Apa Saja Alat Yang Wajib dibawa Saat Mendaki?

  • Whatsapp
Alat Yang Wajib dibawa Saat Mendaki

Alat yang wajib dibawa saat mendaki | Tinggal di Negara yang alamnya seakan tak pernah ada habisnya Indonesia raya memancarkan keindahan, mulai dari laut sampai pegunungan, maka tak sepatutnya jika hanya berdiam diri di rumah.

Di antara beberapa wisata alam yang di sajikan salah satunya adalah mendaki gunung, akhir-akhir ini pendakian seolah menjadi hal yang sangat mudah di lakukan, padahal mendaki gunung termasuk salah satu olahraga yang terbilang extreme.

Muat Lebih

Maka dari itu, wajib bagi para pendaki membawa alat khusus, baik itu pemula atau sudah profesional.

Untuk itu, saya akan berbagi tips kepada Anda apa saja yang harus dipersiapkan sebelum Anda memutuskan untuk mendaki.

Berikut alat yang wajib di bawa pendaki (pribadi) :

 

1. Tas Gunung

Tas gunung adalah tempat membawa bekal ketika Anda mendaki, baik berupa makanan atau alat tidur dan sebagainya.

Tas gunung sendiri banyak model dan motif yang berbeda, mulai dari 40 Liter sampai 85 Liter bahkan lebih, maka dari itu bawalah sesuai dengan kapasitas tenaga Anda.

2. Sepatu Atau Sendal Gunung

Sepatu atau sendal menjadi salah satu alat wajib yang harus dimiliki pendaki, dan perlu di ingat, untuk memenuhi standar keamanan saat mendaki diharuskan memakai sepatu atau sendal khusus untuk mendaki.

Karna mendaki selain bersenang-senang kita juga harus pulang dengan selamat.

3. Jaket

Jaket wajib dimiliki pendaki karna memang di gunung udaranya dingin, selain bisa menghangatkan tubuh, jaket juga berfungsi untuk mengurangi gejala hypotermia (kedinginan hebat mengakibatkan kematian).

4. Sleeping bag

Sleeping bag adalah alat tidur untuk keadaan di udara dingin, atau bisa disebut dengan kantong tidur. Jadi untuk para pendaki di wajibkan membawa alat tersebut agar tidurmu menjadi hangat.

5. Baju Ganti

Baju ganti menjadi wajib karna tidak mungkin kita digunung berhari hari tanpa baju ganti, dan bawalah secukupnya supaya tidak terlalu berat beban yang di bawa saat menggendong carrier.

6. Head lamp

Head lamp atau lampu kepala digunakan saat perjalanan malam, kenapa harus lampu kepala? Karna mungkin lebih nyaman agar tangan tidak ribet membawa lampu.

Dan di rekomendasikan lampu yang energi nya menggunakan batrei supaya jika kehabisan daya batrei tinggal ganti saja dengan batrei cadangan.

7. Obat-obatan pribadi

Jika kamu mempunyai penyakit yang bisa dibilang sering kambuh, di anjurkan untuk membawa obat-obatan. Setidaknya untuk mencegah penyakit kambuh saat perjalanan digunung.

8. Jas hujan

Jas hujan menjadi penting karna kita tidak pernah tau kapan hujan akan turun, setidaknya untuk berjaga-jaga saat cuaca hujan.

9. Camera

Camera adalah salah satu alat penting yang harus dibawa saat mendaki, karna kamu pasti tidak ingin moment indahmu di gunung dengan pemandangan yang begitu indah hanya dilihat tanpa mengabadikan nya bukan?

Nah itulah beberapa alat yang wajib kamu bawa saat mendaki gunung, jangan lupa jaga sikap,sopan santun dan jaga lisan.

Salam literasi, Salam lestari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *