panduan artikel seo

Panduan Membuat Artikel SEO, 100% Mudah

Butuh panduan membuat artikel SEO yang berkualitas? Anda sudah berada di halaman website yang tepat. Optimasi mesin pencari adalah sebuah proses membuat blog atau situs web Anda menjadi lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Baik di Google, Bing, Yahoo, Ask, atau search egine lainnya.

Pada artikel ini, saya akan berusaha membahas dasar-dasar SEO yang paling penting untuk pemula.

Pastinya dengan cara saya.

Cara SEO yang saya lakukan selama ini.

Ketahuilah, tidak semua blogger atau yang menulis di blog itu mau menerapkan ilmu SEO di blognya.

Mungkin saja karena mereka malas, atau bisa jadi tidak begitu mementingkan SEO karena niat menulis di blognya hanya sekedar nitip tulisan semata.

SEO memang tidak begitu penting bagi orang yang hanya memanfaatkan blog-nya sebagai wadah tulisan biar nggak hilang ditelan zaman.

Namun, ilmu SEO akan sangat penting bagi mereka (para pelaku bisnis online). Istilah sangarnya Digital Marketing dan internet marketing.

Mengapa demikian?

Karena artikel mereka harus di halaman 1 Google supaya produk maupun jasa yang dipasarkan bisa dengan mudah ditemukan orang-orang melalui mesin pencari Google.

Jika Anda seorang internet marketing, Anda jangan malas belajar SEO.

Ini Panduan Membuat Artikel SEO Yang Berkualitas

Panduan ini saya tulis agar dapat bermanfaat bagi orang-orang yang ingin serius belajar SEO.

Siapa tahu, di kemudian hari bisa membantu Anda yang saat ini sedang merintis bisnis online atau yang memasarkan produknya melalui website, nantinya bisa berguna.

Memang ada juga sih sebagian blogger yang mengatakan bahwa “ilmu SEO itu membingungkan, Bro!. Bikin kepala pusing.”

Menurut saya, itu hanya pendapat orang-orang yang tidak serius membangun blognya. Atau bisa dikatakan mereka hanya ingin nitip tulisan di blog saja.

Jika Anda serius membangun blog untuk bisnis, jangan lupakan SEO.

SEO itu penting! Apalagi untuk pelaku bisnis di internet.

Pada intinya, kesuksesan sebuah website itu tergantung bagaimana cara kerja pilotnya.

Kesuksesan online marketing Anda tergantung bagaimana cara kerja dan keseriusan Anda.

Jadi, kalau belajar jangan setengah-setengah. Istilah jawanya “ambang-ambang taek.”

Mari belajar SEO bersama Santri IM.

Berikut ini cara menulis artikel SEO paling ampuh versi Santri IM.

BAB I (Optimasi SEO On-Page)

Di bab ini, Anda harus membaca dengan fokus. Jika belum bisa membaca dengan fokus, atau mungkin saat ini mood membaca Anda sedang buruk, sebaiknya tinggalkan dulu halaman ini.

Anda bisa mengunjunginya di lain waktu.

Jika sudah bisa fokus, mari kita mulai….

1. Penggunaan Judul – Riset Kata Kunci

Berbeda dengan membuat makalah saat mendapat tugas dari ibu dosen.

Ketika Anda ingin membuat artikel di blog yang tujuannya bisa berada di halaman 1 Google, maka, Anda tidak bisa asal-asalan saat membuat judul.

Anda harus tetap fokus pada target pembaca blog Anda.

Siapa yang akan membaca artikel blog Anda nantinya?

Judul merupakan kunci pokok di dalam permainan SEO.

Jadi, sebelum membuat artikel tentukan dulu judul dan target pembaca Anda. Seperti saya membuat judul artikel ini.

Saya fokus pada empat kata yang berpotensi mendapatkan pengunjung yaitu “Panduan membuat artikel SEO.”

Maka saya akan searching di Google, kemudian analisis empat kata tersebut. Hasilnya seperti di bawah ini :

panduan artikel seo riset

Anda bisa melihat kata kunci “Panduan membuat artikel SEO” memiliki persaingan sekitar sekitar 474.000 hasil (0,45 detik).

Itu artinya, kata kunci tersebut masuk dalam kategori high volume keyword (kata kunci dengan persaingan yang tinggi).

Tentu, sangat sulit berada di halaman pertama menggunakan kata kunci ini.

Apalagi keyword tersebut didominasi oleh website yang sudah berumur + memiliki domain authority yang cukup tinggi.

Seperti Niagahoster.co.id dan PanduanIM.

Lalu, solusinya bagaimana Mas?

Ketika Anda yakin bisa mengalahkan kedua kompetitor di atas, kenapa tidak?

Di artikel ini saya menggunakan kata kunci “Panduan membuat artikel SEO.” Saya tidak peduli artikel ini bisa menggeser kedua website di atas, atau tidak.

Intinya, YAKIN apa TIDAK?

Jika yakin, mulailah menulis dengan gaya tulisan Anda dan jangan lupa terapkan strategi SEO yang Anda pahami.

Jika tidak yakin, Anda bisa mencari judul lainnya dengan persaingan kata kunci yang lebih rendah.

Sampai sini saya kira sudah paham untuk penerapan judul sebelum membuat artikel.

2. Penulisan – Optimasi Artikel

Setelah yakin dengan judul yang Anda buat, tugas Anda selanjutnya adalah optimasi di dalam artikel itu sendiri.

Anda harus paham bahwa artikel SEO dan artikel biasa itu berbeda.

Bedanya apa Mas?

Artikel biasa

Tidak perlu dilakukan optimasi SEO di dalamnya. Artikel ini biasanya berupa cerita pribadi, atau cerpen yang memang tidak ditargetkan untuk dibaca banyak orang.

Artikel biasa lebih cenderung pembuatannya terserah si penulis.

Pada dasarnya, artikel SEO dan artikel biasa pada umumnya harus readable atau bisa dibaca dengan mudah.

Dengan artikel yang mudah dibaca, pembaca akan lebih mudah memahami isi dari artikel tersebut.

Artikel SEO

Merupakan artikel yang telah melalui proses optimasi.

Proses ini bisa dilakukan saat membuat artikel. Seperti saya melakukan optimasi artikel ini.

Artikel SEO biasanya lebih cenderung digunakan untuk bersaing dengan volume pencarian yang besar.

Seperti volume pencarian kata kunci yang saya gunakan saat ini. Selain itu, penggunaan bahasanya juga disesuaikan.

Lebih tepatnya, artikel yang dibuat bisa memecahkan masalah yang dialami oleh si pembaca.

Artikel seperti ini memang banyak sekali dicari oleh orang karena memang benar-benar banyak yang membutuhkannya.

Artikel SEO akan dibuat dengan membidik kata kunci tertentu yang kemudian akan disebar dalam satu artikel yang dibuat.

Contohnya seperti saya menyebarkan kata kunci panduan membat artikel SEO di dalam artikel ini.

Jadi, keyword-keywordnya akan dicantumkan secara menyebar di seluruh artikel dengan batas yang wajar.

Jangan lupa untuk membuat subheading untuk memperkuat judul Anda.

Subheading inilah yang membedakan antara artikel SEO dengan artikel biasa. Agar lebih jelas Anda bisa analisis ulang postingan ini.

Setelah riset judul dan optimasi konten, selanjutnya adalah memperkuat judul artikel Anda dengan “permalink.”

Apa itu permalink?

Permalink adalah link atau tautan permanen yang dibuat berbeda antara satu artikel, dengan artikel lainnya.

Anda bisa melihat permalink artikel ini:

Permalinknya seperti ini : https://fathnan.id/artikel-seo/

Anda harus bisa membedakan antara URL dengan permalink.

Yang saya beri warna hijau adalah URL. Sedangkan yang berwarna biru adalah gabungan kata yang sengaja dibuat. Ini disebut permalink.

Lalu apa fungsi permalink?

Fungsi yang paling jelas dari permalink adalah untuk membedakan antara artikel satu dengan artikel lainnya.

Jadi, ketika Anda mengunjungi sebuah laman pada satu website, Anda tidak akan mungkin menemukan dua laman dengan permalink yang sama.

Selain untuk membedakan antra artikel satu dengan yang lain, permalink juga berfungsi untuk memperkuat dan mempermantap kualitas SEO di dalam artikel itu sendiri.

Cara yang saya lakukan cukup mudah.

Anda bisa melihat permalink di artikel ini. Saya membidik kata kunci yang sekiranya sama dengan judul. Atau setikdaknya bisa mewakili. Yaitu artikel SEO.

Permalinknya seperti ini /artikel-seo.

Fungsinya untuk apa?

Tentu saja untuk memperkuat judul yang saya gunakan.

Dari sini saya rasa Anda sudah paham.

4. Buat Meta Deskripsi (Meta Description)

Jangan anggap bahwa meta deskripsi pada postingan itu tidak penting.

Meta deskripsi sangat penting untuk memperkuat kata kunci yang telah Anda buat. Contohnya saya akan membuat meta deskripsi pada postingan ini.

Di postingan ini saya membidik keyword “panduan membuat artikel SEO.” Contohnya seperti di bawah ini :

Di meta deskripsi Anda wajib menerapkan keyword potensial yang Anda gunakan di judul. Fungsinya untuk memperkuat judul dan permalink yang Anda buat di postingan.

Saya rasa sudah jelas. Jika masih kurang jelas Anda bisa membaca postingan terkait pembuatan meta deskripsi untuk SEO.

Setelah selesai membuat meta deskripsi, tugas Anda selanjutnya adalah memasukan internel link artikel lain, atau bahkan internal link di artikel yang Anda buat saat ini.

Fungsi internal link adalah untuk memudahkan mesin pencari dalam menjelajahi, mengindeks serta melihat struktur website secara keseluruhan.

Struktur website yang rapi tentu akan membuat semua halaman website dapat terindeks dengan baik oleh mesin pencari.

Agar lebih paham, berikut ini contoh yang bisa saya berikan :

Di keyword “panduan membuat artikel SEO” saya memasukan internal link postingan ini.

Ini wajib Anda terapkan untuk membuat postingan yang lebih SEO, dan pastinya untuk mempermudah artikel lainnya terindexs robots Google.

6. Jangan Puas dulu, Koreksi dan Amati Kompetitor Anda

Setelah poin-poin di atas selesai Anda lakukan, jangan puas dulu. Amati lagi artikel Anda apakah masih terdapat kesalahan?

Jika perlu, amati lagi kompetitor yang akan Anda kalahkan dan geser posisinya di laman Google.

Ini cara yang saya lakukan.

Biasanya, saya menghabiskan waktu 1 – 2 jam untuk riset kompetitor dengan persaingan yang tinggi.

Jadi, bisa dibilang SEO itu cukup membingungkan.

Memang benar.

7. Sumbit ke Google Webmaster

Setelah koreksi selesai, tentu Anda harus mengirimkan artikel yang baru saja dibuat ke Google Webmaster.

Ini jika ingin diindexs secara manual.

Kalau Anda menginginkan diindexs otomatis, Anda bisa membiarkannya sampai Google mengindexs artikel tersebut. Namun, prosesnya akan lebih lama dan pastinya Anda tidak sabar.

Iya, kan?

Jadi, Google menciptakan tools gratis yang super itu untuk para pemilik website agar setelah membuat artikel, si pemilik website mengirimkan link-nya ke Google Search Console.

Nah, itulah cara SEO On-page yang saya lakukan hingga saat ini.

Sekarang kita menuju ke BAB II yang tidak kalah penting dengan BAB I.

BAB II: Panduan Artikel SEO – Optimasi SEO Off-page

Di sini optimasi SEO Off-page yang saya lakukan cukup mudah. Anda hanya perlu menyimak sampai tulisan ini selesai.

Berikut ini Optimasi SEO Off-page yang saya lakukan :

Sebagai pemilik website yang cerdas, tentu Anda tidak mau menanam backlink di situs judi.

Karena sampai kapan pun Google tidak akan sudi menerima situs judi, situs porno, dan situs-situs lain yang nggak penting, sebgai partner kerja.

Mencari backlink berkualitas sangat disarankan untuk mendongkrak kualitas SEO di website Anda.

Semakin berkualitas backlink yang Anda miliki, maka situs Anda akan naik rangking dan menggeser situs besar sekalipun.

Mengenai backlink, saya juga menyediakan jasa backlink berkualitas untuk keperluan bisnis. Anda juga bisa menggunakan jasa SEO di website ini.

2. Share Ke Sosial Media

Selain backlink berkualitas, cara yang saya gunakan adalah sharring ke sosial media. Medsos yang sering saya gunakan adalah Facebook sebagai media berbagi informasi selain udate status.

Cara di atas saya lakukan secara rutin hingga saat ini.

Jadi, bisa dibilang membangun kualitas SEO website/ postingan itu tidak semudah yang dipikirkan. Tetapi, bukan berarti sulit untuk dilakukan.

Intinya, kita harus konsisten dan telaten. Jangan selalu berharap yang instan-instan. Kesuksesan website tidak bisa dibangun secara instan.

Anda pernah makan mie instan?

Berapa lama mie tersebut membuat perut Anda kenyang?

Nah, itulah panduan menulis artikel SEO yang saya lakukan saat ini.

Selanjutnya terserah Anda.

Karena SEO itu flexible. Tidak semua tulisan harus diseokan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: