Belajar SEO WordPress Mudah 99% Cepat

Selamat membaca artikel (Belajar SEO WordPress buat pelula, sampai jadi Pro). Saya begitu senang ketika bersaing di mesin pencari Google. Walaupun sudah basi, tetapi akan sangat bangga ketika artikel atau konten dengan persaingan tinggi bisa masuk halaman pertama di rank 1 mesin pencari.

So, saya selalu penasaran dengan SEO.

Saya tidak pernah bosan mempelajari ilmu yang membahas tentang SEO.

Hampir setiap postingan di situs backlinko.com, 87% saya sudah baca. Walaupun Nranslate.

Memang benar, lmu SEO sangat dibutuhkan untuk membantu website kita bisa dikenal banyak orang melalui mesin pencari.

Terkhusus di search egine Google.

Namun, untuk bisa memahami SEO secara detail tidak bisa dilakukan dengan cepat.

Apalagi untuk pemula.

Anda harus bersabar, dan pastinya tidak gampang nyerah.

Belajar SEO itu butuh proses yang panjang. Anda harus sering-sering membaca artikel yang membahas tentang SEO secara lengkap, kemudian praktik.

Setelah membaca artikel ini, Anda akan memiliki gambaran yang cukup jelas tentang semua hal yang diperlukan terkait SEO.

Silahkan dinikmati, dan jangan lupa siapkan secuil roti dan segelas kopi.

BAB 1 – PEMAHAMAN LENGKAP TENTANG SEO

pemahaman seo

Belajar SEO WordPres Ala Santri IM

Seperti yang sudah dijelaskan. Tujuan belajar SEO WordPress ini adalah untuk memberikan pemahaman yang sempurna tentang Search Engine Optimization kepada para pemula.

Jadi, saya akan melakukan sedikit riset dan menggali beberapa pertanyaan kritis yang harus dijawab.

Apa SEO Itu? Bagaimana Cara Kerjanya?

cara kerja seo

SEO (Search Engine Optimization) adalah kombinasi dari strategi yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas sebuah situs web dan peringkat di mesin pencari. Anda dapat mengatakan, ini adalah cara di mana webmaster menginformasikan mesin pencari tentang kualitas situs web mereka, untuk mengarahkan lebih banyak pengunjung secara gratis dengan meningkatkan peringkat di halaman mesin pencari (SERP).

Ini yang paling penting;

  • Konten di situs web
  • Struktur
  • Tautan ke situs

Saya hanya menggunakan cara di atas untuk membuat mesin pencari dapat memahami website saya dengan baik.

Semua praktisi SEO memiliki cara yang berbeda.

Namun, Anda tak perlu bingung.

Cara yang paling bagus untuk menerapkan SEO versi Santri IM ini adalah berikut :

  • Membuat konten yang bernilai
  • Supaya lebih bagus kualitas SEOnya, Anda bisa membuat beberapa konten pilar di situs Anda, minimal 2500 kata (bisa lebih)
  • Artikel inspiratif
  • Memasang tampilan website yang menarik, responsif, mobile friendly
  • Tidak terlalu over memasang iklan di website jika memang websitenya dipasangi iklan
  • Berikan solusi kepada mereka (pembaca web Anda)
  • Selalu balas komentar, atau pertanyaan pengunjung web Anda.

Dengan penjelasan di atas, setidaknya Anda sudah paham cara membuat artikel SEO serta memberikan kenyamanan pada pengunjung website Anda.

Supaya lebih menarik dan mudah dipahami, anggap saja saat ini Anda sedang bertanya pada diri Anda sendiri.

Mengapa Saya Perlu Menerapkan SEO di Website Saya?

mengapa menerapkan seo

Seperti yang sudah dikatakan.

Saya menerapkan SEO di setiap artikel yang saya buat, tujuannya hanya untuk meningkatkan visibilitas situs ini di mesin pencari.

Mengapa begitu?

Saya rasa Anda cukup paham bahwa saat ini sumber trafik terbesar dan terbaik adalah dari mesin pencari (search egine).

Ada tiga search egine terbaik yang saat ini menduduki papan atas.

  • Google
  • Bing
  • Yahoo

Walaupun ada mesin pencari, jangan lupakan platform media sosial seperti facebook dan twitter, karena kedua media sosial tersebut bisa meningkatkan pengunjung website Anda.

Tetapi, tetap saja. Sumber trafik terbaik untuk meningkatkan rangking website Anda adalah mesin pencari.

Kenapa?

Alasannya karena mesin pencari menyediakan informasi dengan sangat tertarget.

Ini adalah alasan kuat mengapa SEO on-page lebih bagus dan berkualitas dari pada off-page.

Logikanya begini, orang-orang yang yang tahu halaman Anda di beranda facebook, kemudian mereka mau mengklik bukan karena mereka butuh dengan konten Anda, kadang mereka hanya ingin membuang waktu kosongnya saja untuk sekedar membaca, atau hanya sekedar melihat foto-foto saja.

Berbeda dengan sumber trafik dari mesin pencari. Mereka mencari informsi melalui halaman pencarian karena merka memang membutuhkan informasi tersebut.

Bukan hanya sekedar membuang waktu luang saja. Berdasarkan riset saya, 90% orang yang mencari sesuatu di beranda Google itu akan beli produk Anda jika memang Anda menawarkan produk dan website Anda mampu menduduki top #5 Google.

Di sini, saya tidak mengatakan kalau SEO Off-page itu jelek, loh ya.

Keduanya sangat penting untuk diterapkan. Karena keduanya masih dalam strategi SEO.

Namun, ketika saya tidak menerapkan SEO sama sekali, mungkin saya tidak akan mendapatkan sumber trafik apa pun dari mesin pencari, sementara saya sangat berharap mendapatkan sumber trafik yang banyak darinya.

Untuk itu, saya menerapkan SEO.

SEO yang saya lakukan saat ini, di postingan ini adalah menargetkan kata kunci.

Dengan menarget kata kunci (keyword), tentu pengguna akan menemukan halaman ini berdasarkan permintaan merka di mesin pencari.

Lebih simpelnya, mereka akan menemukan halaman ini sesuai dengan apa yang telah diketik

Termasuk Anda.

Seandainya saya mengabaikan SEO di postingan ini, dengan tidak menarget kata kunci apa pun, orang-orang tidak akan tahu postingan ini.

Termasuk Google yang akan mengabaikannya.

Apa Bisa Saya Menerapkan SEO?

apa bisa menerapkan seo

SEO memang terkesan rumit. Namun, itu tidak bisa dijadikan sebuah alasan untuk tidak menerapkannya.

Dasar-dasarnya mudah dan jelas untuk dimengerti. Ketika Anda melakukannya, saya yakin Anda akan mendapatkan perubahan yang luar biasa pada konten Anda.

Internet penuh dengan ilmu gratis untuk bisa Anda pelajari.

Termasuk postingan keren yang Anda baca saat ini.

Cukup membaca, kemudian praktik dan latihan secara perlahan. Jangan lupa konsisten.

Siapa tahu, nanti Anda akan jadi jawara SEO yang tak kalah keren dengan praktisi SEO lainnya.

Jika Anda tak mau ambil pusing, namun menginginkan konten dan website Anda bisa ranking 1 di halaman Google, Anda bisa meminta bantuan Jasa SEO Santri IM Indonesia.

Selain memanfaatkan jasa SEO, Anda harus tetap mempelajari ilmu SEO. Setidaknya Anda paham konsep SEO itu seperti apa.

Ini sangat penting untuk jangka panjang website Anda.

Jika Anda sampai salah memilih layanan SEO, tentu tak hanya website Anda yang pusing. Kepala Anda juga akan ikutan pusing.

Black Hat SEO V/s White Hat SEO

seo jahat dan baik

Dua teknik SEO ini sangat penting dipahami.

Ketika Anda salah memilih layanan SEO, ini akan berdampak buruk bagi situs web Anda. Bisa jadi, website Anda akan ditendang dari halaman pencarian Google.

Mesin pencari sangat peduli tentang relevansi hasil mereka karena Google juga ingin mereka tetap menjadi jawaranya mesin pencari.

Oleh karena itu, mereka mulai memasukkan algoritma, atau persamaan yang digunakan untuk menilai halaman sebuah website.

Hal tersebut dilakukan untuk memeringkat situs berdasarkan seperangkat kriteria tertentu mengenai konten, tautan, dan informasi domain.

Ketika algoritma berubah, SEO yang berbeda merespon dengan cara yang berbeda Juga.

Ada yang masih memathui aturan Google, ada juga yang menggunakan cara efisien.

Ini biasa disebut dengan teknik SEO Black Hat.

Perbedaan antara Black Hat dan White Hat SEO berkaitan dengan teknik khusus yang digunakan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari situs web Anda.

1. Black hat SEO

Black hat SEO mengacu pada upaya untuk meningkatkan peringkat dengan cara yang tidak disetujui oleh mesin pencari.

Black hat SEO bertentangan dengan pedoman mesin pencari saat ini.

Berikut ini daftar beberapa teknik Black hat SEO yang biasa digunakan menipu mesin pencari dan orang untuk meningkatkan peringkat sebuah website :

  • Isi kata kunci – kata kunci yang terlalu banyak digunakan di seluruh situs web Anda
  • Menempatkan Link/teks hitam yang tidak terlihat – menempatkan daftar kata kunci dengan link dalam teks hitam pada latar belakang putih yang tidak akan terlihat oleh pembaca, tetapi dapat dibaca oleh robot mesin pencari
  • Konten duplikat – memposting konten yang sama di banyak tempat di situs web Anda
  • Bekerja sama tanam tautan – menjanjikan ke situs web lain akan menanam link di situs Anda jika mereka mau memasang link situs Anda di website mereka.

Jika Anda ketahuan menggunakan teknik Black hat SEO pada website Anda, situs Anda bisa dihukum melalui peringkat yang lebih rendah atau bahkan akan dilarang dari halaman pencarian.

Tentu, akan sangat berbahaya bagi situs Anda. Jika Anda ingin lebih aman, Anda bisa tetap mematuhi kebijakan mesin pencari.

2. White hat SEO

Di sisi lain, White hat SEO mengacu pada penggunaan metode praktik yang bagus untuk mencapai peringkat tertinggi di halaman mesin pencari.

Mereka transparan dan tetap mematuhi pedoman mesin pencari.

  • Meneliti dan menganalisis calon pengunjung Anda, kegunaan dan fungsionalitas situs web Anda, dan lain sebagainya
  • Menulis ulang meta data untuk memasukkan informasi yang lebih relevan
  • Meningkatkan konten Anda untuk memasukkan lebih banyak kata kunci dan membuat orang lain lebih nyaman saat membaca isi konten Anda.
  • Mendesain ulang situs web Anda agar lebih menarik dan nyaman secara visualnya.

White hat SEO berfokus pada keterbacaan, relevansi konten, struktur yang dirancang dengan baik dan konten yang ditulis dengan sempurna.

Jika digunakan dengan benar, situs Anda dapat memperoleh peringkat lebih tinggi dengan menggunakan teknik etis, konten yang baik, dan kata kunci yang sesuai akan memberikan keuntungan sendiri di situs Anda.

Di atas hanyalah gambaran untuk Anda.

Teknik mana yang sebaiknya digunakan, dan mana yang tidak.

Sebelum melangkah lebih jauh, di bawah ini adalah divisi utama SEO :

  • Riset Keyword (penelitian kata kunci)
  • SEO On Page (SEO pada halaman)
  • SEO Off Page (SEO di luar halaman)

Kita mulai dari…

1. Riset Keyword (Penelitian Kata Kunci)

Hampir semua panduan SEO di internet menyarankan untuk meriset kata kunci sebelum menerbitkan sebuah artikel.

Saya sangat setuju.

Karena menurut saya, SEO merupakan permainan kata kunci.

Anda bisa melihat judul yang saya gunakan pada postingan ini. Sebelum saya membuat judul “Belajar SEO WordPress,” pastinya saya telah memikirkannya.

Masalah bisa nangkring di laman pertama Google atau tidak, itu masalah belakang.

Pikir keri saja.

Intinya, Anda sudah meriset kata kunci yang Anda bidik, yang sekiranya Anda sudah yakin, kemudian buatlah kata kunci tersebut sebagai judul konten Anda.

Riset kata kunci adalah bagian terpenting dari teknik SEO. Anda bisa membaca sedikit pemahaman tentang pentingnya riset kata kunci.

2. SEO On Page

Di SEO On Page, Anda perlu mengoptimalkan halaman Anda sebelum menerbitkan artikel.

Lebih jelasnya, “mengoptimalkan konten untuk mesin pencari.”

Untuk mempelajari ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Karena SEO On page mencakup banyak hal.

Namun, Anda tidak usah pusing. Mari kita pelajari secara bercabang dan mudah untuk dipahami.

1. Konten

Konten adalah bagian terpenting dalam SEO On Page.

Anda pasti pernah dengar kata-kata seperti ini :

“Konten adalah raja.”

Saya pun setuju dengan kutipan di atas.

Google adalah mesin pencari raksaksa saat ini. Prioritas pertama Google adalah menyajikan para penggunanya dengan konten berkualitas tinggi, dan dengan informasi relevan terbaik yang tersedia di situs web.

Saat ini, Google juga menyukai konten panjang yang tepat dan informatif.

Jadi, cobalah menulis yang panjang dan informatif untuk membuat Google terkesima.

Jangan membuat konten hanya dengan isi tulisan saja. Google menyarankan kepada para webmaster untuk tidak membuat konten yang hanya berisi tulisan, melainkan harus ada gambar, slide animasi, atau info grafis lainnya.

Cobalah untuk mebuat para pembaca Anda seakan-akan mereka disuguhi informasi yang sanagt membantu permasalahn mereka.

Dengan begitu, artikel Anda akan berkesempatan mendapatkan banyak pembaca dan dibagikan di sosial media.

Untuk membuat konten yang dioptimalkan dengan baik, Anda bisa melihat tips di bawah ini:

  • Judul – Buat judul yang menarik yang sekiranya bisa meningkatkan minat pembaca. Buat kesan pertama yang bagus melalui judul postingan Anda.
  • Kata kunci – Pilih kata kunci yang akan membantu membawa orang ke situs Anda dan relevan.
  • Tautan – Tautan ke situs berkualitas akan membantu mesin pencari memahami bahwa situs Anda sangat relevan dengan tautan yang Anda gunakan.
  • Meta deskripsi – Meta deskripsi yang tepat akan membantu konten Anda semakin di depan pencarian Google.
  • Kualitas – Cobalah untuk menerbitkan konten yang unik dan berkualitas. Ini akan membantu mereka datang kembali ke website Anda.

Sementara, lima poin di atas sudah cukup untuk membuat konten Anda menjadi juara di mesin pencari. Anda juga bisa membaca contoh artikel SEO berkualitas tinggi.

2. Tema website Anda

Tema website juga masuk di bagian terpenting setelah Anda melakukan optimasi pada konten.

Contoh dari tema buruk di sebuah website adalah ketika seseorang menerapkan tema pertanian untuk webiste pendidikan, misalnya.

Ini akan sangat menggangu pengunjung Anda karena konten dengan tema, sama sekali tidak berkaitan.

Jadi, sebaiknya Anda menghindari itu untuk mengoptimalkan SEO di konten Anda.

Jangan buat pengunjung merasa bingung karena tema Anda tidak nyambung dengan topik website Anda.

Mereka akan memilih kabur daripada kembali ke website Anda.

3. Kecepatan website

Kecepatan website masih menjadi peran penting agar kinerja SEO tetap maksimal.

Untuk meningkatkan pengunjung website, maka Anda harus berupaya untuk mempercepat loading website Anda.

Menurut pengalaman pribadi, orang-orang lebih suka dengan website yang bagus dengan loading yang cepat.

Mereka akan meninggalkan website Anda ketika loadingnya lebih dari 5 detik.

Jadi, tugas Anda sebagai pemilik website harus berupaya untuk mempercepat akses website.

Anda bisa cek loading blog atau website melalui situs resmi Google PageSpeed Insights.

3. SEO Off Page

SEO Off Page merupakan cara SEO yang dilakuakan oleh webmaster di luar website utama. (bukan optimasi di halaman).

Cara kerja SEO off page adalah memberikan backlink ke website utama.

Selain untuk pengoptimalan situs, SEO Off Page juga dilakukan dengan press release, blog post, video, review, forum, social network, dan masih banyak lagi.

Adapun faktor penting optimasi off page adalah dengan menggunakan backlink.

Pemberian link balik akan membuat posisi website Anda naik di papan atas mesin pencarian.

Dengan melakukan SEO Off Page, maka Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat, di antaranya sebagai berikut :

  • Mampu meningkatkan jumlah trafik atau pengunjung kesitus Anda. Dengan dikunjungi banyak pembaca, maka Anda akan mendapatkan keuntungan. Termasuk page-rank website Anda akan meningkat dengan sendirinya.
  • Dengan menggunakan SEO Off Page, maka produk Anda akan berada di perinkat atas, sehingga akan banyak pembaca yang datang ke situs Anda.

Inilah sebabnya banyak situs-situs besar berani membeli backlink website otoritas.

Meskipun dengan harga mahal. Teknik SEO off page yang satu ini juga sering saya lakukan. Dan pastinya rekomendasi banget.

Itu hanyalah beberapa manfaat dari SEO Off Page.

Tujuannya apa?

Ini bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk yang dimiliki. Dengan seringnya melakukan SEO Off page, produk Anda akan dikenal banyak orang.

Ini adalah salah satu manfaat utama dari SEO Off page.

Nah, itulah cara SEO WordPress yang bisa Anda lakukan saat ini. Jika Anda pusing atau tak punya waktu mengoptimasi website, Anda bisa menggunakan layanan jasa SEO Profesional dari Santri IM.

Note : Artikel masih dalam perencanaan update.

Tinggalkan komentar