategori berkualitas. Nyatanya, kok tidak bisa nangkring di halaman pertama? Mungkin inilah penyebab ada blogger yang menganggap bahwa SEO itu tidak pasti, atau bisa juga disebut untung-untungan.
Kadang ada yang artikelnya kurang dari 500 kata bisa berada di halaman pertama dengan mudah. Mungkin juga gara-gara hal ini ada blogger yang ngambek dan menganggap bahwa SEO itu tidak penting.
SEO itu bikin pusing, lebih baik buat konten yang banyak dan berkualitas daripada mikirin SEO.
Sebenarnya itu salah. Siapa bilang SEO tidak penting? SEO Itu penting!
Sebagai contohnya, karena saya akan membuat artikel SEO biar bisa bersaing di halaman pertama Google, silahkan ketikan kata kunci “cara bersaing di mesin pencari Google.” Jika tidak bisa page one, artikel ini akan saya hapus!
Ada cara khusus untuk membuat artikel dengan kata kunci tertentu, agar bisa berada di halaman pertama Google. Saya berani menjamin jika Anda menerapkan tips ini, 100% keyword yang Anda sebarkan di artikel akan bisa dengan gampang dibaca google boot.
Agar Mampu Bersaing di Mesin Pencari, Lakukan Cara Ini
Membuat artikel bisa berada di halaman pertama Google itu mudah asal tahu caranya. Jika belum tahu caranya, silahkan ikuti tips di bawah ini:
1. Membuat artikel sendiri
Percayalah! jika artikel Anda buatan sendiri, artikel akan lebih gampang mendapatkan peluang berada di halaman pertama. Saya sering membuktikan sendiri untuk yang satu ini, karena dulu saya juga pernah menjadi blogger copy paste.
Ternyata, Google tau artikel mana yang lebih dulu dipublikasikan dan di index. Meskipun tanggal dan tahunnya Anda setting mundur ke zaman maja pahit, Google akan tetap mengetahuinya.
Buatlah artikel sendiri semampunya, dengan membidik kata kunci tertentu. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan DA yang lebih tinggi juga akan dihadiahkan kepada website Anda.
2. Jangan lupa optimasi blog
Bayangkan saja blog adalah sebuah mesin motor, jika tidak pernah diservis? Apakah bisa bertahan lama? Sama halnya dengan optimasi blog, semakin baik optimasi yang Anda terapkan di blog, maka akan semakin banyak juga kesempatan untuk bisa di halaman satu Google.
Optimasi ini sudah tidak asing lagi bagi para blogger lawas. Optimasi ini sering disebut sebagai SEO on-page dan SEO off-page. Jika Anda tidak ingin susah payah belajar strategi SEO one-page dan off-page, Anda dapat menggunakan jasa SEO Surabaya yang sudah terbukti memberikan hasil terbaik kepada semua pelanggan.
Apa fungsi SEO On-page dan off-page?
SEO (Search Engine Optimization) On-page dan Off-page adalah dua strategi penting yang digunakan untuk meningkatkan peringkat website pada mesin pencari seperti Google.
SEO On-page adalah praktik untuk mengoptimalkan halaman website untuk meningkatkan relevansi dan keterbacaan bagi mesin pencari. Beberapa contoh praktik SEO On-page meliputi penggunaan kata kunci dalam judul halaman, deskripsi meta, konten, dan URL, serta memperbaiki struktur situs dan navigasi internal, optimasi gambar, dan penggunaan tag heading dan subheading yang relevan. Praktik SEO On-page bertujuan untuk membuat situs web lebih mudah dipahami oleh mesin pencari dan lebih relevan dengan topik yang diincar, sehingga meningkatkan peringkat halaman dalam hasil pencarian.
Sementara itu, SEO Off-page melibatkan strategi untuk meningkatkan otoritas dan reputasi website di luar situs web itu sendiri. Beberapa contoh strategi SEO Off-page termasuk membangun tautan (backlink) dari situs web lain ke halaman website, berpartisipasi aktif dalam jejaring sosial, mencari dan berinteraksi dengan komunitas online, dan mendapatkan referensi media yang positif. Tujuannya adalah untuk memperkuat otoritas website di mata mesin pencari, sehingga meningkatkan peringkat halaman dalam hasil pencarian dan meningkatkan jumlah trafik organik ke situs web.
Perbedaan SEO On-page dan Off-page
SEO On-page dan Off-page adalah dua jenis strategi yang berbeda dalam rangka meningkatkan peringkat website di mesin pencari seperti Google.
SEO On-page berfokus pada hal-hal yang dapat dioptimalkan secara langsung pada halaman website, seperti penggunaan kata kunci yang tepat, struktur situs yang baik, konten yang relevan, dan penggunaan tag heading yang benar. Dalam praktiknya, SEO On-page bertujuan untuk meningkatkan relevansi dan keterbacaan website bagi mesin pencari, sehingga website menjadi lebih mudah ditemukan dan diindeks oleh mesin pencari.
Di sisi lain, SEO Off-page melibatkan strategi untuk meningkatkan reputasi website di luar situs web itu sendiri, seperti membangun tautan dari situs web lain yang berkualitas, berpartisipasi dalam jejaring sosial, dan mendapatkan referensi media yang positif. Strategi ini bertujuan untuk meningkatkan otoritas website di mata mesin pencari, sehingga website menjadi lebih dianggap sebagai sumber informasi yang penting dan dihargai oleh mesin pencari.
Perbedaan antara SEO On-page dan Off-page terletak pada fokus dan strategi yang digunakan. SEO On-page berfokus pada hal-hal yang dapat dioptimalkan langsung pada halaman website, sedangkan SEO Off-page melibatkan strategi untuk meningkatkan otoritas dan reputasi website di luar situs web itu sendiri. Kedua strategi ini bersama-sama membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencari dan meningkatkan jumlah trafik organik ke situs web.
Lanjut ke pembahasan cara bersaing di mesin pencarian Google.
3. Daftarkan blog atau website Anda ke Google webmaster
Saya punya pengalaman lucu saat baru pertama ngeblog. Namanya juga blogger newbie, baru mengenal blog dan belum paham banget tentang blog.
Apalagi kenal webmaster. Untuk blogger yang ingin blognya berada di halaman Google, tentu saja harus memanfaatkan layanan gratis dan canggih dari Google ini. Alat ini akan sangat berguna agar halaman blog bisa dengan mudah ditemukan di mesin pencari.
Sebenarnya tanpa menggunakan alat ini, blog kita sudah bisa dibaca oleh Google secara otomatis. Namun agak lama.
Untuk itu, kita tinggal memilih. Jika ingin mengindex manual, maka webmaster bisa kita gunakan sebagai senjata utama untuk SEO. Selain canggih dan bermanfaat, alat gratis dari Google ini juga merupakan salah satu persyaratan untuk menjadi publisher Google Adsense.
4. Menggunakan domain TLD
Perlu Anda ketahui, selain untuk profesionalitas sebuah blog. Menggunakan domain tld bisa mengingatkan pada Google kalau blog kita berbayar bukan gratisan.
Manfaatnya apa? Kita bisa berpatner dengan perusahaan periklanan Google Adsense. Bahkan, saya yakin tidak hanya Google yang menyukai domain tld. Orang yang mengunjungi blog Anda pun akan dengan senang hati membagikan artikel Anda ketika url blognya tidak gratisan.
Dengan menggunakan domain sendiri, blog Anda juga akan sangat mudah diingat oleh para pembaca. Di Indonesia, ada Niagahoster sebagai Layanan web hosting yang sangat populer. Anda bisa menyewa domainnya di sana.
5. Tidak mudah menyerah & patah hati
Patah hati merupakan sifat bawaan yang telah diberikan oleh Tuhan kepada manusia. Agar blog Anda bisa sukses, maka jangan mudah menyerah. Jangan mudah patah semangat.
Hanya karena melihat blog saingan Anda yang terus berkembang, lalu Anda patah hati. Bukannya malah semangat, justru malah berniat buruk pada blog saingan Anda. Inilah yang menyebabkan mengapa banyak blogger keblinger.
Harusnya blogging itu untuk kesenangan, malah jadi permusuhan. Blogger harus mempunyai mental dan semangat yang tinggi.
Blogger harusnya tidak gampang menyerah. Blogger harusnya tidak gampang puas dan mau terus belajar. Selamat blogging dan semoga sehat selalu. Salah hangat dari blogger bumi wali.