Beranda Wisata Wisata Air Terjun Kanto Lampo Gianyar Bali

Wisata Air Terjun Kanto Lampo Gianyar Bali

Wisata Air Terjun Kanto Lampo Bali

Wisata air terjun Kanto lampo Gianyar Bali | Sejauh ini Bali masih menjadi juaranya tempat wisata, ada banyak wisata yang di sajikan Bali seperti pantai dan gunung.

Ketika sudah bosan dengan pemandangan pantai dan gunung yang ada di Bali, anda bisa berkunjung ke salah satu air terjun yang berada di wilayah Gianyar yakni air terjun kanto Lampo.

Letak air terjun kanto Lampo

Air terjun kanto Lampo ini terletak di Banjar kelod kangin, Desa Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali.

Air terjun ini bisa ditempuh dengan jarak 30 kilometer perjalanan dari Denpasar. Berbeda dengan kebanyakan air terjun lainya yang berada di sekitar pegunungan atau dataran tinggi, air terjun ini malah sebaliknya yaitu terletak di dataran rendah dan akses jalan menuju wisata ini tidak terlalu sulit sehingga bisa mempermudah bagi wisatawan asing atau lokal yang belum pernah kesana.

Meski begitu pemandangan yang di sajikan disini tidak kalah bagusnya dengan wisata air terjun lain,keunikan dari air terjun ini adalah tumpukan batu yang indah sebagai tempat terjunya air.

Baca Juga: Keindahan Pantai Rahasia, Wisata Pantai Pandawa Bali

Tiket masuk air terjun Kanto Lampo

Setelah sampai di lokasi parkirkan kendaraan pada tempat yang disediakan, tiket masuk pun sangat bersahabat hanya 5 ribu rupiah dengan menuruni sedikit anak tangga.

Dari tempat loket masih harus berjalan menuju air terjun dengan jarak yang lumayan jauh. Lokasi air terjun Kanto Lampo ini juga merupakan tempat yang disucikan oleh penganut agama Hindu, biasanya penduduk setempat mengambil air suci dari sini untuk kegiatan upacara adat seperti upacara Dewa yadnya atau pitra yadnya, dan terdapat pula beberapa tempat yang di keramatkan.

Air terjun ini memang terbilang unik pasalnya air terjun yang biasa airnya langsung turun tetapi disini berbentuk sedikit miring sehingga air yang turun tidak langsung ke sungai yang berada dibawahnya.

Karena air terjun ini berada di sekitar pemukiman maka tak khayal jika penduduk sekitar memanfaatkan air dari sini untuk kebutuhan sehari hari.

Menurut cerita yang saya tangkap, bagi penduduk yang ingin mengambil air dari sini penduduk harus menyiapkan sesajen terlebih dahulu, memang terkesan aneh bagi kita yang bukan pemeluk kepercayaan tersebut. Tapi itulah adat yang ada, toh adat juga bagian dari kekayaan negara kita, jadi tugas kita hanyalah menghormatinya.

Fasilitas disini juga sudah cukup memadai seperti adanya warung, tempat ganti dan toilet. Jadi, bagi anda yang lupa membawa bekal jangan khawatir kelaparan, karena pihak pengelola sudah memberi fasilitas yang aman dan nyaman bagi para pengunjung.

Sekian pengalaman saya di air terjun kanto lampo Gianyar Bali. Yuk ketempat yang belum pernah kita tuju.

Tulis Komentar