Beranda Komputer Cara Mengatasi Laptop Yang Sering Restart Sendiri

Cara Mengatasi Laptop Yang Sering Restart Sendiri

Cara Mengatasi Laptop Yang Sering Restart Sendiri

Cara Mengatasi Laptop Yang Sering Restart Sendiri | Pernahkah kalian mengalami masalah saat sedang asik main laptop kemudian laptop kitaa restart sendiri?.

Laptop bisa restart sendiri secara tiba-tiba karena beberapamasalah yang terjadi pada software dan hardware.

Masalah yang terkait dengan perangkat software tidak berbeda jauh antara laptop dengan desktop, keduanya biasanya dapat diselesaikan dengan memperbarui, memulihkan atau menghapus program yang bermasalah.

Namun, laptop berbeda dengan desktop yang jika ada masalah terkait hardware bisa dengan cepat memperbaikinya. Karena komponen hardware terlihat sangat jelas kalau di desktop.

Bagaimana dengan laptop?

Mengapa laptop saya sering restart sendiri?

Berikut adalah penyebab mengapa laptop sering restart sendiri.

1. Terjadi masalah pada perangkat keras

Ini yang sering terjadi dan saya pun pernah mengalaminya, mengapa laptop sering restart sendiri saat kita pakai?.

Ada dua penyebab menurut pengalaman saya.

  • Masalah pada RAM laptop
  • USB pada laptop

Pertama, masalah pada RAM

Biasanya laptop sering restart sendiri karena adanya penambahan RAM pada laptop. Dua stik RAM berbeda yang dipasang di laptop yang sama dapat menyebabkan masalah penggunaan memori dan ini dapat memicu boot ulang.

Kedua, masalah pada USB

Ini juga sering terjadi saat laptop restart sendiri, misalnya kalian menancapkan dua kabel USB yang saling tersambung ke perangkat lain pada laptop.

Ini juga bisa memicu terjadinya boot ulang pada laptop.

Baca Juga:  Cara Memilih Casing PC Gaming yang Kuat

2. Debu yang terlalu mengganggu kipas pendingin

Laptop tidak seperti desktop yang bisa begitu leluasa mengambil udara dari manapun. Tetapi, laptop bisa membawa debu masuk kedalam kipas pendingin.

Coba saja kalian buktikan dengan membongkar laptop kemudian bersihkan kipas pendingin. Ini juga sering terjadi karena kipas pendingin pada prosesor komputer yang tidak stabil.

Saya sendiri sangat rutin untuk membersihkan hardware laptop, fungsinya untuk menghilangkan debu-debu yang mengganggu kinerja hardware laptop.

3. Kesalahan pada sistem saat instal software

Kesalahan instal software dapat memicu terjadinya kerusakan pada sistem komputer, saya sarankan hati-hati jika ingin menginstal software, meskipun windows 10 sudah mempunyai anti virus handal. Ada baiknya kalian tetap hati-hati.

Saya pernah menginstal software untuk flashing semartphon. Ternyata ada kesalahan sistem yang tidak saya duga, dan kemudian yang terjadi laptop restart sendiri setelah menyala lima menit.

Solusinya gampang!!.

Reset laptop kembali ke pengaturan awal. Dan hapus semua aplikasi yang ada.

4. Program pemicu restart

Biasanya program pemicu restart ini terjadi karena setelah kalian menginstall aplikasi seperti anti virus malware. Beberapa program ini akan memaksa boot ulang setelah kalian menginstal atau unistall aplikasi tersebut.

Saran saya, jangan memasang anti virus apapun selagi tidak di butuhkan. Saya rasa, bawaan windows 10 sudah cukup canggih.

sekian info tentang Cara Mengatasi Laptop Yang Sering Restart Sendiri. Semoga bermanfaat.

Tulis Komentar