menulis artikel panjang dan informatif

Cara Menulis Artikel Panjang dan Informatif

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa artikel blog adalah bagian paling penting pada blog itu sendiri. Karena artikel dalam blog kita lah sehingga pengunjung mau berlama-lama dan mau terus penasaran. Jadi, bukan karena tampilan dari blog Anda. Namun, isi dari blog Anda. Yakni artikel.

Membuat artikel tidak semudah saat Anda membuat sebuah blog. Membuat blog sangat mudah. Hanya bermodalkan sebuah akun gmail, Anda pun bisa memiliki sebuah blog dari platform blogspot.

Hal menarik ini lah yang menjadikan banyak orang ingin menjadi blogger. Menganggap bahwa membuat blog itu mudah. Namun, mereka belum sadar bahwa menjadi seoarang blogger itu susah banget. Ngeblog itu berat.

Menjadi seorang blogger bukanlah perkara yang mudah. Jika ada yang mengatakan bahwa menjadi blogger itu gampang, maka dapat dipastikan kalau orang itu adalah blogger gadungan.

Isi blognya hanya dipenuhi dengan artikel copas. Sedangkan untuk nilai originalitas dalam blog hanya beberapa persen saja. Bahkan tidak ada. Mungkin yang dimaksud gampang adalah melakukan copy paste.

Sebenarnya, walaupun tidak mudah, tapi jika niat awal Anda memang sungguh-sungguh ingin menjadi blogger yang berhasil, maka hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah “artikel” yang Anda buat.

Anda pun tidak harus mengikuti cara salah seperti yang dilakukan blogger salah. Salah satu cara yang paling salah ketika menggeluti dunia blogger adalah copas habis artikel orang.

Saya pernah melakukan ini. Namun, setelah lama ngeblog saya berpikir tidak ada spesialnya sebuah blog jika isi dari blognya hanya artikel copy paste. Jadi, artikel menarik itu bukan karena Anda bisa mencopas atau menulis ulang lalu hasilnya lebih bagus dari orang lain.

Bisa dibuktikan ketika Anda mempublish artikel tersebut tidak mendapatkan pengunjung secara signifikan. Ini dikarenakan pengunjung sudah tahu dengan apa yang Anda tuliskan karena sebelumnya mereka pernah membaca hal yang serupa.

Itu salah satu kegagalan yang Anda lakukan ketika Anda mau menjadi seorang blogger. Karena Anda tidak bisa mendapatkan perhatian pembaca, karena pembaca akan berlama-lama dan akan selalu mencari blog Anda ketika apa yang Anda sajikan terbilang baru, informatif, berkualitas dan tentunya menarik dan memberi wawasan bagi mereka.

Hal paling penting adalah bagaimana Anda bisa mendapatkan perhatian awal mereka. Karena kesan pertamalah sehingga muncul istilah “suka” dan untuk bisa mendapatkan hal tersebut, satu-satunya cara paling ampuh hanya melalui artikel blog yang Anda buat.

Ketika Anda menambahkan pengalaman Anda dengan belajar dari para blogger yang sudah sukses tentu ada banyak sekali pengalaman dan ilmu yang bisa Anda dapatkan.

Sayangnya untuk mendapatkan secara keseluruhan dari pengalaman blogger sukses ini menjadi dilema bagi para blogger newbie. Sebab, berbagi ilmu yah berbagi ilmu. Namun, tentu tidak semua bisa Anda dapatkan dengan mudah dan gratis.

Sekalipun di sana ada yang mau berbagi secara blak-blakan tentang pola suksesnya pasti tidak secara terang-terangan. Masih berbelit-belit, neko-neko yang hanya membuat para blogger pemula susah untuk mencerna apa yang seharusnya mereka lakukan.

Nah mengenai artikel, artikel yang paling baik adalah artikel yang panjang dan jelas. Jelas untuk pembaca namun tidak membosankan. Biasanya artikel seperti ini akan selalu muncul di halaman pertama Google.

Karena menurut pengetahuan saya, artikel yang pernah saya baca dan itu asli di halaman satu Google pasti artikelnya kurang lebih dari 1.000 kata +.

Pertanyaanya, apakah kita mampu menulis panjang dengan waktu sesingkat mungkin? Pastinya itu melelahkan. Karena biasanya untuk satu artikel panjang saja dibutuhkan waktu dua jam untuk kelas profesional blogger.

Tetapi jangan down dulu. Jika niat Anda ngeblog ingin berhasil, maka apapun yang paling penting harus diutamakan. Termasuk membuat artikel blog dengan kualitas SEO yang baik.

Nah, untuk Anda yang lagi kesulitan menulis artikel yang panjang dan Informatif serta tidak gampang bosan ketika dibaca, berikut ada panduan khusus untuk diterapkan di blog Anda.

Cara Menulis Artikel Panjang Yang Informatif

Berikut ini cara menulis artikal yang panjang dan informatif. Baca sampai ujung supaya tidak setengah-setengah kalau ingin paham.

1. Riset kata kunci menggunakan Google Search Egine

Jika Anda merasa bingung atau masih ragu dengan judul yang ingin Anda gunakan, sebaiknya Anda meriset dulu dengan Google sugest/ pencarian

Karena tools Google yang paling banyak digunakan blogger yaitu Google keyword planer sekarang tidak bisa dinikmati secara gratis. Anda bisa menggunakan Google sugest untuk riset kata kunci seperti gambar di bawah ini :

riset kata kunci menggunakan search google

Disitu Google pencari akan menunjukan jalan. Kata kunci mana yang paling sering diketikan oleh orang di pencarian Google. Kita bisa memanfaatkan cara di atas untuk membuat judul yang efektif.

Tetapi sudah jelas. Jika saran yang diperlihatkan Google akan lebih banyak pesaingnya. Dengan cara di atas, setidaknya kita bisa mempermudah merancang calon judul yang akan kita buat.

Jika kita asal-asalan membuat judul, sudah pasti artikel kita akan jarang ditemukan di mesin pencari.

2. Jangan terlalu terburu-buru dalam membuat artikel

Artikel yang masih setengah-setengah biasanya sudah kelihatan jika dibaca akan mbulet. Tidak sabar ingin artikelnya segera dipublish dan disumbit ke webmaster tanpa membaca ulang ataupun memberi ucapan selamat dan pamitan kepada pengunjung.

Pembahasan yang matang dalam satu artikel lebih penting daripada Anda mendapat banyak artikel namun masih ngambang kemana-mana. Dulu, awalnya saya juga ingin sekali artikel saya cepat banyak. Bahkan, sehari biasanya 3 artikel terpublish.

Kebiasaan tersebut saya kurangi mengingat tugas saya di kamupus juga terkadang numpuk. Untuk itu, lebih baik saya simpan di draft dulu kemudian kalau senggang akan saya teruskan.

Jika memang Anda sudah terlalu yakin dan secepatnya artikel Anda ingin segera dipublish, maka lebih baik selesaikan dan dipublish Karena terkadang niat kita untuk meneruskan tulisan di waktu senggang lagi menjadi tertunda karena gak mood.

3. Menulis dari hati

Jika Anda berselancar di dunia maya, kemudian membaca sebuah postingan blog, rata-rata Anda akan menemukan isinya penuh dengan tips dan tutorial. Seperti layaknya kelas sekolahan. Pembaca adalah murid yang dituntun oleh guru melalui sebuah teori dan praktik.

Jika secara online, ada banyak ide dan saran yang asalnya dari kepribadian seseorang dan berdasarkan pengalamannya. Karena si pemilik website memiliki eksen yang kita sebut juga sebagai gaya menulis.

Anda mungkin pernah menjumpai beberapa saran membuat artikel berkualitas seperti ini.

  • Anda harus selalu menulis dengan ejaan dan tata bahasa yang sempurna.
  • Anda harus ingat posisi tepat kata-kata Anda dan menghindari kesalahan pengetikan.

Hal tersebut memang penting tapi terlebih penting lagi ketika Anda bisa menjadi penulis yang unik.

Menulis berdasarkan keinginan hati yang akan melibatkan ekpresi Anda saat menulis sehingga Anda akan dijumpai sebagai penulis yang unik daripada Anda menulis dilandasi kepribadian palsu.

4. Memiliki dasar sudut pandang yang nyata

Anda memiliki peran dalam setiap percakapan di dunia nyata. Demikian pula jika Anda membuat sebuah artikel di dunia maya. Satu-satunya cara yang selalu menjadi masalah adalah bahwa banyak penulis tidak mengerti apa peran mereka.

Apa peran saya sebagai penulis? Apakah Anda mencoba untuk memberikan tutorial? Atau sekedar curhat? Apakah Anda ingin memulai percakapan mengenai kehidupan sosial? Ataukah Anda mencoba menceritakan sebuah konten berita paling hot saat ini?

Sampai Anda mengidentifikasi apa sudut pandang Anda, maka mustahil untuk Anda memiliki sebuah postingan blog yang mengandung pendapat yang bermakna.

Kurangnya informasi dari sudut pandang berarti semua yang Anda lakukan hanya sia-sia. Sedangkan yang kita tahu bahwa sudut pandang didasari oleh fakta nyata. Lalu, kita ubah menurut sudut pandang kita.

5. Fokus

Jika hal ini adalah titik kunci yang paling penting lalu mengapa Anda tidak menerapkannya? Anda mungkin lagi asik menulis tapi lupa titik fokus Anda. Hilangnya fokus maka Anda susah untuk membuat posting blog yang menggairahkan. Anda akan dibawa oleh arus yang kemudian membuat postingan Anda mulai melenceng dan tidak berada pada jalur asalnya.

Jika Anda kehilangan fokus Anda saat menulis, maka Anda membuat “virus kebingungan” dalam pikiran pembaca. Ketika virus kebingungan menyerang, pertanyaan mulai diminta.

Ketika pertanyaan ini ditanya, posting blog Anda akan menjadi sangat diteliti. ini adalah salah satu fakta kehidupan kita semua bisa sepakat. Masalah kecil dapat merusak reputasi Anda sebagai penyedia konten yang berpengalaman dalam pikiran pembaca itu.

Mereka mungkin bahkan berbicara tentang bagaimana Ketampanan Anda dengan teman-teman mereka. Anda tidak ingin itu terjadi, bukan? Jadi, tetaplah fokus. Miliki topik yang jelas untuk setiap posting blog dan selalu berikan yang terbaik dari hati Anda.

6. Perpendek paragraf untuk memikat hati pengunjung

Ketika saya melihat postingan blog dengan 12 baris dalam satu paragraf, rasanya ingin sekali membelah tulisan itu. Untuk itu, kita sebagai penyedia konten harus berpikir tentang bagaimana caranya agar ketika pengunjung membaca tidak merasakan penyakit bosan.

Sesuai dengan yang telah saya alami, dan mungkin pembaca lainya juga akan sangat jenuh ketika membaca dengan paragraf yang panjang, sepertinya pembaca akan lebih suka dengan paragraf pendek. Apalagi di media online (blog).

7. Membaca Ulang

Sebaik-baiknya tulisan Anda, sebaiiknya Anda membaca ulang apa yang baru saja Anda tulis. Menurut saya, membaca ulang lebih mantap. Tanpa Anda sadari, skill dalam mengolah kata akan semakin meningkat dengan sendirinya.

Nah, itulah beberapa poin penting jika ingin menulis artikel yang panjang serta Informatif. Sebenarnya, ketika kita paham jurnalistik khususnya online, pastinya tidak akan meninggalkan yang namanya 5W 1H.

2 komentar untuk “Cara Menulis Artikel Panjang dan Informatif”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *