Home Blogging Cara Merawat Blog WordPress Agar Performa Yahud

Cara Merawat Blog WordPress Agar Performa Yahud

Cara Sederhana Merawat Blog Wordpress Agar Performa Tetap Yahud

Cara merawat blog wordpress – Semakin kesini semakin banyak orang-orang yang berkecimpung di dunia blogger. Wajar… karena menjadi blogger memanglah mengasyikan. Menjadi blogger mampu menambah wawasan untuk perkembangan diri. Selain itu, blogger satu bisa berkenalan dengan blogger yang lain, inilah kenikmatan ketika menjadi seorang blogger.

Blogger merupakan aktivitas menulis di blog yang bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak pandang siapa penulisnya, apa latar belakangnya. Karena semua orang bisa menjadi blogger.

Ada sebagian orang yang tidak kuat ketika menjadi blogger lantaran keberatan saat menulis. Menulis, ngeblog, itu berat, memang harus dibutuhkan yang namanya ketelatenan, sabar, dan mempunyai gairah tinggi untuk menjadi blogger yang profesional.

Namun masih banyak juga mereka yang lebih memilih konsisten dan fokus merawat blognya kemudian meninggalkan pekerjaan utamanya demi ngurusi blog.

Mereka yang memilih konsisten blogging inilah yang kelak akan menjadi blogger profesional. Bahkan, akan menjadi ancaman bagi media cyber wilayah lokal lainnya.

Saya melihat dan sering blogwaliking di beberapa blog yang saya ikuti. Saya sangat senang mampir di blog-blog personal yang membahas tentang perjalanan hidup mereka.

Mereka tampak keren saat menulis perjalanannya di blog, meskipun tidak terlalu penting untuk sebagian orang…  saya yakin akan ada orang lainnya yang mengatakan seperti ini “wah… tulisan ini sangat menginspirasi”, pasti akan ada yang mengatakan demikian.

Saya juga sering melihat blog dengan author keren, tullisan di blognya sangat enak ketika dibaca, sayangnya… mereka lupa akan satu hal.

Perawatan blog.

Ini sangat penting karena berhubungan sekali dengan kesehatan blog. Khususnya untuk pengguna WordPress. Saya akan mengingatkan anda sebagi blogger jangan lupa untuk selalu mengecek kesehatan blog anda.

Sayang nanti kalau kesehatan blog tidak dijaga, sudah bayar hosting dan domain setiap tahunnya, kemudian kesehatan blog anda tidak begitu anda pedulikan.

Cara Merawat Blog Agar Performa Tetap Yahud

Ada banyak sekali cara merawat blog yang bagus dan kemudian anda bisa terapkan cara ini di blog anda.

Cara yang saya gunakan untuk menjaga kesehatan blog sebenarnya sangat simpel. Berikut ini caranya.

1. Menjaga konten blog, hindari konten copy paste

Menjaga konten blog dan hindari konten copy paste.

Biasanya, ini sering diabaikan oleh blogger pemula, mereka lebih fokus dengan banyaknya konten yang ada di blog, walaupun copy paste tidak masalah yang penting banyak konten.

Mereka berfikir seperti itu…

Kerangka berfikir seperti itu harus dibuang jauh-jauh jika anda ingin menjadi blogger yang berkembang. Anda tidak bisa menjadi blogger yang sukses jika hanya mengandalakan konten cpas.

Selain buruk untuk kesehatan blog, anda juga akan di cap buruk oleh kalangan blogger lainnya.

Baca ini juga: Arti konten berkualitas bagi internet marketer

2. Kompres gambar sebelum memasang dan menerbitkan artikel

Ini biasa saya lakukan. Sebelum memposting gambar di satu artikel, saya pasti mengkompres gambar tersebut terlebih dahulu.

Fungsi dari gambar yang sudah anda kompres, tentu saja agar loading blog anda tidak berat ketika dimuat. Ketika blog anda ringan, tidak hanya orang yang senang ketika mengakses blog anda. Google juga akan memberikan peringkat lebih tinggi lagi untuk blog anda.

Jangan memasang gambar yang berukuran besar karena akan memperlambat blog anda.

Saya biasanya memanfaatkan website yang menyediakan tools kompresi gambar seperti dibawah ini:

  • https://compressjpeg.com
  • https://www.iloveimg.com
  • https://www.websiteplanet.com

3. Cek URL yang error untuk menjaga kesehatan blog anda

Hal ini sering sekali diabaikan oleh sebagian blogger, padahal broken link pada sebuah blog bisa memperburuk kesehatan blog itu sendiri.

Untuk itu, anda harus rajin mengecek blog anda apakah masih ada link-link error/rusak. Saya akan mencontohkan salah satu contoh link rusak yang sering terjadi, khususnya pengguna WordPress.

Biasanya orang-orang berkunjung ke blog anda kemudian mereka berkomentar dengan menyertakan alamat/url web mereka di kolom komentar.

Setelah beberapa bulan, web mereka (yang berkomentar) mati karena tidak bisa memperpanjang domain dan hostingnya. Otomatis link tersebut rusak/error.

Nah.. disini tugas anda untuk selalu mempedulikan hal-hal semacam itu, sebagai blogger harus teliti untuk masalah ini. Karena akan sangat berdampak untuk kesehatan blog.

Jika anda tidak mau bingung-bingung mencari satu-sati link yang rusak, anda bisa mengecek broken link dengan mengunjungi Website Broken Link Checker.

 4. Memperbaiki kesalahan di webmaster

Jangan lupa juga untuk selalu mengecek kesalahan yang ada di webmaster agar performa blog anda tetap yahud.

Empat hari yang lalu saya menginstall plugin Onesignal. Ternyata ada beberapa plugin yang cresh dengan onesignal yang telah saya instal. Jadinya begini:

Memperbaiki kesalahan di webmaster

Untuk itu, anda juga harus mempedulikan masalah-masalah kecil seperti ini untuk menjaga kesehatan blog anda.

Selalu cek dan jika ada masalah seperti di atas, segera ajukan validasi. Jika amsih gagal.. cari tau apa penyebabnya kemudian lakukan validasi lagi.

Sekian semoga bermanfaat.

Tulis Komentar