Makalah Pentingnya Pendidikan Islam Dalam Peranan Keluarga dan Sekolah

  • Whatsapp
Pendidikan Islam

Istilah “pendidikan” dalam konteks Islam lebih banyak dikenal denagn istilah “at-tarbiyah, at-talim, at-ta’dib, dan ar-riyadloh”. Setiap istilah tersebut mempunyai makna yang berbeda, karena perbedaan teks dan kontrks kalimatnya, walaupun dalam hal-hal tertentu, istilah-istilah tersebut mempunyai kesamaan makna.

Mushtafa al-Gholayani berpendapat bahwa at-tarbiyah adalah penanaman etika yang mulia pada jiwa anak yang sedang tumbuh dengan cara memberi petunjuk dan nasihat, sehingga ia memilik potensi-potensi dan kompentasi jiwa yang mantap, yang dapat menumbuhkan sfat-sifat bijak, baik cinta akan kreasi dan berguna bagi tanah airnya.

Apabila pendidikan kontekss islam diidentikkan dengan istialh at-ta’lim, Abdul Fatah Jalal memberi peringatan at-ta’lim dengan proses pembentukan pengetahuan, pemahaman, pengertian, tanggung jawab dan penanaman amanah, sehingga terjadi ta’kiyah (penyucian) atau pembersiahan diiri manusia dari segala kotoran dan menjadikan diri manusia itu berada dalam satu kondisi yang memungkinkan unyuk menerima al-hikmah serta mempelajari segala apa yang bermanfaat dan yang tidak diketahuinya.

Adapun pengertian at-ta’dib adalah pengenalan dan pengakuan yang secara berangsur-angsur ditanamkan kepada manusia tentang tempat-tempat yag tepat dari segala sesuatu didalam tatanan penciptaan sedemikian rupa, sehingga membimbing kearah pengenalan dan pengakuan kekuasaan dan keagungan Tuhan didalam tatnan  wujud dan keberadaanya.

Sebaliknya, istilah ar-riyadhoh hanya khusus dipakai oleh imam Ghozali, dengan istilahnya “riyadhotusshibyan”  artinay pelatihan terhadap pribasi individu pada fase kanak-kanak.

Dari beberapa pengertian at-tarbiyah, at-ta’lim, at-ta’dib dan ar-riyadhoh diatas, para ahli pendidikan islam mencoba memformulasikan hakekat pendidikan islam sebagi berikut:

Muhammad SA Ibrihimy (Banglaesh) menyatakan bahwa pendidikan islam adalah: “ pendidikan islam dalam arti yang sebenarnya adalah suatu sistem pendidikan yang memungkinkan seseorang dapat mengarahkan kehidupannya sesuai dengan cita-cita Islam, seingga dengan mudah membentuk hidupnya sesuai dengan ajaran islam”.

Omar Muhammad at-Ttoumi al-Syaibani mendefinisikan pendidikan islam dengan: “ proses mengubah tingkah laku individu pada kehidupan pribadi, masyarakat, dan lam sekitarnya dengan cara pengajaran sebagai suat aktifitas asasi dan sebagai profesi diantara profesi-profesi asasi dalam masyarakat.

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa penidikan islam adalah proses transformasi dan internalisasi imu pengetahuan dan nilai-nilai pada diri anak didik melalui pertumbuhan dan pengembangan potensi fitrahnya guna mencapai keselaran dan kesempurnaan hidup dalam segal aspeknya.

Silahkan Download Makalahnya di:

Download

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *