7 Keuntungan Menjadi Freelance Writer

by Fathnan Id Mei 25, 2022
keuntungan menjadi freelance

Apa keuntungan menjadi freelance writer? Menulis bagi sebagian orang memang sangat membosankan dan tidak menghasilkan. Tetapi, pernyataan ini tentu terbantahkan dengan kondisi saat ini, banyak diantaranya yang sukses menggeluti bidang penulisan dan menghasilkan banyak cuan.

Bagi Anda yang hobi menulis, baik itu cerita fiksi, novel, atau jenis tulisan yang lain, menjadi freelance writer bisa jadi pekerjaan yang menguntungakan.  

Selain meniti karir sebagai seorang penulis profesional, profesi ini akan menawarkan banyak manfaat bagi Anda.

Apa Keuntungan Menjadi Freelance Writer?

Sebagian orang memilih menjadi penulis lepas atau freelance writer. Mengapa tidak menjadi penulis tetap untuk sebuah perusahaan atau sejenisya? Tentu hal ini bukan tanpa alasan, meskipun sama-sama menjadi seorang penulis, ini alasan mengapa mereka lebih memilih menjadi freelance writer.

1. Menambah Penghasilan

Keuntungan pertama ini sebenarnya tidak perlu dikatakan lagi, karena sudah jelas jika seorang penulis ingin mendapatkan penghasilan.

Meskipun seringkali ini bukan menjadi sumber penghasilan yang utama, tetapi menulis tetap menambah pundi-pundi rupiah Anda.

Apalagi saat ini banyak sekali media online yang menawarkan bayaran tinggi untuk sebuah tulisan, tentu bukan tidak mungkin jika menulis dapat menjadi penghasilan utamanya.

2. Pekerjaan Sampingan

Keuntungan menjadi freelance writer selanjutnya adalah bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Sementara banyak pekerjaan sampingan yang mengharuskan Anda mengeluarkan tenaga yang ekstra, tetapi menulis tidak membutuhkannya.

Anda masih bisa tetap bekerja di sebuah perusahaan, kantor, atau lainnya sementara menjalankan profesi sebagai freelance writer.

Ini menarik bagi sebagian orang yang hobi menulis, mereka masih tetap melakukan hal kesukaannya tanpa mengganggu pekerjaan utamanya.

Baca Juga: Menulis Hanya Butuh Kemauan, Kemudian Lakukan

3. Kebutuhan Tulisan Semakin Meningkat

Semakin hari, kebutuhan artikel semakin meningkat. Apalagi untuk kepentingan konten marketing, ini bisa Anda lihat dari banyaknya bisnis yang berlomba-lomba untuk menawarkan artikel terbaik mereka kepada audiens.

Disisi lain, mereka tidak punya waktu yang cukup untuk menuliskan konten sendiri, dan pasti membutuhkan penulis freelace untuk melakukannya.

Biasanya, ini sering dibutuhkan untuk kepentingan artikel website. Setiap perusahaan sekarang hampir seluruhnya go online dan membutuhkan website sebagai sarana pemasarannya, alasan inilah yang membuat kebutuhan artikel semakin meningkat.

4. Pekerjaan yang Sangat Variatif

Jika Anda adalah tipe orang yang tidak suka melakukan hal yang sama setiap hari, menjadi penulis lepas tentu menjadi pilihan terbaiknya.

Sementara banyak orang yang mungkin melihat pekerjaan menulis itu membosankan, justru ini sebaliknya. Menjadi penulis lepas termasuk jenis pekerjaan yang sangat variatif.

Mengapa demikian? Karena setiap hari Anda bisa menuliskan topik apapun sesuai dengan keinginan klien. Misalkan saja sekarang Anda menulis dengan topik kesehatan, besok Anda bisa saja menuliskan topik life style yang mungkin menjadi salah satu kesukaan Anda.

Ini tentu membuat Anda tidak merasa bosan, dan justru akan membuat Anda tertantang untuk mempelajari sebuah hal yang baru.

5. Work From Anywhere/ Bekerja Di Mana Saja

Satu-satunya alat yang Anda butuhkan untuk menulis adalah sebuah komputer atau laptop, setelah itu mungkin Anda memerlukan internet untuk mengirim tulisan kepada klien.

Menariknya, ini semua bisa dilakukan di mana saja. Artinya, ketika Anda menjadi seorang freelance writer, Anda bisa bekerja di mana saja yang Anda mau.  

Anda bisa menulis di kafe, rumah, tepi pantai, pegunungan, atau tempat lain yang mungkin Anda sukai.

6. Waktu yang Fleksibel

Sepuluh menit di sini, lima menit di sana – kapan dan berapa lama Anda mengerjakan pekerjaan menulis terserah Anda. Ini bagus untuk seseorang yang memiliki jadwal sibuk atau ada pekerjaan lain.

Waktu yang dibutuhkan untuk menulis sangatlah fleksibel, tergantung bagaimana Anda memanajemen waktu yang Anda miliki.

Namun, tetap saja harus sesuai dengan jadwal kapan tulisan itu harus terselesaikan. Fleksibilitas freelance writer mungkin bisa menjadi pilihan Anda yang tidak suka dikekang oleh waktu.

7. Belajar Sambil Bekerja – Bekerja Sambil Belajar

Keuntungan menjadi freelance writer lainnya adalah sesuatu hal yang bermanfaat. Anda bisa bekerja sambil belajar atau belajar sambil bekerja, ini sama saja, karena menulis membutuhkan pengetahuan yang luas.

Contoh sederhananya adalah ketika Anda ingin menuliskan tentang topik tentang bisnis, tentu saja Anda tidak bisa sembarangan menulis, dan harus mempelajari terlebih dulu topik yang akan Anda bahas.

Ini mungkin sebuah tuntutan, tetapi sangat menguntungkan bagi seorang penulis. Semakin sering Anda menulis maka semakin banyak pula pengetahuan yang Anda dapatkan.

Cari Freelance Writer Profesional? Kangmabrur Saja!

Seiring kebutuhan konten marketing yang meningkat, maka banyak penyedia jasa penulis artikel yang hadir untuk membantu menciptakan konten artikel.

Apalagi untuk kepentingan SEO website, artikel memiliki peran penting sebagai pendongkrak peringkat di halaman mesin pencari.

Nah, jika Anda memiliki sebuah website dan tidak memiliki waktu untuk menulis, Anda bisa menggunakan jasa Kangmabrur.

Kangmabrur merupakan penyedia jasa penulis artikel SEO yang akan membantu Anda untuk menuliskan setiap kebutuhan konten marketing Anda.

Terdiri dari freelance writer berpengalaman di bidang penulisan semakin membuat artikel yang dituliskan enak dibaca, orisinal, dan pastinya mendongkrak SEO website Anda.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan jasanya, Anda bisa langsung mengunjungi website kangmabrur.com untuk informasi lebih lengkapnya.

Sekian dulu informasi tentang keuntungan menjadi freelance writer yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

error: