Tantangan Adalah Cara Jitu Untuk Mengembangkan diri

  • Whatsapp
Tantangan

Manusia tumbuh dan berkembang bukan karena apa yang sudah mereka rencanakan. Tetapi manusia bisa tumbuh dan berkembang karena tantangan yang dihadapinya dalam hidup.

Membuat rencana untuk hidup adalah proses yang memungkinkan kita hidup lebih teratur dan mengerti apa yang menjadi tujuan dan keinginan dalam hidup kita.

Muat Lebih

Namun tantangan yang kita hadapi adalah sebuah kenyataan yang menjadikan diri kita menjadi nyata.

Banyak orang membuat rencana namun mereka menyempitkan hidupnya sesuai dengan rencana yang mereka buat.

Padahal tidak semua hidup kita sesuai dengan rencana. Amat mustahil semua terjadi harus berdasarkan rencana yang sudah kita buat.

Ada situasi yang selalu muncul dalam hidup kita dan itulah yang membuat diri kita menjadi nyata karena kita harus menghadapi tantangan.

Tantangan bisa tiba tanpa kita rencanakan dan kita pilih. Disinilah kompleksitas dalam hidup yang harus kita hadapi walaupun secara matang sudah kita siapkan perencanaan-perencanaan yang memungkinkan akan terjadi dalam hidup.

Lalu jika demikian apa yang harus kita lakukan? Tentu saja membuat rencana itu amat penting. Namun hal yang perlu kita antisipasi adalah bagaimana cara kita menghadapi situasi yang tidak memungkinkan atau diluar kalkulasi yang sudah kita perhitungkan.

Berhadapan dengan tantangan itu membuat kita menjadi terangsang untuk mengambil sikap, dan sikap itulah yang membuat kita menjadi berkembang.

Yang membuat kita sadar akan kemampuan baru kita. Semakin sering kita mengasah diri dengan tantangan-tantangan baru maka semakin berkembang kemampuan kita.

Point yang perlu kita sadari bahwa tantangan itu bisa muncul dari mana saja. Tantangan itu bisa muncul dari diri sendiri, profesi, pekerja, anggota keluarga, atau ditengah jalan sekalipun.

Dan pengembangan pada diri kita akan positif jika kita belajar dari situasi-situasi tersebut dan mengambil manfaat untuk kebaikan hidup.

Dalam buku; “Menjadi Manusia”, dijelaskan bahwa orang tidak menjadi pemimpin dengan membaca buku how to become a leader?, melainkan dengan menjalankan tugas-tugasnya secara terbuka dan dengan berani menghadapi tantangan yang mau menggagalkannya; lama-kelamaan kemampuan untuk memimpin akan berkembang dan nyata.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *