Kenalan Yuk, Fathnan Blogger Tuban Jawa Timur

  • Whatsapp
Fathnan Blogger Tuban Jawa Timur

Fathnan blogger Tuban Jawa Timur | Saya sering mendengar kata-kata pepatah “Tak kenal maka tak sayang”, saking sering dengarnya sampai-sampai saya hafal tanpa menghafalkannya.

Untuk itu, yuk kita kenalan dulu.

Muat Lebih

Nama saya Fathnanul Muzakki, seorang mahasiswa, Bloggger juga Freelancer. Anda dapat memanggil saya Fathnan atau Zakki. Tetapi, kalau Zakki terdengar sangat mainstream. Jadi, Anda bisa memanggil saya Fathnan saja.

Saat ini saya tinggal di sebuah desa yang sangat asri dan agamis, namanya desa Tegalbang Kecamatan Palang Kabupaten Tuban.

Sejak di bangku SMK, saya sangat mencintai komputer. Awalnya sih enggak, karena setiap hari makanannya komputer, saya jadi terbiasa dan akhirnya jatuh cinta.

Saya lulus dari bangku SMK tahun 2016 di Trenggalek, jurusan Tkj (Teknik Komputer dan Jaringan).

Sebenarnya saya sudah pernah sekolah SMA, dan jika lulus, saya adalah lulusan SMA tahun 2013. Tetapi takdir membantah, saya harus keluar SMA di bangku kelas 3 sebelum lulus.

Aku bekerja di rumah selama setahun setengah, dan kemudian di suruh sekolah lagi di Trenggalek pada Tahun 2014. Mulai dari awal lagi, dan mengambil jurusan Tkj.

Kalau sudah mengenal sedikit profil pemilik blog, sekarang kita kenalan dengan blognya yuk.

Blog ini merupakan blog pertama yang saya rawat dengan sepenuh hati, juga blog pertama yang menggunakan Domain Tld. Dulu blog ini menggunakan domain Tld. Untuk sekarang ini saya memutuskan untuk menyewa domain ccTLD (id) dan migrasi ke WordPress Self hosting.

Jadi boleh dibilang saya harus mengeluarkan modal untuk membuat blog ini.

Saya membuat blog ini tahun 2012 dan masih menggunakan platform blogger.com, sempat tidak terawat selama bertahun-tahun akhirnya saya kembali pengen ngeblog pada tahun 2018.

Kemudian saya menyewa domain TLD (com) di Niagahoster seharga Rp. 120.000, kemudian di awal 2019 saya mengganti domain tersebut dengan Domain ccLTD (id) di teman komunitas blogger Tuban saya sendiri seharga Rp. 270.000/tahun + Hosting satu tahun Rp. 180.000/tahun.

Dengan domain id dan hosting satu tahun, tentu saja blog ini tidaklah murah. Apalagi saya hanya seorang santri dan mahasiswa yang mengandalkan uang dari jasa oprex/Instalasi komputer dari mahasiswa lainya, saya juga bekerja paruh waktu di warung kopi.

Membuat blog personal dengan menyewa domain dan hosting sendiri

Agar lebih afdol dan bernostalgia, siapa tahu ada yang ingin membuat blog dengan hosting. Maka akan saya rincikan modal membuat blog personal.

  • Membeli Domain

Saya membeli domain fathnan.id sebesar Rp. 270.000 per tahun. Termasuk beruntung karena nama domain ini masih belum ada yang menggunakan, dan saya bisa menggunakannya.

  • Menyewa Hosting 1 tahun

Dengan modal yang terbatas saya menyewa hosting sg yang saya pikir cukup lumayan untuk blog personal. Tanpa berfikir panjang saya langsung menyewanya hosting di salah satu teman komunitas blogger Tuban. Beliau adalah kang Bakhtiyar Sierad.

Hosting yang saya gunakan ini menawarkan 1 GB Web disk dan bandwidth 1 TB dengan harga Rp. 180.000/tahun. Lumayan menurut saya.

Blog ini sebenarnya bertopik banyak, karena saya berfikir, pokoknya bermanfaat dan tidak menghasud ataupun menjatuhkan nama baik seseorang.

Blog ini juga menerima artikel dari orang lain.

Tujuan saya membangun blog ini, hingga saat ini

Keinginan kuat saya membangun blog ini adalah untuk mengasah terus skill saya menulis. Selain itu, ngeblog adalah hobi saya. Kalau bukan karena hobi, mungkin saya tidak akan meneruskan dan memperpanjang domain maupun hosting blog ini.

Untuk penghasilan, saya belum pernah merasakan penghasilan apa pun di blog ini. Baik dari iklan pihak ketiga atau pihak ke seratus.

Harapan saya. Melalui blog ini, tulisan-tulisan yang ada di blog ini bisa menghibur dan bermanfaat bagi semua yang membaca.

Kenapa saya pd menulis?. “Ah,, diluar sana juga banyak website yang tulisannya tidak penting-penting amat. Tapi masih ada juga yang memviralkan”.

Nah, itulah secuil cerita tentang diri saya dan adanya blog ini. Mungkin jika Anda mempunyai cerita blogging yang menarik Anda bisa cerita di kolom komentar di bawah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *