Home Mahasiswa Analisis Tentang Adanya Permasalah dalam Suatu Rumah Tangga

Analisis Tentang Adanya Permasalah dalam Suatu Rumah Tangga

perceraian

Analisis tentang adanya permasalah dalam suatu Rumah Tanggah (dengan menggunaka konsepsi etika, sosiologis dan agama) – Adanya suatu masalah dalam suatu hubungan rumah tangga memang sudah biasa tetapi dengan adanya alat komunikasi yang saat ini mulai maju dan memicu adanya suatu masalah dikarnakan sering menggunakan alat komunikasi dan dengan cara penggunaan yang salah adanya suatu masalah seorang pasangan suami istri yang hampir bercerai akibat sang istri sering berkomunikasi dengan banyak orang, melalui akun FB. Twiter, IG dan yang lain-lain, meskipun sang istri dengan alasan berkomunikasi, namun itu sangat memancing untuk menceritakan tentang rumah tanggahnya, padahal rumah tanggah merupakan hal yang sangat privat untuk di critakan pada teman-teman FB-nya.

Begitu juga kebanyakan orang jika sudah memainkan dunia maya akan lupa dengan kewajibannya atau tugasnya menjadi seorang istri, dari suatu permasalahan tersebut banyak memicu adanya percerain dalam rumah tangga sehingga menjadikan anak sebagai korban dalam masalah tersebut, itulah dampak negatif bahaya menggunakan FB dalam urusan rumah tangga, karna adanya perkenalan terhadap orang lain yang akan berdampak negatif jika salah dalam menggunakan akun tersebut.

Dan harus di pelajari lainnya untuk pengawasan dalam menggunakan internet dalam suatu rumah tangga, dan memberi batasan untuk menggunakan jaringan tersebut, dan juga  mengawasi sang istri dalam pergaulan di dunia maya agar tidak terjadi suatu yang tidak di inginkan.

Dan juga perlu di ketahui kerusakan akibat penggunaan komunikasi seperti FB dan lain-lain itu juga bisa pada laki-laki bukan hanya pada perempuan saja, maka harus di perhatikan dalam bergaul didunia maya apa lagi dengan lawan jenis, karna akan berdampak buruk dalam suatu keluarga jika diantara mereka tidak ada yang saling menjaga untuk keutuhan keluarga tersebut.

Menyagkut masalah penggunaan dunia maya dalam akun-akun yang berada di media sosial saat ini  bisa  juga bertetangan dengan agama karna ada suatu kemudhorotan seperti adanya mengunggah foto yang tidak patut untuk dipertontonkan yang akan menjadikan banyak timbulnya fitnah.

Permasalahan Rumah Tangga Karena Penyalahgunaan Sosmed Yang Mengakibatkan Perceraian
Pepatah mengatakan “diam adalah emas” sebuah nasehat yang bijak sebelum membuat penilaian tentang orang lain. Tetapi inilah merupakan kesalahan terbesar dalam suatu hubungan. Gadged yang saat ini merupak elektronik yang sudah tadak asing lagi di kalangan kita tak hanya muda mudi yang bermain gadged saat ini, melainkan para orang tua juga bermain gadged.

Gadged seolah olah menjadi keluarga tambahan atau merupakan sebuah kebutuhan untuk memainkannya. Walaupun gadged termasuk semartphone yang banyak memberikan kemudahan dan manfaat dalam kehidupan manusia, kita harus tetap waspada dalam penggunaannya. Nah, sekarang ini banyak sekali pengguna gadged dengan penggunaan yang salah.

Adanya suatu masalah seorang pasangan suami istri yang hampir bercerai akibat sang istri sering berkomunikasi dengan banyak orang melalui akun FB. WA BBM dan lainnya, meskipun sang istri dengan alasan berkomunikasi, namun itu sangat memancing untuk menceritakan tentang rumah tanggahnya dengan detail, padahal rumah tanggah merupakan hal yang sangat privat untuk di critakan pada teman-teman FB-nya.

Begitu juga kebanyakan orang jika sudah memainkan dunia maya akan lupa dengan kewajibannya atau tugasnya menjadi seorang istri, dari suatu permasalahan tersebut banyak memicu adanya percerain dalam rumah tangga sehingga menjadikan anak sebagai korban dalam masalah tersebut, itulah dampak negatif bahaya menggunakan FB atau jejaring sosial lainnya dalam urusan rumah tangga, karena adanya perkenalan terhadap orang lain yang akan berdampak negatif jika salah dalam menggunakan akun tersebut.

Seseorang yang sudah berumah tangga seharusnya membatasi diri dalam pemakaian gedged yang sewajarnya untuk kepentingan bukan untuk mengumbar keharmonisan atau pertengkaran rumah tangga yang memicu terjadinya perceraian.

Rumah tangga yang bahagia dan harmonis merupkan idaman setiap mukmin. Rasulullah SAW memberi teladan pada kita, mengenai cara membina keharmonisan rumah tangga. Rasulullah lah teladan yang paling baik, dan seorang suami harus menyadari bahwa dalam sebuah rumah tangga ada seorang pahlawan yakni seorang istri. Rasulullah SAW.

الدُّ نْيَا كُلّهَا مَتَاعّ, وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّ نْيَا الزَوْجَةُ الصَّالِحَةُ

Dunia itu penuh dengan kenikmatan. Dan sebaik-baik kenikmatan yaitu isti yang shalihah.
Oleh karena itu, seorang suami harus membimbing sang istri dan membina ke jalan yang baik agar menjadi istri yang shalihah, tidak hanya suami istri pun harus lebih memper baiki komunikasi atau menjadikan komunikasi dalam rumah tangga untuk menjadi harmonis.

Oleh karena itu, membangun komunikasi harmonis dalam hubungan rumah tangga adalah hal yang sangat penting, tetapi terkadang pada sebagian pasangan suami istri ini merupakan hal yang di sepelekan.

Dengan beranggapan yang terpenting adalah pengertian, dan bukankah suatu pengertian itu sendiri hadir karena sering dan banyaknya menjalin komunikasi yang harmonis tanpa batas dalam hal apa saja. Maka buatlah komunikasi dalam keluarga anda seharmonis mungkin dan juga harus menyeimbangkan antara bermain gadged dan berkomunikasi dengan keluarga.

Oleh: Shofiatus Sholihah

Tulis Komentar