Home Pendidikan Makalah Aspek-Aspek Pendidikan Islam Oleh Shofiatus sholihah

Makalah Aspek-Aspek Pendidikan Islam Oleh Shofiatus sholihah

Makalah Aspek-Aspek Pendidikan Islam-min

Pendidik dalam arti luas merupakan segala sesuatu yang menyangkut proses perkembangan dan pengembangan manusia, yaitu upaya menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai bagi anak didik. Tugas guru ialah mendidik. Mendidik ialah tugas yang amat luas.

Mendidik itu sebagian dilakukan dalam bentuk mengajar, sebagian dalam bentuk memberikan dorongan, memuji, menghukum, memberi contoh, membiasakan, dan lain-lain. sedangkan pengertian guru agama islam adalah orang yang melaksanakan bimbingan terhadap peserta didik secara islami, dalam suatu situasi pendidikan islam untuk mencapai tujuan yang diharapkan sesuai dengan ajaran islam. peserta didik dalam pendidikan islam ialah setiap manusia yang dalam sepanjang hayatnya selalu berada dalam perkembangan.

Untuk mencapai keberhasilan pendidikan diperlukan kerja sama antara pendidik dan peserta didik. Adapun beberapa tujuan pendidikan islam ialah: tujuan pendidikan jasmani, tujuan pendidikan rohani, tujuan pendidikan akal, dan tujuan pendidikan sosial. Alat pendidikan sebagai perlengkapan, sebagai pembantu mempermudah usaha mencapai tujuan pendidikan.

Pendidikan dalam Islam memperoleh tempat dan posisi yang sangat tinggi, karena melalui pendidikan orang daat memperoleh ilmu, dan dengan ilmu orang dapat mengenal tuhan-Nya, mencapai ma’rifatullah, peribadatan seseorang juga akan hampa jika tidak dibarengi dengan ilmu.

Demikian juga tinggi rendahnya seseorang, disamping iman, juga sangat ditentukan oleh kualitas keilmuan(kearifan) seseorang. Karena ilmu sangat menentukan, maka pendidikan sebuah proses perolehan ilmu menjadi sangat penting.

Pendidikan islam dipahami sebagai proses transformasi dan internalisasi nilai-nilai ajaran islam terhadap peserta didik, melalui proses pengembangan fitrah agar memperoleh keseimbangan hidup dalam semua aspeknya.

Oleh karena itu, pendidikan sangat penting dilakukan secara terus menerus oleh manusia sampai akhir hayatnya.

Oleh karena itu pendidikan Islam itu sangat penting dalam pribadi seseorang sehingga peranan keluarga dan sekolah itu sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan supaya dapat memajukan proses perkembangan potensi untuk masa depan anak didik yang lebih baik.

Download Makalahnya, Link dibawah ini:

Download

Pasword: fathnan.id

Tulis Komentar