Beranda Blogging Arti Konten Berkualitas Bagi Seorang Internet Marketing

Arti Konten Berkualitas Bagi Seorang Internet Marketing

Arti Konten Berkualitas Bagi Seorang Internet Marketing

Arti konten berkualitas – Saya yakin, anda pasti pernah mendengar ungkapan seperti ini “konten adalah raja”. Ungkapan itu sampai saat ini masih menjadi mantra yang terus diulangi oleh para pemasar digital diseluruh dunia. Jika anda tidak sadar bahwa membuat konten berkualitas adalah salah satu cara paling efektif untuk memasarkan bisnis apapun.

Jika anda bertanya bagaimana konten berkualitas bisa membantu bisnis dalam pemasaran digital. Berikut ini saya akan memberikan gambaran sedikit untuk anda.

Kita saat ini hidup di era digital, dimana orang tidak akan bisa bertahan hidup tanpa internet dan smartphon mereka. Kalau memang ada, mungkin hanya beberapa saja.

Berbagai macam masalah sudah bisa diatasi dengan google. Google hadir karena memberi kesempatan kepada internet marketer untuk membuat konten-konten berkualitas yang sekiranya bisa membantu permasalahan orang-orang yang mencari informasi.

Jika anda belum memiliki website, ini adalah kesempatan emas untuk anda. Jika anda merasa belum bisa mengoprasikan website/blog, anda bisa belajar.

Seiring dengan seriusnya anda belajar… Saya yakin anda pasti akan bisa.

Namun, jika anda sudah mempunyai website sendiri, hal pertama yang harus anda kerjakan adalah membuat konten-konten yang berkualitas.

Mengapa?

Karena google memberi peringkat halaman web berdasarkan relevansinya dan kualitas kontennya. Oleh karenanya kita akan membahas itu. Tapi sebelumnya pahami dulu mengapa konten berkualitas itu sangat penting, apalagi untuk pemasar digital.

Ini menyangkut sudut pandang. Dan, saya akan menjelaskannya dengan pemahaman yang telah saya pahami.

Pentingnya konten berkualitas bagi internet marketing

Menulis konten yang baik dan berkualitas adalah sebuah pilihan. Jika anda tidak ingin postingan anda tenggelam di beranda google, maka anda harus berupaya membuat konten yang berkualitas.

Untuk membuat konten yang berkualitas, tentu anda harus meluangkan waktu untuk itu.

Saya yakin, salah satu hal yang ingin anda capai adalah agar situs web/bloh anda bisa muncul di halaman pertama ketika orang mencari informasi.

Iya. kan?

Agar itu bisa terjadi, anda perlu membuat konten berkualitas dan update konten-konten lama yang relevan secara teratur.

Yakinlah, kesuksesan sebuah blog/web anda ditentukan oleh kualitas konten anda.

Dengan begitu, anda akan paham sendiri bahwa konten berkualitas untuk blog/website itu sangat penting.

Blog/web akan tampil di halaman pertama google ketika blog tersebut dianggap paling relevan dan bermanfaat oleh google.

Oleh karenanya, anda harus memiliki konten berkualitas untuk peringkat yang lebih tinggi.

Karena konten yang bekualitas itu merupakan sudut pandang. Saya akan menjelaskan apa itu konten berkualitas menurut sudut pandang saya sendiri. Dan anda bisa menerapkannya untuk perkembangan website anda.

Bisa dikatakan kontenĀ berkualitas ketika konten itu memiliki susunan berikut:

  • Dioptimalkan
  • Berharga (bisa memberikan solusi kepada pembaca)
  • Mudah dibagikan
  • Informatif

1. Dioptimalkan

Meskipun konten anda berkualitas. Ingat!! anda tidak sendiri. Ada jutaan webmaster di dunia ini yang akan menjadi pesaing anda di internet.

Konten yang berkualitas saja tidak cukup untuk bisa ditemukan di mesin pencari.

Salah satu cara terbaik untuk bisa ditemukan di mesin pencari adalah mengoptimalkan konten anda dengan cara memahami SEO.

Sampai saat ini, saya masih mempercayai bahwa SEO itu sangat penting walaupun ada sebagian orang yang tidak terlalu mempedulikannya.

Itu sah-sah saja, tergantung anda.

Saran saya, daripada sudah susah-susah membuat artikel…. mending di optimalkan biar bisa ditemukan di mesin pencari nantinya.

Termasuk riset kata kunci judul juga sangat penting.

