KERJA, KERJA, DAN KERJA!

  • Whatsapp
Kerja

Saya tidak bisa terus menerus menabung utang tanpa dapat memberi kepastian kapan bayarnya. Beruntung, Indonesia memiliki presiden yang gemar bekerja, bukan hanya omong.

Ia juga selalu menyemangati para pejabat maupun rakyat dengan jargonnya, “Kerja, kerja, dan kerja!” Saya pun jadi berapi-api mendengarnya, bukan karena kata-katanya, tapi karena pengucapannya medok-medok gimana … gitu.

Muat Lebih

Kayak ada manis-manisnya. Saya jadi ada semangat mbabu. Saya melamar kerja di rumah makan Malaysia.

Diterima ketika itu juga. Saya benar-benar jadi babu. Nganterin makanan ke pelanggan, kadang harus disemprot karena salah antar atau salah nyuguhin pesanan.

Ada yang nyemprot karena keasinan, ada yang katanya terlalu kepedesan. Tapi kalau yang nyemprot pas cewek cantik, saya seneng, sih.

Cuci piring. Ngelap meja. Menata kursi. Mengepel lantai. Menjedetkan lambe sebagai bentuk keramahan kepada para pengunjung.

Dan banyak hal lain yang demikian menyebalkan. Sepanjang gawe, saya selalu nggrundel dan misuh-misuh.

Meski begitu, saya kadang menikmati. Saya kerap menggoda gadis-gadis Malaysia yang memesan makanan.

“Paha atau dada, Mbak?”

“Dada aja, Mas.”

“Dadanya mau diapain?”

“Dibalado saje.”

“Dadanya perlu diremas-remas juga atau dibiarkan utuh saja?”

“Awak nak macem-macem saye, ha? Mau awak saye laporin ke bos awak biar nak cepak dipecat?”

“Maksud saya, balado yang menjadi bumbu paha kamu. Eh, maksud saya paha ayamnya, apakah ayamnya harus di …” Lalu dia pergi ke pelayan yang lain.

Saya merasa sangat bahagia kalau melihat gadis Malaysia yang cantik sedang merajut.  Biasanya saya yang akan mengantar pesanan padanya.

“Mbak, ini baladonya. Dadanya, terasa pedas, terasa panas.” Gadis itu pun memelototkan matanya, dan saya katakan, “I love you too.”

Saya pernah benar-benar dilaporin ke bos. Saya dipanggil. Saya pikir mau dimarahin. Ternyata dia malah menasihati, “Kalau kamu mau nggodain cewek, harus dengan cara yang halus. Biar besoknya dia mau kamu goda lagi.”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *