Cara Memilih Casing PC Gaming yang Kuat

Cara Memilih Casing PC Gaming yang Kuat

Cara Memilih Casing PC Gaming yang Kuat | Pada umumnya ketika kita ingin membeli dan merakit PC gaming, kita akan lebih memilih mementingkan Hardware saja, seperti contoh: RAM, VGA, CPU, Hardisk dan kawan-kawan. Namun bagaimana jika dengan Cassingnya?.

Banyak pengguna yang tidak begitu mempedulikan cassing pada PC, terutama pada bagian CPU. Padahal, cassing CPU juga sangat penting untuk mendongkrak kinerja komponen Hardware di dalamnya.

Read More

Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk merakit PC khususnya PC untuk gaming akan lebih baik jika Anda mengetahui hal-hal penting apa saja yang harus di utamakan. Terutama pada cassing PC.

Berikut ini ulasanya.

Tips memilih Cassing PC gaming yang aman dan kuat

1). Pilihlah desain yang pas untuk mengeluarkan panas pada PC

Desain cassing untuk PC tentu saja bermacam-macam, ada desain yang biasa saja juga ada yang sangat keren. Namun, yang perlu Anda utamakan adalah fungsi dari casiing yang akan Anda pilih.

Seperti tidak terlalu tertutup rapat agar suhu pada PC tetap terjaga, tidak gampang panas.

Seperti yang telah kita ketahui, PC gaming memanglah harus butuh perawatana ekstra karena komponen pada PC gaming sudah pasti akan berkerja keras, terutama pada Hardware seperti prosesor, Ram, Vga Card.

Jika PC tidak memiliki desain cassing yang bisa meminimalisir suhu panas pada komponen tersebut, maka bisa saja PC akan hank karena prosesor kepanasan. Ya meskipun sudah ada kipas pendingin.

Untuk itu, desain cassing juga harus Anda pertimbangkan sebelum Anda merakit sebuah PC.

2). Ukuran Cassing pada PC

Hal ini ada kaitannya dengan pin pertama, hanya saja poin kedua ini lebih fokus kepada ukuran cassingnya. Memilih ukuran cassing pada PC juga sangat penting karena nantinya akan berpengaruh terhadap kinerja hardware.

Semakin besar cassing yang Anda gunakan, maka hardware PC akan lebih leluasa untuk bernafas. Dan ini bisa meminimalisir suhu panas pada hardware PC.

Di tambah lagi, jika cassing yang Anda pilih berukuran besar, maka akan mempermudah Anda ketika ingin mengupgrade komponen PC nantinya.

Untuk itu, memilih cassing yang berukuran besar patut untuk Anda utamakan. Selain menjaga suhu panas pada PC, cassing yang tidak terlalu kecil bisa menghindari dari konslleting karena komponen tidak terlalu berdekatan.

Baca Juga: Agar Laptop Anda Awet, Berikut 12 Tips Merawat Laptop Biar Lebih Awet

3). Ada fasilitas mempermudah menaruh kabel

Untuk saat ini, cassing yang yang ada fasilitas mempermudah menaruh kabel sudah banyak. Tetapi, terkadang si perakit tidak terlalu memerdulikan hal-hal seperti ini. Pokoknya komputer menyala sudah aman.

Saya sendiri ketika merakit komputer kalau ada kabel yang tidak rapi pingin saya bongkar kembali. Rasanya benar-benar tidak nyaman. Selain menghindari konsleting, saya rasa merapikan kabel juga sangat penting untuk kerapian sebuah PC.

4). Slot Optical Drive

Jika membeli cassing, slot optical drive atau slot untuk CD ini juga harus Anda perhatikan, apakah Anda membutuhkannya atau tidak. Hal ini karena tidak semua cassing PC menyediakan slot DVD Drive.

Memang, saat ini penggunaan optical drive jarang sekali diminati oleh sebagian orang. Karena jika kita ingin mengirim file besar kita sudah bisa memanfaatkan email.

Bahkan jika kita ingin menyimpan data backup pun kta sudah bisa memanfaatkan sistem cloud server yang jauh lebih efisien dibandingkan menggunakan CD maupun DVD.

Begitu juga jika kita ingin file game pun dapat download atau membelinya pada situs-situs internet seperti Steam. Akan tetapi, hal ini dikembalikan pada kebutuhan Anda sendiri.

Apalagi jika Anda gunakan PC untuk kegiatan lain seperti untuk kegiatan berjualan, atau bisnis, optical drive masih perlu dibutuhkan oleh beberapa orang.

Untuk itu, Optical Drive juga patut Anda pertimbangkan.

5). Mempunyai Akses Kipas Tambahan

Kipas dalam sebuah PC gaming berperan sangat penting, bisa kita bayangkan sendiri betapa panasnya prosesor komputer dan komponen lainya saat hardware pc berkerja satu sama lain.

Untuk itu, fungsi kipas adalah untuk mendinginkan komponen penting hardware yang ada di dalam CPU.

Saran saya, pilihlah cassing yang di dalamnya menyediakan slot tambahan kipas. Namun jangan sampai karena slot kipas ini komponen lainya menjadi terdesak.

Nah, itulah tips atau cara memilih cassing untuk PC gaming. Semoga artikel ini bisa memberikan solusi yang bermanfaat untuk para pembaca setia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *