penyebab bpk adsense kecil

Cara Mengatasi BPK (CPC) Adsense Kecil

Banyak sekali penyebab yang mempengaruhi pendapatan Adsense. Mengapa, sih pendapatan Adsense kita kecil? Jawaban yang paling pas menurut saya yaitu karena BPK-nya kecil.

Hal seperti inilah yang paling menjengkelkan bagi setiap publishers Google Adsense. Saya pun juga mengakuinya. Masa satu klik cuma 400 rupiah? Kadang malah sampai 90 rupiah wkwkwkwk. Tidak memuaskan sekali.

Bukan hanya blogger saja yang merasakan hal semacam ini, YouTuber pun akan merasakan kekecewaan yang sama ketika BPK atau CPC pada AdSense kecil. Lalu, sudah tahukah Anda bahwa tak sedikit yang mendapatkan hal buruk seperti ini?

Nilai klik dengan CPC besar adalah harga mati. Tentu saja kita juga tahu itu. Namun, untuk mendapatkan CPC yang besar kita tidak hanya bisa mengandalkan script sharelink atau yang lain untuk meningkatkan CPC Adsense, lalu menunggu para pengeklik iklan untuk mengekliknya.

Bukan itu. Namun, kita dituntut agar mampu mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut. Ada saja penyebab mengapa iklan yang ada di blog kita terlalu kecil harganya ketika ada orang yang mengekliknya.

Berdasarkan pengalaman saya, CPC klik murah sangat membuat pusing kepala. Artinya, konten (+62) sama sekali tidak menjanjikan. Memperberat blog iya. Namun, Anda tak usah khawatir karena setiap masalah pasti ada solusi. Jangan sampai Anda beranggapan bahwa “tidak semua masalah itu bisa diatasi”.

Setelah saya amati dan teleti secara mendalam, ternyata faktornya ada pada konten. Ada beberapa konten di blog saya yang memang memiliki CPC yang lumayan untuk blog Indonesia. 4.000 – 12.000 per kliknya. Ada juga konten yang miskin dengan CPC rendah. Itu wajar, sih, karena blog gado-gado.

Cara Mengatasi CPC atau BPK Adsense Kecil

Untuk meningkatkan Cost Per Click (CPC) dalam program Google AdSense, Anda dapat mencoba beberapa strategi berikut:

1. Konten yang berkualitas

Pastikan konten di situs web atau blog Anda berkualitas tinggi dan relevan dengan iklan yang ditampilkan. Hal ini akan membantu menarik pengiklan yang ingin menjangkau pengunjung Anda.

2. Targetkan niche yang menguntungkan

Beberapa niche memiliki CPC yang lebih tinggi daripada yang lain. Anda dapat melakukan riset keyword melalui tools. Atau bisa menggunakan Google Ads. Dengan begitu Anda akan menemukan nilai CPC yang lebih tinggi.

3. Posisi iklan yang optimal

Letakkan iklan Anda pada posisi yang strategis di situs web Anda. Beberapa tempat yang umumnya dianggap efektif adalah di atas judul artikel, di dalam konten yang relevan, atau di sidebar yang terlihat dengan jelas.

Baca Juga: Cara Daftar Google Adsense Bule Untuk Blog Indo

4. Pengoptimalan kata kunci

Perhatikan penggunaan kata kunci yang relevan dalam konten Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan relevansi iklan yang ditampilkan dan dapat mempengaruhi nilai CPC.

5. Gunakan iklan responsif

Iklan responsif akan menyesuaikan diri dengan perangkat dan ukuran tampilan pengguna. Dengan menggunakan iklan responsif, Anda dapat meningkatkan kesempatan iklan untuk menarik perhatian pengguna.

6. Coba ganti gaya iklan

Eksperimen dengan berbagai format iklan yang tersedia, seperti iklan teks, iklan gambar, iklan responsif, atau iklan video. Beberapa format iklan mungkin lebih diminati oleh pengiklan, dan ini dapat mempengaruhi nilai CPC.

7. Tingkatkan lalu lintas website Anda

Semakin banyak pengunjung yang mengunjungi situs web Anda, semakin besar kemungkinan pendapatan Adsense akan meningkat. Fokus pada strategi pemasaran digital, seperti SEO, media sosial, atau pemasaran konten, untuk meningkatkan pengunjung website Anda.

8. Pantau performa iklan

Pantau dan evaluasi performa iklan Anda secara teratur. Identifikasi iklan yang tidak menghasilkan CPC yang tinggi dan coba untuk memblokirnya suapaya iklan Anda mendapatkan CPC yang lebih tinggi.

Itulah beberapa strategi meningkatkan CPC atau BPK Adsense. Untuk Anda yang saat ini sering mendapatkan BPK kecil, Anda dapat menerapkan tips yang admin berikan di atas. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: