Beranda Bisnis 20 Cara Mendapatkan Penghasilan Sampingan Untuk Mahasiswa

20 Cara Mendapatkan Penghasilan Sampingan Untuk Mahasiswa

20 Cara Mendapatkan Penghasilan Sampingan Untuk Mahasiswa

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berbagai tuntutan seperti biaya pendidikan hingga tagihan dan cicilan, tentu saja membutuhkan dana yang tidak sedikit. Pastinya gaji bulanan saja tidaklah cukup sehingga harus dipakas memutar otak.

Daripada terus mengandalkan pinjaman yang akhirnya berakibat “gali lubang tutup lubang” kenapa tidak melakukan bisnis sampingan saja?.

Di zaman sekarang ini banyak sekali pilihan usaha sampingan yang bisa Anda pilih, apalagi sekarang sudah didukung dengan majunya sebuah tekhnologi.

Pasti ada banyak sekali jalan menuju roma.

Sebagai mahasiswa yang ideal, aktif dalam organisasi saja tidak cukup kalau tidak ada skill untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Walhasil, selalu mengandalkan orangtua.

Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa

20 Cara Mendapatkan Penghasilan Sampingan Untuk Mahasiswa.

Sebagai mahasiswa, apakah Anda sering mengalami kekurangan uang?. Entah itu kekurangan uang untuk bayar sekolah, beli buku, atau untuk ngopi bersama teman-teman di kampus.

Taukah Anda, sekarang ini Anda bersetatus sebagai seorang mahasiswa. Pasti Anda memiliki waktu yang cukup banyak untuk dimanfaatkan, terutama dalam mencari pundi-pundi rupiah.

Ada banyak sekali kemungkinan untuk mendapatkan uang, walaupun setatus Anda masih mahasiswa.

Ada banyak sekali peluang usaha yang dapat Anda lakukan mulai dari sekarang. Bahkan, Anda tidak perlu meninggalkan kamar kontrakan.

Anda Bisa Menghasilkan Uang Dari mana Saja

Di zaman yang semakin canggih seperti saat ini, Anda hanya bermodalkan koneksi internet, sepertinya Anda sudah bisa menghasilkan uang tambahan untuk ngopi.

Bahkan, jika Anda sudah mempunyai target kedepan, bisa saja apa yang Anda tekuni saat ini besok menjadi mesin pencetak uang sampingan Anda.

Ada 20 ide kreatif untuk Anda (mahasiswa) yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan.

1. Berjualan Online

Jika Anda ingin mendapatkan penghasilan sampingan tanpa meninggalkan sekolah maupun pekerjaan utama, maka berjualan online adalah cara tepat yang bisa Anda lakukan.

Anda bisa menjadi dropshipper untuk produk buku, aksesoris pengantin, makanan, dan lain sebagainya.

Selain tidak butuh modal untuk menyetok barang, pkerjaan ini sangat fleksibel karena bisa diselesaikan kapan saja, di mana saja. Terutama untuk Anda yang sedang bersantai di rumah.

Keuntungan jika menjadi dropshipper bisa dibilang sangat lumayan, apalagi jika Anda rajin mempromosikannya di sosial media.

2. Menjdai Penerjemah Online

Jika Anda mempunyai bidang menerjemah bahasa, manfaatkan skill Anda yang satu ini.

Saya mempunyai teman yang kebetulan lulusan Al Azhar kairo mesir, dia membuka jasa penerjemah artikel. Dan, hasilnya lumayan sekali bisa membantu kehidupannya sehari-hari,

Meskipun hanya pekerjaan sampingan, ini juga patut untuk dicoba.

3. Menjadi Perancang Desain Grafis

Untuk Anda yang mempunyai bakat mendesain grafis, mengapa tidak mencoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari keahlian dan hobi Anda?

Sudah pasti akan menyenangkan melakukan sesuatu yang memang menjadi hobi, apalagi bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Desain grafis tidak hanya bersangkutan dengan jasa pembuatan logo saja. Walaupun kadang masih banyak permintaan untuk mendesain website, pasti ada juga permintaan untuk merancang sampul e-Book, sekripsi, kaos, dan lain sebagainya.

4. Bisnis Kuliner (Makanan)

Di kampus-kampus, saya masih sering mendapati sesekali ada mahasiswa yang berjualan di kampus. Anda bisa meniru beberapa orang tersebut. Memang, ini membutuhkan mental yang kuat.

Jika Anda malu, anda bisa berjualan dengan cara kreatif, caranya manfaatkan internet dan brand jualan Anda. Entah itu dengan brosur, maupun setiker.

Kemudian sebarkan brosur-brosur yang menjelaskan tentang prosuk anda ke teman-teman kampus Anda.

5. Menjadi Freelance

Bisa dibayar untuk menulis bukan hanya ketika menjadi wartawan surat kabar dan majalah profesional saja.

Anda pasti akan terkejut bahwa saat ini banyak blog maupun website yang mencari banyak penulis untuk mereka. Bahkan tak jarang juga para jurnalis mencari penulis lepas untuk membantu mereka.

Siapa saja bisa menjadi penulis lepas dan mendapatkan penghasilan tambahan. Saran saya, mulailah menulis apa yang telah Anda kuasai dan mulailah menjadi freelance yang menghasilkan.

Jika masih malu menulis karya, Anda bisa mengikuti kursus menulis online di tempat terdekat Anda.

6. Memulai Blogging

Orang sekarang ini pasti tidak akan asing lagi dengan istilah Blogging.

Sekarang ini sudah jutaan blog di Indonesia yang sudah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan. Para blogger ini menjadi Affiliate Marketing. Di mana mereka dibayar oleh perusahaan tertentu untuk mempromosikan produk mereka.

Setiapklik dari pengunjung akan menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk para blogger tersebut.

Sebagai contohnya ketika Anda suka jalan-jalan kemudian selalu merekam perjalanan Anda di tulisan, kemudian tulisan Anda dilihat banyak orang, bisa jadi sebuah perusahaan travelling akan meminta Anda menjadi affiliate marketing mereka.

[Baca Juga: Cara Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis]

7. Jual Foto di nternet

Jika Anda mempunyai skill memotret dan punya banyak stock foto, tidak ada salahnya Anda menjual foto Anda ke situs-situs yang akan membayar foto Anda.

Nantinya Anda akan mendapat komisi dalam bentuk dolar untuk setiap foto yang dipakai orang atau dibeli secara online.

8. Menjadi Youtubers

Menjadi youtuber saat ini semakin banyak diminati oleh banyak orang. Bahkan, artis-artis Indonesia tidak mau kalah, mereka membuat channel youtube untuk keperluan bisnis dan penghasilan sampingan.

Jika Anda mempunyai ketrampilan membuat vidio unik, mengapatidak mencoba?.

Jika channel Anda bagus dan sesuai dengan topik tertentu, bisa jadi channel Anda akan dilirik oleh perusahaan besar yang kemudian Anda akan diajak kerja sama. Seperti poin nomor enam, menjadi affiliate marketing mereka.

9. Pekerja Part Time di Kampus

Jika kedelapan ide di atas kurang menarik perhatian Anda, Anda bisa mencoba yang satu ini. Anda bisa mengmbil pekerjaan sampingan di kampus Anda.

Biasanya kampus akan membutuhkan beberapa tenaga mahasiswa dibidang tertentu seperti desain grafis, oprator wbsite, dan lain sebagainya.

Jika Anda termasuk kreteria yang memiliki banyak keahlian, Anda bisa mencoba bekerja sama dengan Kampus.

10. Bekerja di Caffe atau Warung Kopi

Untuk melengkapi luang waktu Anda, daripada jenuh, Anda bisa bekerja di cafe terdekat kampus Anda, atau warung-warung kopi terdekat Anda.

Pejerjaan ini nampaknya lebih fleksibel untuk Anda sebagai seorang mahasiswa.

Banyak sekali caffe maupun warung-waring kopi yang menerima mahasiswa sebagai pekerja dan menyesuaikan waktu mereka.

11. Menjadi Sopir Ojek Online

Pekerjaan yang satu ini juga banyak diminati oleh kaum muda zaman now, saat Anda tidak lagi ada jam atau mata kuliah, Anda bisa memanfaatkan waktu Anda menjadi sopir ojek online untuk membantu pemasukan sampingan Anda.

Anda bisa menghasilkan banyak rupiah dari kendaraan pribadi Anda.

12. Mengajar Les Anak-anak di Desa Maupun Kota

Saat ini, orangtua lebih suka anaknya diajar oleh orang lain, entah karena sibuk dengan pekerjaan, atau malas mengajar anaknya sendiri.

Ini merupakan kesempatan Anda sebagai mahasiswa untuk memberikan les kepada yang membutuhkan. Biasanya, para ibu-ibu akan menawarkan pekerjaan ini kepada mahasiswa yang sedang nagnggur.

13. Memanfaatkan Keahlian Anda

Jika Anda mempunyai keahlian tertentu yang mungkin saja orang lain belum bisa, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan keahlian Anda tersebut untuk mendulang rupiah.

Saat ini banyak sekali orang-orang kreatif yang memanfaatkan keahliannya, sebagai conthnya bermain musik di caffe-caffe, mengamen juga tersmasuk memanfaatkan keahlian.

14. Jasa Buat Website

Jika Anda mempunyai skill coding otak-atik HTML, CSS, JavaScrpt, dll. Ini adalah kesempatan emas untuk Anda. Sekarang ini banyak orang-orang yang membutuhkan keahlian coding untuk membuat aplikasi.

Biasanya, akan ada perusahaan yang membutuhkan programer dibidangnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat template blog yang bagus kemudian menjualnya.

Ini merupakan pekerjaan kemampuan yang masih jarang dimiliki oleh seseorang.

15. Bisnis Jual Kaos

Berikutnya adalah bisnis jual kaos, untuk memulai bisnis ini, mahasiswa harus mempunyai hubungan dengan tempat konveksi dan tempat sablon.

Kemudian membuat desain kaos yang paling keren untuk dijual sehingga perlu menggunakan kreativitas desain yang bagus.

Semakin keren desainnya maka semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli.

Sudah banyak teman saya yang menjalankan bisnis yang satu ini. Anda bisa mencobanya kalau tertarik.

16. Bisnis Servis Laptop di Kampus

Biasanya saya memanfaatkan skill saya untuk menginstal ulang laptop-laptop teman saya di kampus. Ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai penghasilan sampingan jik mau.

Jika Anda paham hardware, software, dan jaringan komputer, tunggu apa lagi?, ini merupakan kesempatan untuk bisnis Anda.

17. Bisnis Jualan Hewan Ternak

Sebagai mahasiswa yang kreatif pasti ada saja ide yang akan muncul di benak pikiran. Salah satu contoh peluang usaha sampingan mahasiswa adalah usaha ternak hewan atau jualan hewan ternak.

Sebagai contohnya Anda bisa ternak ikan lele untuk usaha sampingan Anda. Tidak perlu bingung merawatnya, Anda bisa memanfaatkan waktu luang untuk memberi makan lele Anda.

18. Menjadi Desainer Aksesoris Wanita

Siapa sangka bisnis inijuga sangat menjanjikan untuk mahasiswa, Anda hanya perlu skill membuat aksesoris yang dibutuhkan wanita dan orang-orang lain pada umumnya.

Salah satu teman kampus saya sudah mempraktikkan bisnis yang satu ini. Hanya bermodalkan melihat tutorial di youtube, dia sekarang menjadi wanita jutawan di kota Lamongan.

19. Bisnis Layanan Web Hosting

Semakin banyak peminat internet, semakin banyak juga yang ikut berkecimpung di dalamnya. Salah satunya adalah membuat website pribadi untuk mempromosikan produknya.

Anda tentu bisa berjualan web hosting dan domain untuk mereka. Namun, ini membutuhkan keahlihan khusus terkait jaringan internet. Karena sebagai oprator, Anda harus selalu siap mengatasi permasalahan.

20. Salurkan Hobi Anda untuk Penghasilan Sampingan

Yang terakhir adalah menyalurkan hobi Anda menjadi sebuah penghasilan sampingan. Lakukan sesuatu yang memang Anda sukai kemudian mencari jalan untuk bisa menjadi penghasilan.

Ini yang terus saya lakukan hingga saat ini. Dan saya berhasil walaupun masih belum banyak, saya merasa bersyukur karena bisa memanfaatkan hobi saya menjadi sebuah penghasilan sampingan.

Jangan ragu untuk berfikir apakah yang saya lakukan ini bisa menghasilkan. Selagi yang Anda lakukan itu bermanfaat untuk banyak orang, saya yakin Anda akan menikmati hasilnya.

Tulis Komentar