Beranda Uncategorized Agar Laptop Anda Awet, Berikut 12 Tips Merawat Laptop Biar Lebih Awet

Agar Laptop Anda Awet, Berikut 12 Tips Merawat Laptop Biar Lebih Awet

Blog yang dibenci google

Selamat datang di blog kang santri | Laptop bagi sebagian orang adalah sebuah kebutuhan. Sayangnya masih banyak orang yang tidak tahu cara merawat laptop dengan benar agar lebih awet dan bisa tahan lama.

Meskipun harga laptop sekarang bisa dibilang cukup murah, merawat laptop perlu dilakukan agar komponen maupun bagian pada laptop tetap awet dan berumur lebih lama.

Sudah banyak sekali Laptop teman saya yang rusak, hang dll. Dan memang kasusnya rata-rata sama. (Tidak tahu cara menjaganya). Karena sejatinya barang elektronik juga butuh perhatian.

Jarang sekali mereka memperhatikan kondisi laptop mereka. Padahal, daya tahan laptop berbeda dengan PC yang cenderung kuat dan tahan lama.

Melalui artikel berikut ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman saya mengenai bagaimana cara merawat laptop yang baik dan benar.

Bagaimana Mara Merawat Laptop dengan baik?

Tidak banyak orang yang benar-benar memahami cara merawat laptop dengan benar. Padahal hal ini sangat  penting. Selain membuat laptop awet juga bisa menghemat biaya.

Lalu bagaimana cara membuat laptop menjadi lebih awet dan maksimal. Langsung saja, Kang Santri akan berbagi tutorial cara merawat laptop kesayangan anda agar tetap awet dan berumur lebih lama.

1. Bersihkan Optical Drive Laptop Anda

Beberapa laptop masih memiliki DVD ROM. Perlu anda ketahui, Optical Drive/ DVD ROM laptop sangat rentan terhadap debu. Dikarenakan dapat mengganggu proses pembacaan data dari CD/ DVD.

Bersihkan debu-debu yang menempel pada Optical Drive pada laptop anda secara rutin. Berhati-hatilah ketika memasukkan CD/ DVD pada Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive sangat rentan.

2. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Laptop berbeda dengan komputer yang dapat bekerja selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. Gunakan laptop seperlunya saja, jika tidak digunakan sebaiknya anda matikan laptop anda.

Menggunakan laptop terlalu lama juga merupakan faktor yang membuat laptop mengalami overheat.

3. Hindari Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat

Anda sering bermain game berat? Maka Anda harus mengubahnya. Kebiasaan buruk inilah yang sering dilakukan oleh pemilik laptop yang sangat suka gaming atau gamer.

Menggunakan laptop untuk bermain game berat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan komponen di dalam laptop mengalami overheat atau kelebihan panas.

Selain itu, kebiasaan buruk tersebut salah satu penyebab baterai laptop anda bocor. Akhirnya mau
tidak mau Anda harus keluar biaya ekstra. Rugi, bukan?

4. Jangan Menggunakan Laptop di atas Kasur

Tidak bisa dipungkiri bahwa menggunakan laptop di atas kasur lebih nyaman.

Tetapi perlu diperhatikan, bahwa menggunakan laptop di atas kasur menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga laptop pun mengalami overheat.

5. Jauhkan Minuman dari Laptop Anda.

Minuman yang tumpah pada laptop dapat menyebabkan kerusakan pada hardware di dalamnya.

Karena air merupakan musuh utama rangkaian elektronik, alangkah baiknya untuk menjauhkan minuman dari laptop anda.

Saya sarankan untuk memberi keyboard protector agar dapat mencegah resiko masuknya cairan pada celah-celah keyboard.

 6. Jauhkan Laptop dari Jangkauan Anak Kecil

Bukan hanya laptop, hal ini juga berlaku untuk alat-alat elektronik dan berharga lainnya. Anak kecil masih cenderung labil dan kurang memahami pentingnya keselamatan.

Maka salah satu cara untuk mencegah kerusakan akibat ulah anak kecil.

7. Jauhkan Makanan dari Laptop

Lebih berhati-hatilah ketika menaruh makanan atau sedang asyik ngemil di dekat laptop. Pastikan sisa makanan tidak berjatuhan pada celah-celah keyboard.

Hal tersebut dapat mengundang semut atau serangga lainnya masuk ke dalam laptop dan nantinya mengganggu kinerja keyboard pada laptop.

8. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari

Hindari kontak langsung antara laptop kesayangan anda dengan sinar matahari. Dikarenakan beberapa komponen laptop rentan mengalami kerusakan jika terkena sinar matahari secara langsung.

9. Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari Internet

Mengunduh software sembarangan dari internet dapat memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop.

Saya sarankan untuk menginstal Antivirus pada laptop kesayangan anda dan lebih berhati-hati ketika mengunduh apapun dari internet. Ada beberapa antivirus gratis yang cukup bonafid yang bisa Anda coba.

10. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop

Kebiasaan ini sering di anggap sepele oleh pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk ini akan berakibat fatal. Hindari menaruh barang berat di atas laptop. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop sekaligus komponen lainnya.

11. Perhatikan Suhu Laptop Anda

Banyak pemilik laptop yang tidak memperhatikan suhu pada laptop mereka. Padahal suhu yang tinggi merupakan salah satu penyebab overheat pada laptop.

Untuk hal ini, suhu ruangan juga akan berpengaruh pada umur laptop Anda. Hindari juga menggunakan laptop terlalu lama yang bisa menaikkan suhu komponen di dalamnya.

12. Bersihkan Layar Laptop Secara Rutin

Saya sarankan membeli screen protector atau pelindung layar terlebih dahulu, guna melindungi layar laptop kesayangan anda dari goresan.

Bersihkan pula layar laptop anda dari debu-debu yang menempel secara rutin. Gunakan lap basah secara hati-hati dan lap kering untuk mengeringkan. Gunakan juga kuas halus untuk membersihkan tepi layar.

Demikianlah artikel dari Kang sanri tentang cara merawat laptop Anda agar lebih awet dan tahan lama. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share melalui sosial share di bawah. Terimakasih.

Tulis Komentar