Manfaat Google Webmaster Untuk Website

by Fathnan Id Februari 04, 2022
manfaat webmaster

Sebagai perusahaan terbesar sekaligus raja search egine, Google tak pernah berhenti berinovasi untuk memberikan berbagai macam produk yang berguna untuk semua orang. Salah satu produk yang paling populer saat ini adalah Google Search Console.

Tahukah Anda? dari seluruh produk yang Google miliki, tidak bisa dipungkiri lagi kalau Google Search Engine adalah yang paling terkenal hingga saat ini.

Dalam setiap harinya, ratusan juta orang menggunakan Google serach egine untuk mencari berbagai macam informasi. Bisa dibayangkan. Rasanya sangat sulit untuk melihat Google Search Engine dikalahkan oleh perusahaan teknologi lainnya.

Di dalam mesin pencari Google, pastinya ada banyak website yang tersedia, namun Google tidak hanya memikirkan pengguna internet secara sederhana saja, tetapi juga kepada si pemilik website. Oleh karena itu, mereka membuat
Google Webmaster..

Apa itu Google Search Console? apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari sana untuk para pemilik website?

Silahkan disimak

Pengertian Google Search Console (Google Webmaster)

Pada dasarnya, Google Webmaster adalah sebuah tool dari Google yang dibuat khusus untuk para pemilik website yang ingin tahu performa dari website yang mereka milki. Performa yang dilihat merupakan ranah organik.

Sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools, Google Webmaster membuat Anda bisa melihat kinerja website dalam perangkat mobile, melihat trafik dari website (bahkan bisa melihat halaman mana yang paling banyak trafiknya), hingga melihat website mana yang memberikan link ke halaman website Anda.

Dari sana, Anda akan melihat secara jelas bagaimana performa website dari segi konten hingga halaman mana yang paling menarik untuk dilhat oleh para pengunjung website.

Sudah  jelas, Google Webmaster memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk para pemiliki website. Apa saja manfaat yang bisa didapat dari Google Webmaster?

Berikut ini 4 Manfaat Google Webmaster

1. Melihat Pengunjung Website Secara Detail

Google Webmaster bisa digunakan untuk melihat para pengunjung website Anda secara detail.

Tidak hanya melihat angka pengunjung saja, tetapi juga melihat dari mana saja mereka berasal.

Bisa dilihat dari asal negara, hingga kota tempat mereka tinggal. Dari sana, Anda bisa melihat pasar mana yang lebih potensial untuk dikupas lebih dalam.

2. Bisa Melihat Halaman Paling Populer

Di dalam sebuah website, pasti banyak sekali halaman yang terdapat di dalamnya.

Dari halaman produk hingga blog yang berisi artikel menarik. Nah, Anda bisa melihat halaman mana saja yang paling banyak dikunjungi.

Bisa saja memunculkan strategi baru dari halaman yang paling populer, atau malah yang kurang populer.

3. Mencari Keyword Yang digunakan Orang

Website yang Anda miliki pasti terdapat kata kunci yang sudah identik dengan isi dari website atau jenis dari bisnis yang dijalankan.

Untungnya, dengan Google Webmaster, Anda bisa melihat barisan keyword yang digunakan orang untuk masuk ke dalam website Anda.

Dengan keyword yang ada, Anda jadi tahu keyword apa saja yang bisa lebih sering digunakan, khususnya di dalam praktik SEO agar posisi website lebih tinggi di mesin pencari Google. Jasa SEO masih mendewakan aplikasi Google yang super keren ini.

4. Melihat Masalah Keamanan di Website Anda

Keamanan website adalah sebuah hal penting yang harus tetap dijaga. Jika website Anda tidak aman, maka Google bisa membuat pengunjung tidak bisa masuk ke dalam website.

Namun tenang saja, Google Webmaster bisa mendeteksi masalah keamanan yang ada di dalam website, sekaligus memberikan peringatan kepada Anda.

Dengan peringatan itu, Anda jadi tahu bagian mana saja yang keamanannya harus diperkuat. Jika ada masalah, Google Webmaster juga akan memberitahukan kepada Anda. Dengan begitu, kita bisa memperbaikinya dengan mudah.

Sekian tentang Google Webmaster beserta manfaat positif yang bisa digunakan untuk meningkatkan keberadaan website kita, juga kelangsungan website bisnis milik Anda. Sebaiknya, optimalkan Google SWebmaster mulai sekarang juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: