Manfaat Internet Yang Harus Kamu Tahu

Manfaat Internet

Anda tentu sudah familiar dengan internet dan manfaat internet, bukan? Kata “inter” dalam kata internet berasal dari bahasa latin yang artinya adalah antara.

Internet maupun biasa disebut interconnected network merupakan suatu sistem jaringan komputer yang terhubung melalui paket protokol internet (TCP/IP) yang saling terhubung secara mendunia.

Pengertian TCP, IP, dan Internet

TCP/IP adalah standar protokol internet yang dibentuk pada tahun 1980. TCP berfungsi untuk membuat semua jaringan bekerja dengan baik, dan IP sendiri berfungsi untuk mentransmisikan paket data antar komputer.

Jaringan-jaringan ini meliputi jaringan publik, privat, bisnis pemerintahan, hingga akademik, yang nantinya akan dihubungkan melalui jaringan optik, perangkat elektronik, dan nirkabel.

Sejarah Singkat Internet

Internet sendiri berawal dari ide untuk membangun suatu sistem komunikasi yang kuat dan dapat mentoleransi kesalahan dalam jaringan komputer.

Penelitian ini dimulai pada tahun 1960-an oleh pemerintah federal Amerika Serikat.

Akhirnya proyek ini diberi nama dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang kemudian melakukan riset tentang menghubungkan satu komputer ke komputer lain agar saling terhubung, dan memungkinkan terjadinya komunikasi antar perangkat tersebut.

Pada awal tahun 1990-an internet mulai masuk ke Indonesia, saat itu jaringan internet di Indonesia dikenal dengan nama paguyuban network, di mana pada saat itu suasana kerjasama, serta kekeluargaannya sangat erat di antara para pelakunya.

Berdasarkan catatan who is ARIN dan APNIC, protokol internet (IP) pertama di Indonesia didaftarkan pada tahun 1988 oleh Universitas Indonesia.

Pada tahun 1994, ISP komersial pertama Indonesia yang diberi nama IndoNet mulai beroperasi.

Mode teks dengan shell account, browser lynx, email client pine serta chatting conference pada server AIX adalah akses awal dari IndoNet.

Pada tahun 1995, IndoNet diberikan izin untuk ISP oleh Departemen Pos Telekomunikasi. Perkembangan internet di Indonesia mulai berkembang pesat dari tahun 1995 hingga sekarang.

Baca juga : Beli hosting murah yang sudah gratis domain

Fasilitas Internet

Sekarang ini Anda bisa menikmati ada banyak sekali manfaat internet maupun fasilitas-fasilitasnya berkat banyak layanan yang ditawarkan. Beberapa fasilitas-fasilitas yang dapat ditawarkan melalui internet:

1). E-mail

E-mail adalah singkatan dari electronic mail digunakan untuk mengirimkan surat atau pesan elektronik melalui perangkat elektronik.

Selain penggunaannya yang lebih praktis, e-mail juga lebih efisien dibandingkan dengan mengirimkan surat.

E-mail dapat menghemat waktu, dikarenakan pesan akan langsung sampai ke penerima email secara langsung setelah sang pengirim menekan tombol kirim.

Email juga mempermudah pengirim untuk berkirim pesan ke beberapa pengguna sekaligus.

Ditambah lagi tidak adanya biaya yang dikenakan untuk pengirim atau penerima e-mail membuat pengiriman dokumen melalui e-mail lebih disukai dibandingkan mengirimkan surat.

Oleh sebab itu, pengiriman pesan, gambar, atau dokumen penting melalui e-mail dianggap lebih aman, cepat, dan mudah.

2). File Transfer Protocol (FTP)

FTP adalah layanan transfer file, video, atau gambar melalui internet. Transfer file, video, atau gambar dilakukan dengan cara memindahkan file, video, atau gambar dari perangkat elektronik untuk selanjutnya dipindahkan ke server.

Proses tersebut biasa dikenal dengan istilah upload.

Setelah file tersebut di upload di internet, pengguna internet juga dapat dengan mudah melakukan transfer file, video, atau gambar dari server ke perangkat elektronik mereka. Peristiwa tersebut biasa dikenal dengan istilah download.

3). Telecommunication Network (Telnet)

Telnet adalah salah satu protokol client-server yang memungkinkan komputer bisa diakses dari jarak jauh.

Akses akan diberikan oleh Telnet ke komputer untuk bisa mengakses semua layanan di internet secara langsung.

4). Gopher

Gopher adalah software yang dibentuk untuk pencarian, pengambilan gambar, serta distribusi dokumen melalui internet.

Agar bisa berfungsi, Gopher menggunakan Telnet pada jenis koneksi tertentu, dan FTP dalam proses pertukaran file.

Gopher memungkinkan pengguna internet untuk bisa mengakses berbagai macam halaman yang tersedia di internet.

Aplikasi ini memudahkan para pengguna internet, karena dengan menggunakan Gopher para pengguna internet tidak perlu mengetahui secara detail halaman yang akan mereka kunjungi.

Gopher biasanya bekerja dengan cara mencari data atau dokumen berdasarkan text.

Namun, seiring berkembangnya zaman, Gopher sudah mulai ditinggalkan karena kerumitannya. Protokol Gopher biasanya dapat ditemukan pada router atau modem.

World Wide Web (WWW) : World Wide Web (WWW) adalah dokumen-dokumen multimedia yang saling terhubung dengan menggunakan link hypertext.

WWW berguna sebagai penyedia data dan informasi di dalam internet yang dapat digunakan oleh semua pengguna internet.

Akses informasi, seperti teks, gambar, suara, dan video dapat diakses oleh pengguna melalui web.

Baca juga : Cara membuat website dengan mudah dan cepat

Di zaman modern ini, internet erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, akan sulit rasanya untuk lepas dari internet dalam keseharian kita.

Internet memberikan kita banyak kemudahan.

5 Manfaat Internet Yang Wajib Anda Tahu

  • Internet membuat kita bisa menjalin komunikasi, dan bertemu dengan orang jauh secara mudah, cepat, dan murah.

Kita lihat saja, sekarang banyak aplikasi-aplikasi yang ditawarkan di internet bagi pengguna smartphone untuk berkomunikasi baik secara tidak langsung yang lebih sering dikenal dengan chatting.

Sedangkan komunikasi secara langsung lebih dikenal dengan video call atau video chatting.

  • Internet memudahkan kita untuk mencari ataupun bertukar data dan informasi. Internet sekarang merupakan perpustakaan terbesar yang ada di dunia.

Segala informasi, dan data dapat dengan mudah ditemukan di internet. Beberapa data ataupun informasi yang ada di internet bisa didapat secara cuma-cuma.

  • Internet merupakan tempat yang baik untuk berbisnis. Beberapa aplikasi yang memudahkan kita untuk dapat berbelanja dan bertransaksi secara online melalui internet banyak kita jumpai.

Dengan adanya internet, iklan dan transaksi bisnis bisa dilakukan dengan lebih cepat, dan mudah.

Transaksi bisa dilakukan hanya dari rumah, dan dalam hitungan menit saja. Namun perlu diingat agar seluruh transaksi bisnis dapat dilakukan dengan aman, dan tidak merugikan pihak-pihak tertentu.

  • Internet merupakan tempat untuk mencari ilmu, dan memudahkan pendidikan. Selain universitas-universitas yang memanfaatkan internet untuk menjadi sarana pembelajaran jarak jauh mereka, dalam masa pandemi seperti sekarang ini banyak juga sekolah-sekolah yang menggunakan fasilitas internet untuk melakukan proses pembelajaran secara jarak jauh.

Proses pembelajaran secara online dapat memudahkan pengajar, dan siswa dalam masa pandemi ini.

Belum lagi, banyaknya halaman atau situs yang disediakan di internet yang dapat digunakan untuk membantu para pengajar dan siswa untuk memperoleh ilmu yang biasanya lebih up to date, dan akurat.

Dengan adanya internet yang digunakan sebagai pembantu proses pembelajaran, internet memudahkan para pengajar, dan siswa untuk tetap bertemu pada masa social distancing seperti sekarang ini. Tidak lagi perlu melakukan komunikasi terkait pembelajaran secara tatap muka.

  • Internet merupakan sarana hiburan dengan biaya yang lebih hemat, dan waktu yang lebih singkat bagi para penggunanya. Banyak sekali game online yang ditawarkan di internet.

Tidak hanya menghemat waktu, hal-hal tersebut juga bisa menghibur dalam rutinitas keseharian kita yang padat, dan tidak memungkinkan kita untuk pergi ke suatu tempat. Namun, perlu diingat untuk tidak kecanduan game online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here