Beranda Informasi Menarik 6 Mata Kuliah Wajib di Fakultas Dakwah jurusan KPI

6 Mata Kuliah Wajib di Fakultas Dakwah jurusan KPI

6 Mata Kuliah Wajib di Fakultas Dakwah jurusan KPI
@kpi_tabah_official

Selain bidang pendidikan dan bidang yang lain, kuliah di bidang komunikasi khususnya jurusan KPI (komunikasi penyiaran islam) dari dahulu hingga saat ini masih banyak diminati oleh masyarakat.

Pasalnya, peluang kerja bidang Komunikasi seperti ini masih dibilang cukup banyak.

Terlebih lagi saat ini kita berada di era zaman yang super canggih sudah pasti akan membutuhkan orang yang pintar dalam hal Komunikasi.

Sebagai contohnya membutuhkan wartawan handal, penyiar radio top dan lain sebagainya.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya media yang telah berdiri, baik media cetak maupun media online.

Oleh karena itu, peluang di jurusan komunikasi penyiaran islam ini sangat banyak diminati oleh sebagian orang, khususnya untuk orang yang bertempat tinggal di perkotaan.

Mengenai jurusan KPI, mungkin dari sebagian kalangan akan bertanya-tanya, bagi yang belum paham.

Apa sih jurusan KPI Itu?, apa sih jurusan komunikasi penyiaran islam itu?. Terlebih lagi jika mereka yang berkeinginan masuk di jurusan yang satu ini.

Pasti mereka akan mencari tahu apa saja yang unik di jurusan KPI ini, dari sebagian kalangan mungkin mereka belum paham banget mengenai mata pelajara apa saja yang akan didapatkan nantinya jika sudah masuk di jurusan kpi.

Apakah sama dengan mata pelajaran yang telah disajikan di jurusan komunikasi lainya?

Jawabanya adalah iya, sama, meskipun dalam jurusan KPI Ini masih belum cukup tenar di beberapa telinga orang, maka anda harus tahu dulu mata pelajaran apa saja yang wajib di jurusan KPI ini.

Untuk Itu, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai mata pelajaran wajib di jurusan KPI.

Anda tidak usah ragu, karena penulis juga dari jurusan KPI Fakultas Dakwah di IAI TABAH Lamongan.

Berikut adalah 6 mata kuliah wajib jurusan KPI (komunikasi penyiaran isalam)

1. Ulumul Hadist

Mata kuliah ini menjadi mata kuliah wajib di jurusan KPI, dalam mata kuliah ulumul hadist, kita akan banyak belajar mengenai hadist-hadist yang telah diriwayatkan oleh pendahulu kita, mungkin akan terdengar sedikit aneh.

Apa hubunganya komunikasi dengan hadist?. Jika anda berfikir seperti itu anda salah, sebagai fakultas dakwah KPI tidak hanya menjejelkan mata pelajaran komunikasi saja, ada banyak mata pelajaran yang lain yang pastinya akan sangat bermanfaat dalam hal komunikasi dan berdakwah.

Mata kuliah ulumul hadist biasanya diberikan di awal-awal semester, sebelum menerima mata kuliah yang lainya.

2. Ulumul Qur’an

Mata kuliah ini juga sangat wajib bagi jurusan KPI, bagaimana mau jadi pendakwah yang hebat? jika Isi dan makna dari Al-Qur’an saja tidak tahu.

Maka dari itu mata kuliah ulumul hadist juga masuk daftar mata kuliah wajib untuk fakultas dakwah (KPI).

Biasanya mata Kuliah ulumul hadist juga akan diberikan di awal semester sebelum menerima ilmu komunikasi lainya.

3. Psikologi Komunikasi

Di mata Kuliah ini kita akan diberikan ilmu mengenai psikologi komunikasi, dari ilmu ini kita akan mampu berkomunikasi dengan sempurna dari sebelumnya. Sebelum kita tahu dan diberikan Mata kuliah ini.

Apa sih psikologi komunikasi Itu? psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia.

Sedangkan komunikasi adalah pandangan yang menyetarakan komunikasi dengan suatu proses sebab dan akibat atau aksi dan reaksi yang arahnya bergantian.

Seseorang menyampaikan pesan, baik verbal atau nonverbal, seorang penerima bereaksi dengan memberi jawaban verbal atau nonverbal, kemudian orang pertama bereaksi lagi setelah menerima respon atau umpan balik dari orang kedua, dan begitu seterusnya, Itulah yang dinamakan komunikasi.

Mata kuliah ini juga masuk daftar mata kuliah wajib di jurusan KPI.

4. Desain Grafis

Untuk mata Kuliah wajib di jurusan KPI yang ke empat saya memberikan kepada desain grafis.

Pada mata kuliah ini kita akan diberikan ilmu mengenai cara desain visual apapun bentuknya.

Bgaimana, seru kan? makanya silahkan masuk jurusan KPI.

Tanpa anda sadari, dari Ilmu desain grafis ini nantinya kita bisa memanfaatkan Ilmu desain yang telah kita pelajari.

Siapa tahu besok ketika sudah lulus di jenjang S1 KPI kita bisa buat jasa desain logo profesional ala mahasiswa KPI.

Tidak hanya Logo saja, kita juga bisa membuat jasa desain vecktor lewat software canggih yakni corel, bukan hanya keren, pastinya pacar anda akan tambah cinta dengan skill yang telah anda kuasai.

Baca Juga: 6 Alasan Kuat Kenapa Mahasiswa Harus Ngeblog

5. Public Speaking

Nah, di urutan nomor lima, mata kuliah wajib bagi jurusan KPI adalah public speaking. Dari ilmu public speaking ini kita akan diberikan teknik dan jurus-jurus ampuh seperti kapak 212 ketika berpidato.

Public speaking adalah komunikasi lisan berupa pidato, ceramah, maupun presentasi, dan jenis berbicara di depan umum (orang banyak) di depan khalayak, dan lain sebagainya.

Public speaking juga diartikan sebagai pembicaraan publik yang maksudnya adalah berbicara di depan orang banyak.

Di luar sana, banyak sekali orang yang takut dengan public speaking dengan beragam alasan seperti berikut: merasa gugup, grogi, merasa tidak bisa, atau tidak biasa, takut salah ucap, takut “ngeblank”, dan lain sebagainya yang masuk dalam kategori “demam panggung”. Saya juga termasuk demam panggung, tapi sekarang tidak.

6. Fotografi

Fotografi juga masuk daftar mata kuliah wajib di jurusan KPI.

Kenapa mas?

Bagaimana mau jadi wartawan top kalau cara memegang kamera saja sudah salah?

Untuk itu, fotografi merupakan mata kuliah wajib di jurusan KPI.

Di mata kuliah ini nantinya kita akan digembleng dan dijejeli ilmu mengenai cara memegang kamera yang baik dan benar, cara mengambil agel foto yang bagus, dan lain sebagianya.

Bagaimana, seru kan?

Ilmu fotografi akan sangat bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi fotografer dan wartawan handal.

Itulah enam daftar mata kuliah wajib di jurusan KPI. Sebenarnya masih banyak lagi ilmu-ilmu yang bisa anda dapatkan di jurusan ini. Tapi, menurut saya enam daftar mata kuliah wajib di atas sudah cukup untuk bisa menjadi sebuah gambaran anda sebelum memastikan “saya memilih KPI atau yang lain”.

Semoga bermanfaat.

Tulis Komentar