Artikel SEO, Panduan Santri Internet Marketing

Contoh Artikel SEO Berkualitas Tinggi

Contoh Artikel SEO & Cara Mudah Membuat Artikel SEO Ala Santri Internet Marketing

OPTIMASI mesin pencari adalah sebuah proses membuat blog/ situs web Anda menjadi lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Baik di Google, Bing, Yahoo, Ask, atau search egine lainnya yang tidak terkenal.

Pada artikel ini saya akan berusaha membahas dasar-dasar SEO yang paling penting untuk pemula, pastinya dengan cara saya. Cara SEO yang saya lakukan selama ini.

Ketahuilah, tidak semua blogger atau yang menulis di blog itu mau menerapkan ilmu SEO di blognya.

Mungkin saja karena mereka malas, atau bisa jadi tidak begitu mementingkan SEO karena niat menulis di blognya hanya sekedar nitip tulisan semata.

Memang SEO tidak begitu penting bagi orang yang hanya memanfaatkan blog-nya sebagai wadah tulisan biar nggak hilang ditelan zaman.

Namun, ilmu SEO akan sangat penting bagi mereka (para pelaku bisnis online). Istilah sangarnya digital marketing dan internet marketing.

Mengapa demikian?

Karena artikel mereka harus berada di halaman 1 Google agar produk maupun jasa yang dipasarkan bisa dengan mudah ditemukan orang-orang melalui mesin pencari Google.

Jika Anda seorang internet marketing, Anda jangan malas untuk belajar SEO.

Panduan ini saya tulis dengan hati, tangan dan pikiran yang tulus. Siapa tahu di kemudian hari bisa membantu Anda yang membaca artikel ini, yang saat ini sedang merintis bisnis online atau yang memasarkan produknya melalui website, nantinya bisa berguna.

Memang, ada juga sebagian blogger yang mengatakan bahwa “ilmu SEO itu membingungkan, Bro!. Bikin kepala pusing.”

Menurut saya, itu hanya pendapat orang-orang yang tidak serius membangun blognya, atau bisa dikatakan mereka hanya ingin nitip tulisan di blog saja.

Jika Anda serius membangun blog untuk bisnis, jangan lupakan SEO.

SEO itu penting! Apalagi untuk pelaku bisnis di internet.

Pada intinya, kesuksesan sebuah blog maupun website itu tergantung bagaimana cara kerja pilotnya.

Kesuksesan online marketing Anda tergantung bagaimana cara kerja dan keseriusan Anda.

Jadi, kalau belajar jangan setengah-setengah. Istilah jawanya “ambang-ambang taek.”

Mari belajar SEO bersama Santri Internet Markering.

Berikut ini cara menulis artikel SEO paling ampuh versi Santri. Optimalisasi laman website agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Mari Kita Mulai dari – BAB I (Optimasi SEO On Page)

1. Penggunaan Judul – Riset Kata Kunci

Berbeda dengan membuat makalah saat mendapat tugas dari ibu dosen. Ketika Anda ingin membuat artikel di blog yang tujuannya bisa berada di halaman 1 Google, maka tidak bisa asal-asalan saat membuat judul.

Anda harus tetap fokus pada target pembaca blog Anda. Siapa yang akan membaca artikel blog Anda nantinya?

Sebelum menulis artikel, Anda harus tahu siapa target pembaca dulu. Seperti saya membuat judul laman ini.

Saya fokus pada dua kata yang berpotensi mendapatkan pengunjung yaitu “Artikel SEO.”

Maka saya akan searching di Google, kemudian analisis dua kata tersebut. Hasilnya seperti di bawah ini :

Analisis Judul

Anda bisa melihat kata kunci “Artikel SEO” memiliki persaingan sekitar 38.200.000 hasil (0,23 detik).

Itu artinya, kata kunci tersebut masuk dalam kategori high volume keyword (kata kunci dengan persaingan yang tinggi).

Tentu sangat sulit berada di halaman pertama menggunakan kata kunci tersebut. Apalagi kompetitornya adalah website yang sudah berumur + memiliki Domain Authority yang cukup tinggi.

Seperti Niagahoster.co.id, PanduanMenulis.com, dan PanduanIM.

Lalu, solusinya bagaimana Mas?

Ketika Anda yakin bisa mengalahkan ketiga kompetitor di atas, kenapa tidak?

Di artikel ini saya menggunakan kata kunci “Artikel SEO” tersebut. Saya tidak peduli artikel ini bisa menggeser ketiga kompetitor di atas, atau tidak.

Intinya, YAKIN apa TIDAK?

Jika yakin, mulailah menulis dengan gaya tulisan Anda dan jangan lupa terapkan strategi SEO yang Anda pahami.

Jika tidak yakin, Anda bisa mencari judul lainnya dengan persaingan kata kunci yang lebih rendah.

2. Penulisan – Optimasi SEO On Page

Setelah yakin dengan judul yang Anda bidik, tugas Anda selanjutnya adalah optimasi di dalam artikel itu sendiri.

Anda harus paham bahwa artikel SEO dan artikel biasa itu berbeda.

#Artikel biasa – tidak perlu dilakukan optimasi SEO di dalamnya. Artikel ini biasanya berupa cerita pribadi, atau cerpen yang memang tidak ditargetkan untuk dibaca banyak orang.

Artikel biasa lebih cenderung pembuatannya terserah si penulis.

Pada dasarnya, artikel SEO dan artikel biasa pada umumnya harus readable atau bisa dibaca dengan mudah.

Dengan artikel yang mudah dibaca, pembaca akan lebih mudah memahami isi dari artikel tersebut.

#Artikel SEO – merupakan artikel yang telah melalui proses optimasi. Proses ini bisa dilakukan saat membuat artikel. Seperti saya melakukan optimasi artikel ini.

Artikel SEO biasanya lebih cenderung digunakan untuk bersaing dengan volume pencarian yang besar. Seperti volume pencarian kata kunci yang saya gunakan saat ini. Selain itu, penggunaan bahasanya juga disesuaikan.

Lebih tepatnya, artikel yang dibuat bisa memecahkan masalah yang dialami oleh si pembaca.

Artikel seperti ini memang banyak sekali dicari oleh orang karena memang benar-benar banyak yang membutuhkannya.

Artikel SEO akan dibuat dengan membidik kata kunci tertentu yang kemudian akan disebar dalam satu artikel yang dibuat.

Contohnya seperti saya menyebarkan kata kunci artikel SEO di dalam artikel ini.

Jadi, keyword-keywordnya akan dicantumkan secara menyebar di seluruh artikel dengan batas wajar.

3. Perkuat Permalink – Dengan Kata Kunci

Setelah riset judul, optimasi dalam konten, maka tugas selanjutnya adalah memperkuat judul artikel Anda dengan “permalink.”

Apa itu permalink?

Permalink adalah link atau tautan permanen yang dibuat berbeda antara satu artikel dengan artikel lainnya. Anda bisa melihat permalink artikel ini di bawah :

https://fathnan.id/artikel-seo/

Anda harus bisa membedakan antara URL dengan permalink. Yang saya beri warna hijau adalah URL, sedangkan yang berwarna merah adalah gabungan kata yang sengaja saya buat. Itu disebut permalink.

Lalu apa fungsi permalink?

Fungsi dari permalink yang paling jelas adalah untuk membedakan antara artikel satu dengan artikel lainnya.

Jadi, ketika Anda mengunjungi sebuah laman pada satu website, Anda tidak akan mungkin menemukan dua laman dengan permalink yang sama.

Selain untuk membedakan antra artikel satu dengan yang lain, permalink juga berfungsi untuk memperkuat dan mempermantap kualitas SEO di dalam artikel tersebut.

Cara yang saya lakukan cukup mudah. Anda bisa melihat permalink di artikel ini. Saya membidik kata kunci yang sama dengan judul. Yaitu artikel SEO.

Permalinknya seperti ini /artikel-seo.

Fungsinya untuk apa?

Tentu saja untuk memperkuat judul yang saya gunakan.

Draft [Proses Edit Mbah]

Contoh Artikel SEO Berkualitas Tinggi

Disini saya akan mempersingkat pembahasan ini sesuai dengan pemahaman saya terkait SEO.

SEO itu melibatkan pembuatan konten yang bermanfaat yang bertujuan agar situs website anda bisa menjadi rujukan dan mendapatkan tautan balik dari situs lain nantinya.”

Membuat konten-konten yang bermanfaat adalah cara cerdas seorang internet marketing.

Lebih baik Anda menghabiskan banyak jam untuk membuat konten berkualitas daripada hanya fokus menargetkan kata kunci saja.

Itu sebabnya orang mengatakan bahwa konten adalah raja.

Namun Anda harus paham, walaupun kontennya berkualitas tetapi tidak di optimasi, itu sama saja Anda membuang waktu saja untuk membuat arsip artikel tanpa ada satu pun yang membacanya.

Cara terbaik agar artikel Anda bisa ditemukan di mesin pencari adalah menerapkan ilmu SEO dalam setiap artikel yang Anda buat.

TIGA KUNCI UTAMA UNTUK SEO

1. SEO Teknis

Pastikan situs Anda sudah terdaftar di webmaster dan mengirim peta situs website Anda, jika masih belum silahkan daftarkan website/ blog Anda ke google webmaster.

Pastikan Anda juga membuat sub-heading disetiap artikel anda, karena ini yang membedakan antara artikel SEO dan artikel biasa.

2. Cari Cara Untuk Mendapatkan Tautan Balik Ke Situs Anda

Silahkan Anda cari cara agar artikel Anda mendapatkan tautan balik dari situs lain yang mengarah ke situs Anda.

Semakin tinggi rangking website yang memberi tautan balik ke situs Anda, maka akan semakin bagus untuk website Anda pastinya.

Anda bisa membeli backlink dari situs lain. Namun untuk membeli backlink jangan asal-asalan, Anda harus cek dulu kualitas website yang akan anda tanami backlink.

Saya punya teman blogger ganteng dari Kediri Jawa Timur, namanya Candra Bi, tukang ketik di PanduanMenulis.com.

Selain melayani jasa bikin artikel, Candra Bi juga melayani jasa suntik backlink.

Untuk Anda yang ingin menanam backlink di situs otoritas, saya sangat merekomendasikan Anda membeli backlink dari Mas Candra Bi yang kebetulan mempunyai banyak kenalan penulis di website yang berotoritas tinggi.

Backlink yang ditawarkan sangat murah untuk sekelas website yang domainnya berotoritas tinggi.

Silahkan Anda lihat detailnya dibawah ini:

BACKLINK PASAK BUMI CANDRA BI

1. Kumparan = 50K
2. Brilio = 50K
3. Selasar = 50K
4. Hipwee = 80K
5. IDNtimes = 80K

Sangat murah bukan? untuk satu link dofollow dari website otoritas yang mengarah ke situs Anda.

Jika Anda berniat mencicipi backlink dari Candra Bi, silahkan menyapa dia melalui nomor WhatsApp:

085770997099

3. Pemasaran Konten

Ini sangat penting, carilah permasalahan calon pengunjung Anda, atau sesuatu yang memang dibutuhkan mereka. Kemudian buatlah menjadi sebuah tulisan yang bisa menyelesaikan permasalahannya.

Kemudian bagikan artikel Anda di sosial media, jangan lupa sumbit juga di google webmaster.

 

Ini hanyalah tiga kunci penting untuk SEO. Untuk selanjutnya, Anda bisa bereksperimen sendiri.

Semakin seringnya Anda bereksperimen, saya yakin Anda pasti bisa menjadi jawara SEO.

Menulis Postingan Blog SEO Pertama Anda

Pintar menulis dengan bahasa formal yang bagus saja tidak cukup untuk menjadikan blog Anda bisa sukses.

Anda harus menemukan ritme menulis di blog yang bagus dan rapi, setelah itu mengoptimalkan setiap postingan yang rapi Anda dengan cara menerapkan ilmu SEO didalamnya.

Tidak perlu sering membuat artikel secara over, semakin kesini saya juga semakin sadar bahwa satu konten berkualitas lebih bagus daripada hanya fokus dengan kata kunci kemudian terus update artikel membabi buta tanpa mempertimbangkan kualitas kontennya.

Buatlah postingan SEO pertama Anda dengan memberi tautan internal secukupnya yang mengarah ke artikel Anda lainnya.

Tips pertama yang bisa saya sarankan adalah buatlah tulisan yang memang Anda sukai dan kuasai.

Kalau bisa, tulisalah sesuatu yang baru yang belum pernah sama sekali ditulis oleh orang-orang diluar sana.

Sebelum menulis, silahkan Anda terapkan tips dari Kang Santri di bawah ini:

1. Lakukan Riset (Keyword) Kata Kunci

Ini sangat penting, sebelum Anda membuat artikel tentu saja Anda harus menemukan judul.

Sebelum membuat judul, silahkan Anda meriset judul tersebut yang akan Anda jadikan sebagai judul artikel.

Hal ini bertujuan agar Anda tahu siapa pesaing Anda, berapa Domain Authority website pesaing Anda.

Jika tidak ada uang untuk menggunakan tool riset kata kunci, jangan kuatir. Anda bisa meriset kata kunci dengan cara sederhana tapi ampuh.

Untuk mendapatkan ilmunya, Anda bisa membaca artikel: Pentingnya analisis judul sebelum membuat artikel di blog.

Anda bisa menggunakan sosial media seperti group tanya jawab di facebook. Setelah Anda menemukan permasalahan mereka, tugas Anda selanjutnya adalah membantu mereka dengan tulisan yang Anda buat.

Buatlah tulisan solusi Anda dan mengemasnya secara rapi dan teratur.

Buatlah mereka merasa bahwa inilah yang memang saya cari saat ini.

2. Pastikan Untuk Menarik Perhatian Mereka 

Pastikan Anda telah membuat judul yang unik, yang kontroversial, yang bisa menarik perhatian khalayak.

Namun, jika Anda tidak ingin disebut sebagai blogger gadungan, jangan sampai Anda membuat judul yang unik tapi tidak memenuhi janji sama sekali.

Saya sering melihat konten-konten sampah yang hanya menonjolkan gambar disetiap postingan blognya.

Dengan gambar susu gede tentu saja mereka para jomblo akan tertarik untuk mengekliknya.

Artikel bagus saja tidak cukup, hiasi postingan Anda dengan satu atau dua gambar pemanis.

Hal ini bertujuan agar pembaca tidak akan bosan saat membaca artikel Anda nantinya.

3. Buka Kolom Komentar Anda

Untuk berinteraksi dengan pengunjung blog Anda, tentu saja Anda harus membuka kolom komentar pada blog Anda.

Pengunjung akan merasa kesal jika membaca artikel Anda kemudian mereka yang membaca tidak paham, lalu mereka mau bertanya melalui kolom komentar blog Anda tapi kolom komentarnya tidak ada.

Bagaimana perasaan mereka?

Saya pun akan berkata “Jancuk, saya menyesal sekali membaca artikel ini.”

Saya sering menjumpai blog yang kolom komentarnya tertutup. Saya paham, tentu saja mereka punya alasan sehingga menutup kolom komentar di blognya.

Alasan yang paling sering saya dengar adalah karena mereka sering mendapatkan komentar spam.

Pertanyaan paling logis untuk permasalahan ini adalah.

Kalau ada moderasi komentar, mengapa harus takut spam?.

Bagaimanapun juga, blogger juga harus menjalin hubungan yang harmonis dengan blogger lainnya. Seperti sekedar menyapa di kolom komentar, atau sekedar bertanya.

Ini hak Anda sebagai blogger.

Silahkan pikirkan ini. Karena ini juga berkaitan erat dengan poin yang kedua, menarik perhatian mereka.

 

Ini hanya beberapa tips penting untuk SEO, juga jangka panjang website Anda pastinya.

Ingatlah, para pecinta SEO itu berbeda pandangan dalam memahami dan menerapkannya.

Semuanya tidak sama.

Coba anda perhatikan para blogger Indonesia yang kondang dengan konten-konten SEOnya.

  • Klikmania – “Belajar Ngeblog” (Paragraf pertama)
  • Sugeng.id – “Blogger Indonesia” (Paragraf Pertama)
  • PanduanIM – “5 Tahap untuk Bisa Masuk ke Halaman Pertama di Google dengan Keyword Apapun” (Tidak di Paragraf Pertama)

Cara mereka menerapkan ilmu SEO berbeda-beda, jika Anda pecinta SEO, Anda pasti akan paham maksud dari [paragraf pertama] ini.

Jika Anda masih belum paham, silahkan baca lagi artikel ini mulai dari awal hingga selesai.

Disini saya tidak fokus dengan satu pembahasan, saya hanya fokus mencontohkan artikel SEO yang berkualitas itu seperti ini.

Meskipun sudah basi, saya berharap artikel ini bisa membantu Anda membuat artikel yang SEO dan paham apa perbedaan artikel SEO dan artikel biasa.

Apa perbedaan artikel yang biasa dengan artikel SEO?

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

#Artikel SEO

Artikel SEO merupakan artikel yang telah melalui proses optimasi. Proses ini bisa dilakukan saat membuat artikel tersebut.

Artikel SEO biasanya lebih cenderung digunakan untuk bersaing dengan volume pencarian yang besar. Selain itu, penggunaan bahasanya juga disesuaikan.

Lebih tepatnya, artikel yang dibuat bisa memecahkan masalah yang dialami oleh si pembaca.

Artikel seperti ini memang banyak sekali dicari oleh orang karena memang benar-benar banyak yang membutuhkannya.

Artikel SEO akan dibuat dengan membidik kata kunci tertentu yang kemudian akan disebar dalam satu artikel yang dibuat.

Jadi, keyword-keywordnya akan dicantumkan secara menyebar diseluruh artikel dengan batas wajar.

#Artikel Biasa

Anda tentu sudah tahu apa itu artikel biasa. Sesuai dengan namanya, artikel biasa tidak perlu dilakukan optimasi SEO didalamnya.

Artikel ini biasanya berupa cerita probadi, cerpen yang memang tidak di targetkan untuk dibaca banyak orang.

Artikel biasa lebih cenderung pembuatannya terserah si penulis.

Pada dasarnya, artikel SEO dan artikel biasa pada umumnya harus readable atau bisa dibaca dengan mudah. Dengan artikel yang mudah dibaca, pembaca akan lebih mudah memahami isi dari artikel tersebut.

Tidak terasa saya sudah sangat lelah menulis artikel tidak jelas ini. Meskipun tidak jelas, artikel ini akan sangat berguna bagi yang membutuhkan.

Semoga menghibur, salam hangat dari Kang Santri.

3 KOMENTAR

Tulis Komentar