Artikel SEO, Panduan Lengkap & Mudah

Artikrl SEO

Artikel SEO – OPTIMASI mesin pencari adalah sebuah proses membuat blog/ situs web Anda menjadi lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Baik di Google, Bing, Yahoo, Ask, atau search egine lainnya yang tidak terkenal.

Pada artikel ini saya akan berusaha membahas dasar-dasar SEO yang paling penting untuk pemula, pastinya dengan cara saya. Cara SEO yang saya lakukan selama ini.

Ketahuilah, tidak semua blogger atau yang menulis di blog itu mau menerapkan ilmu SEO di blognya.

Mungkin saja karena mereka malas, atau bisa jadi tidak begitu mementingkan SEO karena niat menulis di blognya hanya sekedar nitip tulisan semata.

Memang SEO tidak begitu penting bagi orang yang hanya memanfaatkan blog-nya sebagai wadah tulisan biar nggak hilang ditelan zaman.

Namun, ilmu SEO akan sangat penting bagi mereka (para pelaku bisnis online). Istilah sangarnya digital marketing dan internet marketing.

Mengapa demikian?

Karena artikel mereka harus berada di halaman 1 Google agar produk maupun jasa yang dipasarkan bisa dengan mudah ditemukan orang-orang melalui mesin pencari Google.

Jika Anda seorang internet marketing, Anda jangan malas untuk belajar SEO.

Panduan ini saya tulis dengan hati, tangan dan pikiran yang tulus. Siapa tahu di kemudian hari bisa membantu Anda yang membaca artikel ini, yang saat ini sedang merintis bisnis online atau yang memasarkan produknya melalui website, nantinya bisa berguna.

Memang, ada juga sebagian blogger yang mengatakan bahwa “ilmu SEO itu membingungkan, Bro!. Bikin kepala pusing.”

Menurut saya, itu hanya pendapat orang-orang yang tidak serius membangun blognya, atau bisa dikatakan mereka hanya ingin nitip tulisan di blog saja.

Jika Anda serius membangun blog untuk bisnis, jangan lupakan SEO.

SEO itu penting! Apalagi untuk pelaku bisnis di internet.

Pada intinya, kesuksesan sebuah blog maupun website itu tergantung bagaimana cara kerja pilotnya.

Kesuksesan online marketing Anda tergantung bagaimana cara kerja dan keseriusan Anda.

Jadi, kalau belajar jangan setengah-setengah. Istilah jawanya “ambang-ambang taek.”

Mari belajar SEO bersama Santri Internet Markering.

Berikut ini cara menulis artikel SEO paling ampuh versi Santri. Optimalisasi laman website agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Artikel SEO – Mari Kita Mulai dari – BAB I (Optimasi SEO On Page)

Artikel SEO - Optimasi SEO On Page

1. Penggunaan Judul – Riset Kata Kunci

Berbeda dengan membuat makalah saat mendapat tugas dari ibu dosen. Ketika Anda ingin membuat artikel di blog yang tujuannya bisa berada di halaman 1 Google, maka tidak bisa asal-asalan saat membuat judul.

Anda harus tetap fokus pada target pembaca blog Anda. Siapa yang akan membaca artikel blog Anda nantinya?

Sebelum menulis artikel, Anda harus tahu siapa target pembaca dulu. Seperti saya membuat judul laman ini.

Saya fokus pada dua kata yang berpotensi mendapatkan pengunjung yaitu “Artikel SEO.”

Maka saya akan searching di Google, kemudian analisis dua kata tersebut. Hasilnya seperti di bawah ini :

Analisis Judul

Anda bisa melihat kata kunci “Artikel SEO” memiliki persaingan sekitar 38.200.000 hasil (0,23 detik).

Itu artinya, kata kunci tersebut masuk dalam kategori high volume keyword (kata kunci dengan persaingan yang tinggi).

Tentu sangat sulit berada di halaman pertama menggunakan kata kunci tersebut. Apalagi kompetitornya adalah website yang sudah berumur + memiliki Domain Authority yang cukup tinggi.

Seperti Niagahoster.co.id, PanduanMenulis.com, dan PanduanIM.

Lalu, solusinya bagaimana Mas?

Ketika Anda yakin bisa mengalahkan ketiga kompetitor di atas, kenapa tidak?

Di artikel ini saya menggunakan kata kunci “Artikel SEO” tersebut. Saya tidak peduli artikel ini bisa menggeser ketiga kompetitor di atas, atau tidak.

Intinya, YAKIN apa TIDAK?

Jika yakin, mulailah menulis dengan gaya tulisan Anda dan jangan lupa terapkan strategi SEO yang Anda pahami.

Jika tidak yakin, Anda bisa mencari judul lainnya dengan persaingan kata kunci yang lebih rendah.

2. Penulisan – Optimasi Artikel

Setelah yakin dengan judul yang Anda bidik, tugas Anda selanjutnya adalah optimasi di dalam artikel itu sendiri.

Anda harus paham bahwa artikel SEO dan artikel biasa itu berbeda.

#Artikel biasa

idak perlu dilakukan optimasi SEO di dalamnya. Artikel ini biasanya berupa cerita pribadi, atau cerpen yang memang tidak ditargetkan untuk dibaca banyak orang.

Artikel biasa lebih cenderung pembuatannya terserah si penulis.

Pada dasarnya, artikel SEO dan artikel biasa pada umumnya harus readable atau bisa dibaca dengan mudah.

Dengan artikel yang mudah dibaca, pembaca akan lebih mudah memahami isi dari artikel tersebut.

#Artikel SEO

,Merupakan artikel yang telah melalui proses optimasi. Proses ini bisa dilakukan saat membuat artikel. Seperti saya melakukan optimasi artikel ini.

Artikel SEO biasanya lebih cenderung digunakan untuk bersaing dengan volume pencarian yang besar. Seperti volume pencarian kata kunci yang saya gunakan saat ini. Selain itu, penggunaan bahasanya juga disesuaikan.

Lebih tepatnya, artikel yang dibuat bisa memecahkan masalah yang dialami oleh si pembaca.

Artikel seperti ini memang banyak sekali dicari oleh orang karena memang benar-benar banyak yang membutuhkannya.

Artikel SEO akan dibuat dengan membidik kata kunci tertentu yang kemudian akan disebar dalam satu artikel yang dibuat.

Contohnya seperti saya menyebarkan kata kunci artikel SEO di dalam artikel ini.

Jadi, keyword-keywordnya akan dicantumkan secara menyebar di seluruh artikel dengan batas wajar.

Jangan lupa untuk membuat sub-heading untuk memperkuat judul Anda. Sub heading inilah yang membedakan antara artikel SEO dengan artikel biasa. Agar lebih jelas anda bisa analisis postingan ini lebih dalam.

3. Perkuat Permalink – Dengan Kata Kunci

Setelah riset judul, optimasi dalam konten, maka tugas selanjutnya adalah memperkuat judul artikel Anda dengan “permalink.”

Apa itu permalink?

Permalink adalah link atau tautan permanen yang dibuat berbeda antara satu artikel dengan artikel lainnya. Anda bisa melihat permalink artikel ini di bawah :

https://fathnan.id/artikel-seo/

Anda harus bisa membedakan antara URL dengan permalink. Yang saya beri warna hijau adalah URL, sedangkan yang berwarna merah adalah gabungan kata yang sengaja saya buat. Itu disebut permalink.

Lalu apa fungsi permalink?

Fungsi dari permalink yang paling jelas adalah untuk membedakan antara artikel satu dengan artikel lainnya.

Jadi, ketika Anda mengunjungi sebuah laman pada satu website, Anda tidak akan mungkin menemukan dua laman dengan permalink yang sama.

Selain untuk membedakan antra artikel satu dengan yang lain, permalink juga berfungsi untuk memperkuat dan mempermantap kualitas SEO di dalam artikel tersebut.

Cara yang saya lakukan cukup mudah. Anda bisa melihat permalink di artikel ini. Saya membidik kata kunci yang sama dengan judul. Yaitu artikel SEO.

Permalinknya seperti ini /artikel-seo.

Fungsinya untuk apa?

Tentu saja untuk memperkuat judul yang saya gunakan.

Dari sini saya rasa sudah jelas.

4. Buat Meta Deskripsi (Meta Description) Yang Top

Jangan anggap bahwa meta deskripsi pada postingan itu tidak penting.

Meta deskripsi sangat penting untuk memperkuat kata kunci yang telah Anda bidik. Contohnya saya akan membuat meta deskripsi pada postingan ini.

Di postingan ini saya membidik keyword “artikel SEO“. Contohnya seperti di bawah ini :

Meta Deskripsi

Di meta deskripsi Anda wajib menerapkan keyword potensial yang Anda bidik. Fungsinya untuk memperkuat judul dan permalink yang anda buat di postingan.

Saya rasa sudah jelas. Jika masih kurang jelas Anda bisa membaca postingan terkait pembuatan meta deskripsi untuk SEO.

5. Masukan Permalink / Internal link di – Keyword

Setelah selesai membuat meta deskripsi, tugas Anda selanjutnya adalah memasukan internel link artikel lain, atau bahkan internal link di artikel yang Anda buat saat ini.

Fungsi internal link adalah untuk memudahkan mesin pencari dalam menjelajahi, mengindeks serta melihat struktur website secara keseluruhan.

Struktur website yang rapi tentu akan membuat semua halaman website dapat terindeks dengan baik oleh mesin pencari.

Agar lebih paham, berikut ini contoh yang bisa saya berikan :

Internal link

Di keyword “artikel SEO” saya memasukan internal link postingan ini.

Ini wajib Anda terapkan untuk membuat postingan yang lebih SEO dan pastinya untuk mempermudah artikel lainnya terindexs robots Google.

6. Jangan Puas dulu, Koreksi dan Amati Kompetitor Anda

Setelah poin-poin di atas selesai Anda lakukan. Jangan puas dulu. Amati lagi artikel Anda apakah masih terdapat kesalahan. Jika perlu, amati lagi kompetitor yang akan Anda kalahkan dan geser posisinya di laman Google.

Ini cara yang saya lakukan. Biasanya, saya menghabiskan waktu 1 – 2 jam untuk riset kompetitor dengan persaingan yang tinggi.

Jadi, bisa dibilang SEO itu cukup membingungkan. Memang benar.

7. Sumbit ke Google Webmaster

Setelah koreksi selesai, tentu Anda harus mengirimkan artikel yang baru saja dibuat ke Google Webmaster. Ini jika ingin diindexs secara manual.

Kalau Anda menginginkan diindexs otomatis, Anda bisa membiarkannya sampai Google mengindexs artikel tersebut. Namun, prosesnya akan lebih lama dan pastinya Anda tidak akan sabar.

Jadi, Google menciptakan tools gratis yang super itu untuk para pemilik website agar setelah membuat artikel, si pemilik website mengirimkan link-nya ke Google Search Console.

Nah, itulah cara SEO On-page yang saya lakukan hingga saat ini. Sekarang kita menuju ke BAB II SEO Off-page yang tidak kalah penting dengan SEO On-page.

Artikel SEO – BAB II – Optimasi SEO Off-page

Optimasi SEO Off-Page

Di sini optimasi SEO Off-page yang saya lakukan cukup mudah. Anda hanya perlu menyimak sampai tulisan ini selesai.

Berikut ini Optimasi SEO Off-page yang saya lakukan :

1. Backlink Berkualitas

Sebagai pemilik website yang cerdas, tentu anda tidak mau menanam backlink di situs judi. Karena sampai kapan pun Google tidak akan sudi menerima situs judi, situs porno, dan situs-situs lain yang nggak penting, sebgai partner kerja.

Mencari backlink berkualitas sangat disarankan untuk mendongkrak kualitas SEO di website Anda.

Semakin berkualitas backlink yang anda miliki, makan situs anda akan naik rangking dan menggeser situs besar sekalipun.

Untuk backlink, Fathnan Id juga menyediakan jasa backlink berkualitas untuk keperluan bisnis. Atau untuk Anda yang ingin melejitkan postingan di internet.

2. Share Ke Sosial Media Terdekat

Selain backlink berkualitas, cara yang saya gunakan adalah sharring ke sosial media. Medsos yang sering saya gunakan adalah Facebook sebagai media berbagi informasi selain pdate status.

Cara di atas saya lakukan secara rutin hingga saat ini.

Jadi, bisa dibilang membangun kualitas SEO website/ postingan itu tidak semudah yang dipikirkan. Tapi bukan berarti sulit untuk dilakukan.

Intinya, kita harus konsisten dan telaten. Jangan berharap yang instan-instan. Saya yakin semua yang instan akan jelek pada waktunya.

Anda pernah makan mie instan?

Berapa lama mie tersebut membuat perut Anda kenyang?

Nah, itulah cara menulis artikel SEO beserta contoh dan pengalaman yang saya lakukan hingga saat ini.

Selanjutnya terserah Anda.

Karena SEO itu flexible. Tidak semua tulisan harus diseokan.

3 KOMENTAR

Tulis Komentar