Makalah Isim Yang Berakhiran Huruf Illat

Makalah Isim Yang Berakhiran Huruf Illat

Makalah Isim Yang Berakhiran Huruf Illat, (Isim maqsur, Isim manqus, Isim yang mudlaf pada ya’ mutakalim).

Ilmu nahwu dan ilmu shorof adalah dua ilmu yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa Arab. Dengan kedua ilmu alat ini kita dapat mengetahui struktur kalimat dalam bahasa dengan baik dan benar, sekali pun kita dihadapkan dengan tulisan bahasa arab tanpa harakat, tetap akan bisa membacanya dengan benar dan bisa membacanya dengan harakat yang dapat diketahui dengan mempelajari keduanya.

Seperti halnya dalam fiil ada istilah mu’tal dan shohih di dalam isim juga terbagi menjadi tiga macam dilihat dari segi struktur akhirnya, yaitu isim maqsur, isim manqush, dan isim yang mudlaf pada ya’ mutakallim.

Jika diakhiri huruf illat atau mu’tal, akan ada pembahasnnya tersendiri. Dan di dalam makalah ini akan dibahas hal tersebut beserta penjelasan empat macam pembagian tadi.

B. Rumusan Masalah

  1. Apa pengertian Isim Maqsur?
  2. Apa pengertian Isim Manqush?

  3. Apa pengertian Isim yang Mudlaf Pada Ya’ Mutakallim?

  4. Apa perbedaan antara Isim Maqsur, Manqush, dan Isim yang Mudlaf Pada Ya’ Mutakallim?

C. Tujuan

  1. Dapat mengetahui pengertian isim maqsur.

  2. Dapat mengetahui pengertian isim manqush.

  3. Dapat mengetahui pengertian isim yang mudlaf pada ya’ mutakallim.

  4. Untuk mengetahui perbedaan antara isim maqsur, manqush, dan isim yang mudlaf pada ya’ mutakallim.

Penutupan – Silahkan Download Makalahnya Melalaui Tombol Download di Bawah

Isim Maqsur adalah isim mu’rab yang akhirnya berupa alif lazimah. Dan i’rabnya berupa harakat yang dikira-kirakan, seperti isim yang mudhlaf pada ya’ mutakallim.

Isim manqush adalah isim mu’rab yang akhirnya berupa ya’ lazimah dan huruf sebelumnya dikasrah.Tanda i’rabnya adalah rofa’ dengan dhommah, dan jer dengan kasroh yang dikira-kirakan, sedangkan nashabnya dengan fathah yang jelas.

Isim yang mudlaf pada ya’ mutakallim adalah isim yang huruf akhirnya ditambah ya’ mutakallim.Tanda i’rabnya yaitu rofa’ dengan dhommah, nashab dengan fathah, jer dengan kasrah, semuanya dikira-kirakan.

Perbedaan antara isim maqsur, isim manqush dan isim yanng mudlaf pada ya’ mutakallim adalah isim maqsur berakhiran alif lazimah (ا\ى) dan huruf sebelum alif berkharakat fathah.

Sedangkan isim manqush berakhiran ya’ lazimah dan huruf sebelumnya dikasrah sama halnya dengan isim mudlaf liyaul mutakallim namun huruf ya’ pada isim mudlaf menunjukkan arti kepemilikan.

DOWNLOAD

Tulis Komentar