Alasan Mengapa Harga Jasa SEO Itu Mahal

Alasan Mengapa Harga Jasa SEO Itu Mahal

by Fathnan Id Oktober 24, 2020
Alasan seo mahal

Mengapa harga jasa SEO mahal? Mungkin Anda pernah berpikir dan bertanya-tanya dalam hati begini… Mengapa, sih harga jasa SEO untuk website itu mahal? Wajar, karena masih belum banyak yang tahu soal ini. Terkhusus bagi para pebisnis online yang masih awam soal optimasi website.

Mereka berpikir bahwa jasa SEO itu murah. Bahkan, ada juga yang beranggapan bahwa hanya dengan mengeluarkan uang ratusan ribu, website mereka sudah teroptimasi dan nangkring di halaman 1 Google.

Pemikiran seperti ini salah!

Kenapa?

Karena SEO bukanlah perkara yang mudah dilakukan.

Kalau mau yang mudah, ya ngiklan di Google.

Itu pun nggak mudah-mudah amat, sih. Sudah harus mengeluarkan biaya mahal, kita juga harus riset kompetitor, cpc, dll.

Dalam persaingan online, terkhusus di halaman Google, tidak ada yang mudah!.

So, masih beranggapan bahwa SEO itu mudah dilakukan?

Untuk membuat halaman atau website Anda berada di laman 1 Google, dengan persaingan keyword tinggi itu tidak mudah. Dan ini adalah salah satu alasan mengapa harga jasa SEO (optimasi website) itu mahal.

Anda harus menyiapkan biaya yang cukup besar untuk optimasi satu website saja.

Di luar sana, sudah banyak para pebisnis online yang rela mengeluarkan jutaan rupiah demi meningkatkan keberadaan websitenya di mesin pencari.

Mengapa jasa SEO Mahal?

Jawabannya, ya karena proses optimasi SEO itu tidak mudah.

Ada banyak hal yang menyebabkan mengapa harga jasa SEO itu mahal.

Agar Anda tahu, berikut ini alasan mengapa harga jasa SEO untuk website itu mahal.

1). Persaingan kata kunci yang tinggi

Di era digital seperti sekarang ini, banyak sekali para pelaku online yang ingin merangking websitenya di laman pertama mesin pencari. Hasilnya, persaingannya jadi bertambah.

Apalagi saat ini sudah banyak pengusaha kecil-kecilan yang melek dunia digital. Mereka tak mau kalah dan akhirnya memutuskan membuat website guna menunjang usahanya.

Karena persaingan yang tinggi dan banyaknya produk/ jasa yang dijual secara online itu sama, maka si penyedia jasa SEO harus menggunakan strategi khusus untuk bisa menduduki halaman 1 Google.

Silahkan bayangkan. Misalnya, ada 200 website menarget kata kunci yang sama. Pastinya, akan sulit menduduki halaman 1 Google karena persaingan keywordnya banyak.

Belum lagi nanti kedatangan kompetitor baru yang menarget kata kunci yang sama lagi.

2). Proses yang tidak sebentar

Banyak yang mengira kalau menaikan website ke halaman 1 Google itu hanya butuh waktu dua hari saja. Ada juga yang mingguan.

Pemikiran seperti ini salah kaprah.

Say sudah sering mengakatan, SEO tidak sama dengan iklan Google yang hanya butuh 1 x 24 jam. Laman website Anda sudah berada di urutan pertama Google.

Optimasi website itu butuh waktu berbulan-bulan. Tergantung persaingan kata kunci dan jokinya.

Semakin tinggi persaingan kata kunci yang Anda target, maka akan semakin lama karena si pelaku SEO butuh strategi khusus untuk memenangkan pertarungan.

3). Strategi yang berbeda-beda

Ilmu SEO tidaklah sama. Misalnya, saya mengoptimasi website jasa/ pelayanan kebersihan. Kemudian saya berhasil membuat website tersebut bisa nangkring di laman awal Google.

Cara tersebut belum tentu bisa saya terapkan di website yang berbeda. Yang membahas tentang kesehatan, misalnya.

Setiap website baru, yang menarget kata kunci berbeda, itu juga membutuhkan strategi yang berbeda pula.

Harus dilihat, direview, dan diriset terlebih dahulu sebelum dioptimasi.

4). SEO, strategi marketing untuk jangka panjang

Jika melihat dampak SEO yang bisa dirasakan oleh para pebisnis online dalam jangka panjang, maka wajar jika ini juga menjadi alasan mengapa harga jasa SEO itu mahal.

Walaupun prosesnya lama dan terkesan mahal, Anda jangan salah berpikir.

Anda hanya perlu mengeluarkan modal di awal, kemudian bisa menikmati hasilnya bertahun-tahun.

5). Optimasi website (SEO) Itu tidak mudah

Seperti yang telah saya katakan di atas, optimasi laman/ website itu bukanlah perkara yang mudah dilakukan. Butuh waktu dan strategi untuk bisa menduduki halaman 1 Google dengan kata kunci (keyword) yang dibidik.

Sebagai salah satu contohnya adalah riset keyword dan link buildning. Semuanya itu butuh waktu dan biaya yang tidak murah. Maka, tak heran jika si penyedia jasa SEO memberikan harga yang nggak murah pula.

Kesimpulannya

Sebenarnya, harga jasa SEO tidaklah begitu mahal. Namun, itu tergantung permintaan klien dan faktor teknisnya.

Jika Anda berniat untuk menunjang bisnis Anda dari jasa SEO, saran yang bisa saya sarankan adalah jangan setengah-setengah dalam optimasi website Anda.

Pilih jasa SEO terbaik yang sudah terbukti dipercaya ribuan klien. Di Fathnan Id, kami siap memberikan yang terbaik. Anda bisa memesan layanan yang ada di Fathnan id.

Termasuk jasa SEO.

Related Articles

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *