Beranda Blogging Keuntungan Backlink Dalam SEO

Keuntungan Backlink Dalam SEO [Pengertian Lengkap Soal Backlink]

Keuntungan Backlink Dalam SEO [Pengertian Lengkap Soal Backlink]

Keuntungan Backlink Dalam SEO, “Backlink” adalah salah satu kata yang paling sering digunakan di dunia optimasi mesin pencari atau yang biasa disebut sebagai (SEO).

Banyak para blogger pemula yang kadang kesulitan untuk memahami apa itu “backlink“.

Dalam posting ini, saya akan berusaha membahas tentang apa itu backlink, mengapa “backlink” sangat penting untuk SEO, dan mengapa banyak para internet marketer yang membutuhkan backlink berkualitas untuk situs web mereka.

Tautan balik adalah tautan yang masuk ke halaman website.

Ketika sebuah halaman web menautkan ke halaman lain, itulah yang disebut backlink.

Dulu, backlink adalah metrik utama untuk meningkatkan halaman situs web. Halaman dengan banyak backlink akan mendapatkan peringkat lebih tinggi di halaman mesin pencari, termasuk Google. Sampai saat ini, masih banyak sebagian blogger yang mempercayainya.

Pengertian Umum Terkait Backlink

  • Juice Link: Ketika sebuah halaman web/ blog menautkan ke salah satu artikel Anda atau situs web  Anda, ini bisa dikatakan “jus link”. Jus link ini akan membantu meningkatkan peringkat artikel dan bisa juga meningkatkan otoritas domain.
  • Nofollow Link: Ketika sebuah situs web link ke website lain, tetapi link memiliki tag nofollow, link ini tidak dianggap sebagai link juice. link nofollow tidak berguna mengenai peringkat halaman, karena mereka tidak memberikan kontribusi apa-apa. Secara umum, webmaster menggunakan tag nofollow saat ia menghubungkan ke situs yang tidak relevan.
  • Dofollow link: Secara default, semua link yang Anda tambahkan dalam sebuah postingan blog adalah link dofollow atau link mengikuti, dan ini lulus link juice.
  • Linking Root Domain: Link ini mengacu pada jumlah backlink yang menuju ke website Anda dari nama domain utama yang unik. Bahkan jika sebuah situs web telah dikaitkan dengan website Anda sepuluh kali, itu akan dianggap sebagai link dari satu root domain.
  • Low-Quality Link: link berkualitas rendah adalah link yang berasal dari situs rendah, situs otomatis, situs spam atau bahkan situs-situs porno. link tersebut bisa membahayakan situs Anda di mesin pencari. Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda harus berhati-hati saat membeli backlink.
  • Internal Link: Link yang mengarah dari satu halaman ke halaman lain dalam domain yang sama, ini disebut seagai link internal, proses itu sendiri disebut linking sebagai internal. Seperti Anda menghubungkan artikel Anda satu dengan artikel lainnya yang relevan.
  • Anchor Text: Teks yang digunakan untuk hyperlink disebut anchor text. Backlink dengan Anchor text bekerja besar ketika Anda mencoba mengoptimasi untuk hasil pencarian lebih baik dengan kata kunci tertentu.

Di atas hanyalah beberapa pengertian umum mengenai “backlink.” Anda juga harus tahu apa saja keuntungan menggunakan backlink.

Keuntungan Menggunakan Backlink Untuk SEO:

Sebelum membahas keuntungan menggunakan backlink dan keuntungan backlink dalam SEO, Anda perlu tahu bahwa backlink telah berubah beberapa tahun yang lalu.

Dulu, bisa saja menautkan link situs yang mempunyai otoritas rendah justru akan menjadikan website Anda bisa menempati peringkat halaman teratas Google. Namun sejak Google meluncurkan algoritma Penguin-nya, seluruh lanskap backlinking telah berubah.

Untuk itu, sebagai blogger yang cerdas, penting sekali untuk memiliki backlink dari situs yang berkualitas, dan, tentu saja backlink tersebut harus relevan dengan situs Anda.

Misalnya, Anda memiliki situs web yang ber-niche “tutorial”, dan Anda membuat tautan dari situs niche lain tentang “travel”, tautan ini tidak akan berguna karena situs web yang anda pasang backlink tidak relevan dengan situs yang Anda miliki.

Lantas Mengapa Backlink Sangat Penting Untuk Situs Web atau Blog?

1. Meningkatkan Peringkat Organik

Backlink akan membantu mendongkrak peringkat organik situs web anda di mesin pencari.

Dulu, saya tidak begitu mempercayai hal semacam ini, setelah membuktikannya sendiri akhirnya saya percaya “kalau backlink itu penting” terutama untuk Anda yang baru saja merintis situs online marketing.

Website baru akan lama mendapatkan otoritas tinggi dari Google. Jalan satu-satunya jika ingin mempercepat adalah membeli backlink dari situs web yang berotoritas tinggi.

Ambil topik pilihan anda, kemudian tautkan link blog Anda tersebut di situs yang relevan dengan konten Anda. Yang jelas, mempunyai otoritas tinggi.

2. Mempercepat Pengindeksan

Bot mesin pencari akan menemukan halaman web baru dengan cara mengikuti backlink dari halaman web yang telah anda pasangi backlink. Tentu saja hal ini bisa mempercepat bot mesin pencari untuk merayapi situs Anda.

Nah, untuk Anda yang baru membuat web atau blog, ini sangat penting untuk mempercepat pengindeksan situs web Anda di mesin pencari.

3. Sebagai Link Rujukan

Salah satu manfaat utama backlink adalah membantu mendapatkan lalu lintas rujukan dari artikel satu ke artikel yang lain.

Pada dasarnya, seseorang yang membaca posting Anda dapat mengklik tautan dalam posting untuk mengetahui info lebih lanjut tentang topik yang Anda bahas.

Sebagai contohnya di sini saya akan menaruh link rujukan yang mengarah ke artikel lainnya. 12+ Kunci Sukses Membuat Blog dengan Strategi Ampuh!.

Nah, saya rasa anda sudah sedikit paham tentang “backlink”, dan mengapa backlink sangat berkaitan dengan SEO.

Setelah anda paham, langkah selanjutnya adalah mencari cara untuk mendapatkan backlink, terutama untuk backlink yang berkualitas.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Tinggi

Memahami Keuntungan Backlink Dalam SEO

Satu kata yang harus Anda ingat terkait “backlink” yaitu bukan soal banyaknya backlink yang mengarah ke situs Anda. Tetapi, kualitas dari backlink itu sendiri.

Hanya ada dua opsi yang bisa saya sarankan untuk “menanam backlink di situs lain”

  • Backlik Berbayar
  • Berusaha dengan cara Anda sendiri

Jika Anda takut untuk membeli backlink karena akan ditendang oleh algoritma Google Penguin, maka anda harus berusaha dengan cara Anda sendiri.

Bagaimana caranya?

Enter a focus keyphrase to calculate the SEO score

Berikut ini caranya:

1. Buat Artikel Keren Yang Memikat Hati Pembaca

Jika Anda ingin mendapatkan tautan balik dari situs orang lain, maka cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah membuat artikel keren, artikel yang memang benar-benar bisa memukau hati blogger lainnya.

Hal ini bertujuan agar para blogger yang lain memberikan tautan rujukan yang mengarah ke situs Anda dengan senang hati.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan backlink ikhlas seperti ini.

  • Membuat artikel yang bermanfaat dan bisa membantu permasalahan blogger lainnya.
  • Buatlah artikel yang mudah dibaca. Menulis dengan kalimat pendek dan sederhana, tapi tetap enak saat dibaca.
  • Memiliki sudut pandang yang unik dari pembahasan yang Anda kaji.
  • Membangun otoritas dalam artikel. Dengan begitu, pembaca akan percaya bahwa Anda adalah blogger profeional, blogger panutan yang memang harus dijadikan rujukan terkait ngeblog.

Ketika poin-poin di atas sudah terpenuhi, tugas Anda selanjutnya adalah mengoptimalkan setiap konten luar biasa Anda dengan cara tidak mengabaikan SEO di dalamnya.

Anda bisa membaca tiga artikel penting di bawah ini untuk memaksimalkan setiap postingan Anda.

2. Menjadi Penulis di Sosial Blog

Jangan malas untuk yang satu ini, jika Anda ingin membuat bog Anda besar, maka jangan ada kata “malas” dalam diri.

Anda bisa menjadi penulis di sosial blog yang berotoritas tinggi. Di sana, Anda bisa menanam backlink yang mengarah ke situs Anda. Pastinya, sesuai denegan topik yang Anda bahas.

Anda bisa memanfaatkan sosial blog otoritas seperti:

  • Kompasiana
  • Kumparan
  • Hipwee
  • Dll

Mereka akan senang karena mendapatkan artikel gratis, sedangkan Anda mendapatkan backlink yang berkualitas. Minimal, satu artikel ada dua backlink yang mengarah ke artikel Anda.

Dengan begitu, blog Anda akan berkembang cepat dan mampu bersaing dengan blog-blog papan atas nantinya.

Satu hal yang perlu diingat, “kesuksesan sebuah blog tidak akan lepas dari cara kerja pilotnya.” Bagaimana Anda menahkodai blog Anda.

Nah, itulah pemahaman saya mengenai keuntungan backlink dalam SEO. Sebagai seorang blogger yang ingin blognya berkembang, tentu saja saya harus berusaha untuk membuatnya besar. Salah satu cara yang bisa saya lakukan adalah dengan cara menerapkan ilmu SEO, memperitungkan keluar masuknya backlink, dan kualitas konten yang saya buat.

Sekian semoga bermanfaat.

Tulis Komentar