Beranda Bisnis Online Cara Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis

Cara Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis

Cara Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis

Cara Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis – Jika anda ingin membangun situs web, salah satu pilihan terberat saat pertama kalinya adalah pemilihan nama domian. Bahkan anda harus memikirkannya berkali-kali untuk visi dari webiste yang ingin anda kembangkan. Kenapa? karena nama domain yang ideal bisa menentukan kesuksesan bisnis anda nantinya.

Memilih nama domain yang tepat juga sangat penting untuk membangun merek anda di pasaran. Salah satu cara terbaik untuk bisa menarik pelanggan anda adalah pemilihan nama domain yang relevan, yang sesuai dengan produk yang akan anda pasarkan.

Sepertinya anda juga sudah tahu, ada banyak sekali nama domain yang bisa anda pilih untuk membangun bisnis online anda.

Namun sebelumnya, ini sangat penting untuk anda pahami, apa peran doamin dalam sebuah bisnis?.

Bagaimana cara memanfaatkan domain untuk bisnis?

Jika anda belum tahu, saya akan berusaha mengulasnya disini. Silahkan dibaca sampai selesai.

Kalau baca itu jangan setengah-setengah.

Peran Domain Dalam Bisnis Menyangkut Tiga Hal Berikut

  • Membuat Kesan Pertama

URL/Domain adalah hal pertama yang akan dilihat calon pelanggan anda, percayalah!. Domain juga merupakan interaksi awal mereka dengan merek anda.

Nama domain yang unik dan gampang diingat akan selalu melekat di pikiran mereka. Sebaliknya, jika nama domain anda mbulet, saya yakin pengunjung tidak akan sanggup menghafalnya.

Bukannya tidak sanggup!, sudah jelas mereka akan malas mengingatnya.

Oleh karenanya, nama domain pendek dan unik sangat saya sarankan untuk membuat kesan pertama yang ciamik.

  • Menggambarkan Merek Anda

Nama domain bisa mewakili secara langsung gambaran dari merek anda, ini juga bisa memberi tahu calon pelanggan anda tentang produk apa yang anda jual.

Nama domain yang relevan juga akan membangun kepercayaan pelanggan anda terhadap produk anda.

Dengan nama domain yang unik dan relevan, mereka akan segera berfikir dan mendapatkan gambaran tentang produk anda.

  • Optimalkan SEO

Jika sudah memilih nama domain yang pas yang sesuai dengan produk anda, anda bisa memanfaatkan nama domain anda sebagai senjata SEO (search engine optimization) dengan cara menerapkan kata kunci yang relevan dengan nama domain anda.

Sebenarnya pencocokan nama produk dengan domain tidak begitu penting, tapi… akan sangat lebih bagus jika nama domain dengan produk anda sangat mendekati (relevan).

Nah dari pemaparan diatas, saya rasa anda sudah cukup mempunyai gambaran tentang cara memanfaatkan domain untuk bisnis.

Jika masih belum ada gambaran… saya akan menjelaskannya, kebetulan materi ini sudah pernah saya dapatkan di gapura digital surabaya, tepatnya dua tahun yang lalu. Saya perah mengambil les khusus terkait SEO & SEM juga tentang “peran domain untuk bisnis“.

Mari kita mulai…

Cara Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis

Berikut ini adalah cara memanfaatkan domain untuk bisnis anda dari santri internet marketer:

1. Pilih Domain Dotcom Untuk Keprofesionalan Bisnis Anda

Pilih domain dotCOM

Domain dotCOM bisa anda pilih kemudian memanfaatkannya untuk bisnis anda. Alasan saya kenapa anda harus tetap menggunakan domain .com untuk membangun bisnis online adalah:

Domain .com merupakan domain yang paling populer saat ini, selain mudah diingat, domain .com juga akan sangat mudah dipromosikan karena sifatnya profesional.

2. Perpendek Nama Domain Anda Agar Mudah Diingat Calon Pelanggan

Salah satu cara cerdas memanfaatkan domain untuk bisnis adalah dengan memilih nama domain yang pendek, mudah diingat, relevan dengan bisnis anda.

Ada beberapa keuntungan yang saya ketahui tentang fungsi dari memperpendek domain diantaranya:

  • Mudah dibaca mesin pencari, mudah diingat manusia.
  • Berkelas!, karena saya pribadi tidak terlalu suka kalau lihat domain yang terlalu panjang dan mbulet, apalagi kalau ada angka dan tanda penghubungnya.
  • Bisa meningkatkan kepopularitasan bisnis. Hal ini karena domain yang pendek bersifat premium dan eksklusif, berbeda dengan yang lain.

Pilihlah nama domain yang pendek untuk kepopularitasan bisnis anda. Ini juga merupakan salah satu cara cerdas memanfaatkan domain untuk bisnis.

3. Pilih Nama Domain Yang Bisa Mewakili Produk Anda

Pilih Nama Domain Yang Bisa Mewakili Produk Anda

Silahkan anda pikirkan kembali karena ini sangat penting. Memilih nama domain yang bisa mewakili produk anda adalah usaha cerdas memanfaatkan domain untuk bisnis.

Misalnya, Kasmudi adalah seorang pedagang bakso yang profesional. Bahkan, bakso Kasmudi sudah sangat terkenal karena rasa dari baksonya mempunyai ciri khas sendiri.

Tidak hanya itu, bakso Kasmudi juga sudah dipercaya ribuan pelanggan dengan bukti banyaknya testimoni yang dia dapatkan.

Kasmudi tidak mau ilmu terkait baksonya hilang ditelan bumi kalau suatu saat Kasmudi mati. Lalu, kasmudi berinisiatif membuat sebuah website tutorial untuk membagikan cara membuat bakso khasnya.

Kasmudi memilih nama domain baksokasmudi.com“. Untuk websitenya, dia membeli domain dan hosting murah di Rumabweb karena memang menurutnya Rumahweb sudah terbukti sangat murah dan terpercaya sebagai salah satu layanan web hosting yang ada di Indonesia.

rumahweb blog competition
Banner dari #Rumahweb

Nah, cara Kasmudi ini bisa anda tiru untuk memanfaatkan domain sebagi senjata bisnis anda. Pilihlah domain yang sekiranya bisa mewakili produk anda, ini juga penting!!. Dengan begitu pelanggan anda pasti akan mempercayai keprofesionalan bisnis anda.

Untuk hasil yang lebih maksimal anda juga jangan lupa untuk memilih hosting yang profesional. Seperti yang telah disarankan Kasmudi bahwa hosting murah hanya ada di Rumahweb.

Dengan kualitas server yang kuat, website anda akan semakin baik kinerjanya. Bahkan, Rumahweb saat ini sudah mampu menampung unlimited trafik. Untuk anda yang mempunyai trafik diatas rata-rata, anda bisa hosting di Rumahweb untuk menghindari “Overload, error, dsb”.

Nah itulah sedikit ulasan tentang “Cara Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis“. Jika anda merasa artikel ini membantu, silahkan share melalui sosial share di bawah.

Salam hangat selalu dari Blogger Tuban Jawa Timur.

Tulis Komentar