Dengan begitu, anda tidak akan mengeluh karena artikel tidak ada yang membaca.

Jangan meniru web-web besar yang sudah mempunyai banyak pengunjung organik. Mereka tidak pernah riset judul, walaupun begitu, artikel mereka akan tetap dibaca oleh pengunjung setianya.

Kalau anda?

Jangan sia-siakan satu artikel berkualitas anda, optimalkan dan pahami SEO lebih dalam lagi. Karena SEO sangat penting untuk keterlibatan satu artikel berkualitas anda.

Jangan pernah mengeluh tentang teka-teki SEO yang tidak menentu. Kadang artikel bisa dengan mudah di halaman pertama, kadang tidak.

Sebenarnya itu tergantung anda. Saya tadi mengatakan “riset kata kunci judul juga sangat penting”.

Kenapa sangat penting?

Tentu saja agar anda tahu berapa pesaing kata kunci yang telah anda bidik. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca pentingnya analisis judul sebelum membuat artikel.

Percayalah!! usaha tidak akan menghianati hasil.

2. Berharga (bisa memberikan solusi kepada pembaca)

Logikanya begini, anda pasti pernah membeli sesuatu yang menurut anda ini sangat memuaskan. Membeli bakso yang enak misalnya. Anda merasa puas dengan bakso yang anda makan saat ini karena sebelumnya anda tidak pernah makan bakso seenak itu.

Pasti anda akan merasa puas dan akan kembali lagi membeli bakso tersebut.

Sama halnya dengan pemasaran online.

Ketika anda memberikan sebuah konten yang berkualitas dan bisa memberikan solusi kepada pengunjung anda, saya rasa pengunjung anda juga akan puas dengan konten yang telah anda sajikan, seperti halnya bakso tadi.

Hal-hal seperti ini masih jarang disadari terutama untuk blogger pemula yang ingin selalu cepat menerbitkan artikel tanpa memikirkan kualitas konten.

Jika anda ingin berhasil menjadi internet marketing, satu-satunya cara terbaik adalah membuat mereka ketagihan dengan apa yang baru saja anda sajikan karena ini akan sangat bagus dalam membangun kepercayaan pengunjung kepada anda.

3. Mudah untuk dibagikan

Ketika mereka merasa puas dengan apa yang anda sajikan, tentu saja mereka akan dengan senang hati membagikan artikel anda.

Sama halnya dengan bakso tadi. Ketika anda merasa puas membeli bakso tersebut, pastinya anda juga akan menyarankan kepada teman anda dengan mengatakan “bakso disana lho enak!, kemarin saya membeli bakso disana, ternyata rasanya waw…. banget”.

Menyajikan konten berkualitas seperti ini sangat penting untuk perkembangan blog anda.

Ketika pengunjung merasa puas.. mereka akan membagikan konten anda tanpa ada yang menyuruh.

Dan, cara terbaik untuk itu adalah buatlah konten yang berkualitas agar konten anda bisa dibagikan orang-orang dengan mudah.

4. Informatif

Sepertinya anda juga akan setuju jika saya mengatakan “konten yang berkualitas adalah konten yang informatif, konten yang banyak memberikan informasi yang manfaat kepada pembaca”.

Jika setuju, maka anda harus memberkan informasi yang bermanfaat kepada pembaca. Setidaknya konten anda bisa menjawab satu atau dua pertanyaan dari apa yang mereka tanyakan.

Sebagai contohnya, anggap saja anda adalah seorang ahli memasak juga seorang blogger. Kemudian ada salah satu pembaca anda yang bertanya seputar masakan, maka tugas anda adalah memberikan mereka artikel yang informatif, artikel yang bisa menjawab pertanyaan mereka.

Ketika anda melakukan cara ini secara terus menerus, maka tak khayal jika blog anda akan semakin banyak pengunjungnya, semakin di cintai dan mempunyai pengunjung organik yang banyak.

Pertanyaannya?. Apakah konten anda memiliki karakteristik seperti di atas?

Jika iya, maka anda sudah bisa dikatakan sebagai internet marketer handal, seorang blogger yang hebat.

Jika tidak, maka anda harus mulai fokus membuat konten berkualitas. Jangan lupa untuk mengikutsertakan SEO dalam satu artikel berkualitas anda.

Karena ini sangat penting untuk keberadaan artikel anda di mesin pencari.

Itulah pandangan saya mengenai konten yang berkualitas itu bagaimana. Jika anda punya pendapat yang lain, jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar.

Tulis Komentar