Harga Bata Ringan Gresik Terlenglap 2021

Harga Bata Ringan Gresik Terlenglap 2021

by Fathnan Id Maret 19, 2021
Info harga bata ringan

Dalam membangun sebuah konstruksi bangunan seperti konstruksi dinding yang umumnya menggunakan bata merah atau yang biasa disebut batako, kini memiliki beragam bahan pengganti lain salah satunya adalah bata ringan.

Bata ringan dinilai memiliki keunggulan yang lebih baik daripada bata merah, sehingga banyak diminati oleh kalangan konstruktor karena memiliki harga bata ringan di Gresik yang lebih murah.

Bata ringan adalah salah satu material konstruksi yang memiliki fungsi seperti bata merah, yaitu untuk membuat dinding dan bangunan lain.

Pada dasarnya bata ringan sama seperti beton, tetapi memiliki berat yang lebih ringan. Selain itu tekstur yang dimiliki oleh bata ringan ini lebih halus.

Yang unik dari bata jenis ini adalah ukuran dan bentuknya yang seragam karena dicetak dengan cetakan beton yang sama.

Biasanya bata ringan dicetak secara massal di pabrik yang terbuat dari beberapa bahan seperti gypsum, alumunium pasta, kapur, semen, dan pasir kuarsa.

Selain itu, harga bata ringan di Gresik terbaik umumnya memiliki karakteristik yang ringan, halus, dan sangat rata. Bata ringan biasanya memiliki ukuran 60 cm x 20 cm dengan variasi ketebalan sebesar 7-15 cm.

Dikarenakan beratnya lebih ringan daripada bata merah, maka tidak heran bata ringan memiliki lebih banyak penggemar.

Bahkan, produktivitas pekerja bata ringan terbukti memiliki peningkatan, begitu yang tercantum pada jurnal milik Birdyant Goritman. Hal ini dikarenakan proses pengerjaan lebih cepat yang mana satuan bata ringan memiliki dimensi yang lebih besar.

Banyak sekali penyedia bata ringan, meskipun kualitas setiap bata ringan sama namun kita tidak bisa mengambil kesimpulan secara mutlak mengenai kualitasnya.

Mengapa demikian? Karena kita tidak tahu menahu bagaimana perusahaan penyedia bata ringan merawat produknya atau proses apa saja yang sudah dilaluinya.

Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan profil perusahaan bata ringan yang akan kita beli produknya, pastikan hanya membeli dari perusahaan yang sudah terpercaya saja.

Jika Anda ingin membeli bata ringan yang berkualitas, kebetulan terdapat perusahaan yang memang sudah memiliki reputasi yang sangat baik akan hal ini. Bahkan perusahaan ini menjual berbagai bahan bangunan berkualitas lainnya.

Profil PT Tiga Mitra Surabaya

PT. Tiga Mitra Surabaya adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang Distributor Bahan Bangunan, Supplier, serta Agen Material Bahan Bangunan Modern seperti Bata Ringan, Panel Lantai, Plafon PVC, Panel Sandwich, Semen Mortar, Keramik lantai, Pintu PVC, Galvalum, Besi, Gypsum, Tandon Air, Aluminium, Wallpaper Dinding, Granit Tile, dll. PT. Tiga Mitra Surabaya juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia.

PT. Tiga Mitra Surabaya sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Distributor Jual Bata Ringan, Semen Mortar dan Panel Lantai telah didukung sumber daya yang berkualitas dan memiliki tenaga kerja yang terlatih.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kualitas pekerjaan dan pelayanan PT. Tiga Mitra Surabaya ini.

Tips Membeli Bata Ringan

Dalam menggunakan bata ringan, Anda harus memperhatikan banyak hal bukan hanya mempertimbangkan harga bata ringan di Gresik saja.

Hal ini bertujuan agar nantinya tidak mengalami kerugian. Untuk itu, yuk simak apa saja tips dalam membeli bata ringan yang baik berikut ini.

1. Pilih Bata Ringan yang Berwarna Putih

Pada dasarnya terdapat dua jenis bata ringan yang ada di pasaran. Kedua jenis tersebut adalah AAC atau Autoclaved Aerated Concrete dan yang satu lagi adalah CLC atau Cellular Lightweight Concrete.

Anda bisa menggunakan jenis AAC karena dinilai sebagai jenis bata ringan yang lebih baik. AAC memiliki warna yang putih bersih yang terbuat dari pasir silika dan akan membuat bangunan lebih kokoh.

2. Beli Produk Bata Ringan Dari Merek Terbaik

Meskipun pembuatan bata ringan terbilang mudah dan bisa dibuat secara personal, tetapi tidak semua bata ringan bisa melewati tahap laboratorium dengan sempurna.

Bata ringan terbaik haruslah memiliki beberapa komponen yang bisa membuat mutunya lebih terjamin. Untuk menghindari produk dengan kualitas yang buruk, sebaiknya Anda membeli material tersebut dari merek terkenal yang sudah dipercaya oleh masyarakat.

3. Lakukan Uji Coba

Setelah membeli membeli produk dengan harga bata ringan di Gresik, Anda juga disarankan untuk melakukan uji coba produk tersebut.

Anda bisa melakukan uji coba sederhana seperti menancapkan paku pada bata tersebut. Anda bisa melihat semakin sulit paku tersebut menancap kedalam bata ringan, maka kualitas bata tersebut semakin bagus.

4. Pilih Bata Ringan yang Memiliki Bentuk Presisi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa bentuk dari bata ringan ini adalah presisi secara sempurna. Dengan bentuk yang presisi ini akan memudahkan pekerjaan karena tidak perlu melakukan proses plesteran.

Hal ini disebabkan karena permukaan dinding yang dibuat dari bata ringan sudah rata. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih bata ringan yang presisi dengan sempurna.

5. Cek Keaslian Bata Ringan

Jika Anda membeli sebuah bata ringan dengan harga bata ringan di Gresik yang mahal, Anda harus memastikan bahwa kualitas yang dimilikinya baik.

Anda juga harus mengetahui bahwa bata ringan tersebut memiliki keaslian yang 100% original. Tentunya hal ini harus Anda ketahui agar tidak mengalami kerugian.

Nah setelah mengetahui bagaimana cara memilih bata ringan yang baik, berikut ini akan kami berikan beberapa informasi tentang apa saja keunggulan dalam menggunakan bata ringan yang perlu Anda ketahui. Yuk simak informasinya berikut ini.

Keunggulan Menggunakan Bata Ringan untuk Bangunan

Dalam penggunaanya, bata ringan dinilai memiliki keunggulan yang lebih baik daripada bata merah. Karena keunggulannya inilah yang membuat para konstruktor lebih memilih untuk menggunakan jenis material yang satu ini.

Lalu apa sajakah keunggulannya? Berikut ini informasinya.

1. Memiliki Dua Jenis Bata Ringan

Bata ringan memiliki dua jenis yang sering dipakai sebagai material bangunan. Kedua jenis bata ringan tersebut adalah Autoclaved Aerated Concrete atau AAC dan juga Cellular Lightweight Concrete atau CLC.

Keduanya terbuat dari bahan yang sama, tetapi memiliki beberapa material yang berbeda. Jenis bata yang Anda gunakan sangat menentukan harga bata ringan di Gresik yang dikeluarkan dan ketahanan bangunannya.

2. Memiliki Ketahan Sekuat Beton

Meskipun dinilai memiliki tekstur yang halus dan beratnya yang ringan, tetapi bata ringan ini hampir sama dengan beton.

Bata ringan ini dianggap memiliki bobot 3x yang lebih ringan dari material lainnya seperti batako dan bata merah, tetapi karena material pembuatnya sama dengan beton maka ketahanannya pun sama kuatnya dengan beton.

3. Insulator yang Baik

Selain memiliki ketahanan yang sama dengan beton, bata ringan juga mampu untuk melindungi bangunan dengan sempurna.

Hal ini karena bata ringan memiliki permukaan yang ringan sehingga bisa menurunkan massa dan bisa menyerap panas dengan baik. Karena teksturnya ini pula bata ringan bisa mempertahankan suhu yang baik bagi ruangan.

4. Proses Pemasangan yang Lebih Cepat

Karena memiliki bentuk yang presisi yaitu sekitar 2 mm per bata, hal ini menyebabkan bata ringan memiliki tingkat permukaan rata yang lebih baik dari bahan bangunan lainnya.

Karena bentuknya yang presisi dan bobotnya yang ringan membuat bata ini lebih mudah untuk aplikasikan.

5. Finishing Lebih Mudah

Apabila Anda menggunakan bata merah untuk membangun sebuah bangunan, para konstruktor akan melakukan proses pelapisan plester aci agar permukaan dinding menjadi lebih halus.

Namun beda halnya jika Anda menggunakan bata ringan, pihak konstruktor tidak akan melakukan tahap tersebut karena tekstur bata ringan yang halus dan rata.

6. Menghemat Biaya Pembangunan

Harga bata ringan di Gresik ini terbilang lebih murah dari bahan material lainnya. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan bata ringan ini bisa menghemat pengeluaran hingga 50%.

Dan lagi proses pemasangannya yang lebih mudah dan praktis akan membuat Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk tambahan lainnya.

Setelah mengetahui apa saja kelebihan bata ringan, apakah Anda sudah yakin untuk menggunakannya? Selain kelebihan, ternyata bata ringan juga memiliki kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan seperti berikut ini.

Kekurangan Menggunakan Bata Ringan untuk Bangunan

Selain kelebihan bata ringan yang perlu Anda ketahui, Anda juga harus mematikan apa saja kekurangan dari jenis material ini untuk menghindari dampak yang dihasilkan. Yuk simak informasinya berikut ini.

1. Ukuran yang Tanggung

Bata ringan memiliki ukuran presisi yang dianggap tanggung. Hal inilah yang menyebabkan beberapa kasus seperti terbuangnya sisa yang cukup banyak pada dinding.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan bata ringan yang Anda beli sudah bisa mencukupi seluruh dinding dengan sempurna.

2. Memerlukan Skill Khusus

Dalam pemasangan bata ringan para konstruktor harus memiliki keahlian khusus agar bata ringan bisa terpasang dengan baik. Jika kontraktor tidak memiliki keahlian dalam memasangnya, ini bisa menyebabkan hasil yang tidak rapi.

3. Sulit Kering Jika Terkena Air

Bata ringan memiliki bahan material yang membuat air sulit kering ketika mengenai bata ringan tersebut. Ini menyebabkan butuh waktu lebih lama bagi bata ringan untuk menyerap dan jika bata tersebut dipaksakan untuk digunakan maka akan muncul bercak kuning pada plesternya.

4. Sulit Didapat

Kekurangan bata ringan yang lainnya adalah sulit didapatkan di pasaran. Biasanya hanya toko material besar saja yang jual bata ringan ini.

Dan lagi jika Anda ingin membelinya harus dengan jumlah besar yang menyebabkan harga bata ringan di Gresik juga ikut tinggi.

Itulah beberapa kekurangan dari bata ringan. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, tetapi kelebihan yang akan Anda dapatkan lebih banyak.

Daftar Harga Bata Ringan Gresik

Setelah mengetahui banyak informasi tentang bata ringan, Anda juga harus mengenal informasi tentang harga bata ringan di Gresik.

Dengan mengetahui berapa harga bata ringan, Anda jadi bbisasia mematok harga untuk pembangunan yang akan dilakukan. Berikut ini tabel untuk daftar harganya.

Daftar Harga Bata Ringan Gresik

Itulah daftar harga bata ringan untuk wilayah Gresik pada tahun 2021 ini. Setelah mengetahui daftar harganya, kini saatnya Anda menentukan apakah akan menggunakan bata ringan tersebut untuk bahan bangunan atau tidak?

Nah itulah beberapa informasi penting tentang bata ringan hingga informasi tentang harga bata ringan di Gresik. Apakah membantu Anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *