Beranda Uncategorized Solusi dan Tips Jika Baterai Laptop Cepat Habis

Solusi dan Tips Jika Baterai Laptop Cepat Habis

Baterai laptop habis

Laptop merupakan komputer portable yang bisa di bawah kapan dan kemana saja. Laptop layaknya smartphone yang memiliki multi fungsi. Apalagi zaman sekarang, hampir semua orang mengenal yang namanya laptop.

Salah satu perbedaan laptop dengan komputer PC yakni dari sisi tenaga. Jika PC komputer tenaganya langsung dari listrik tapi berbeda dengan laptop.

Laptop tenaganya bisa dari baterai juga bisa dari listrik langsung. Baterai ini yang kemudian menyebabkan laptop bisa di bawah kemana saja layaknya smartphone.

Memang kehadiran baterai dalam sebuah perangkat memiliki kelebihan tersendiri. Namun ada kekurangannya, salah satu kekurangan apabila sebuah perangkat menggunakan baterai adalah waktu penggunaan tersebut terbatas.

Kalau memang kapasitas baterai besar tentu bisa bertahan lama. Lalu bagaimana dengan baterai yang kapasitasnya kecil?

Bukan hanya tentang kapasitas baterai saja yang menyebabkan cepat habisnya, tetapi juga ada beberapa faktor.

Lalu, faktor apa saja yang bisa menyebabkan baterai laptop cepat habis? Silahkan anda simak pembahasan dibawah ini:

Kenapa Baterai Laptop saya Kok Cepat Habis?

Ada beberapa faktor ketika laptop anda baterainya cepat habis. Untuk itu, baca sampai habis ulasan berikut:

Menggunakan Pada Tempat yang Kurang Pas!

Pernah menggunakan laptop di atas bantal?

Hal ini merupakan salah satu hal yang kurang tepat, dan pastinya kurang pas,,. Mengapa demikian?

Karena sirkulasi pendingin di laptop tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar karena tersumbat bantal tersebut.

Terlihat sepele bukan? namun apabila sering akan menyebabkan laptop cepat panas atau overheat. Saya sendiri pernah membuktikanya. Jika diteruskan, hal ini akan mempengaruhi kualitas baterai laptop anda.

Solusinya adalah: gunakan laptop di tempat yang pas. Kalau bisa usahakan setiap menggunakan laptop sediakan cooling fan atau kipas pendingin.

Apalagi jika digunakan dalam waktu yang cukup lama, rasanya wajib menggunakan kipas pendingin atau cooling fan ini agar panas dari laptop dapat di atasi.

Atau jika tidak sediakan kipas manual, kipas yang biasanya anda buat kipasan saat tidur. Yang ukuran kecil lebih bagus,, Tentu saja hal ini untuk meminimalisir panasnya Laptop. Jika Laptop terlalu panas. Peosessor tidak akan bekerja dengan baik, bisa jadi malah hang, macet, tidak mau dipencet.

Sering Digunakan Hingga Baterai Habis

Baik laptop atau smartphone sama saja untuk perawatan baterainya. Salah satu bentuk perawatan baterai laptop adalah jangan menggunakan laptop sampai baterainya habis. Hal ini tentunya perlu diperhatikan oleh pengguna laptop.

Karena jika sering terjadi akan menyebabkan baterai rusak dan tidak bisa bertahan lama. Begitu juga dengan smartphone, jangan sampai baterai habis baru di isi.

Apabila baterai sudah 20% sebaiknya segera di charge dan kemudian di cabut ketika sudah 100% full.

Menggunakan Laptop Sambil di Charge

Ini juga penting. Jangan sampai laptop digunakan sambil di charge. Boleh saja melalukan hal ini apabila terpaksa.

Sebenarnya triknya simple boleh digunakan sambil charge, tapi apabila sudah full sebaiknya segera cabut chare nya.

Hal ini tujuanya agar baterai tidak panas karena mengalami dua aktifitas yaitu pengisian dan pengeluaran secara bersamaan.

Terlalu Over Aktifitas

Terlalu Over aktifitas disini maksutnya melakukan di atas kemampuan. Laptop berbeda dengan komputer yang dapat digunakan 24 jam non stop.

Karena memang dari sisi desain saja laptop bentuk nya slim yang mana tujuannya bisa digunakan dimana saja namun terbatas. Berbeda dengan komputer yang komponennya lebih komplek.

Untuk itu, bagi Anda pengguna laptop sebaiknya paham hal ini. Pemilik laptop harusnya lebih paham sampai dimana batas maksimal laptopnya.

Agar maksimal juga jangan sampai laptop digunakan dalam jangka waktu panjang. Digunakan dalam waktu yang lama, berilah istirahat dengan cara mematikan laptop beberapa waktu dan kemudian dihidupkan kembali unutk aktifitas.

Baterai Kurang Berkualitas

Baterai original dan non original tentu saja berbeda. Karena memang kualitasnya juga berbeda.

Ketahanan baterai original lebih kuat daripada baterai KW atau non original. Jika ingin mengganti baterai usahakan ganti baterai dengan baterai yang original agar laptop bisa bertshan maksimal.

Karena dikhawatirkan juga apabila menggunakan baterai yang KW akan mempengaruhi komponen lainnya di laptop.

Kondisi setiap laptop berbeda-beda, baik berbeda spesifikasinya maupun berbeda cara penggunaannya.

Namun cara di atas bisa digunakan hampir semua laptop. Kiranya cukup sekian dulu dan semoga bermanfaat. Terima kasih. Silahkan di share jika bermanfaat.

Tulis Komentar