Beranda Blogging Mengenal Domain Authority Pada Sebuah Blog

Mengenal Domain Authority Pada Sebuah Blog

Mengenal Domain Authority Pada Sebuah Blog

Mengenal Domain Authority Pada Sebuah Blog

Beberapa bulan yang lalu Domain Authority menjadi pembahasan yang hangat di forum maupun group bloggers Indonesia. Ada yang bilang bahwa Moz lagi update, dan banyak blog maupun website yang DAnya turun drastis.

Kita tahu sendiri bahwa Domain Authority sangatlah penting bagi website, ibaratnya DA adalah sebuah kepercayaan yang diberikan kepada seseorang melalui penghargaan sertifikat.

Penghargaanya adalah skor dari Domain Authority website kita.

Namun saya begitu yakin, tidak semua blogger tahu apa itu Domain Authority.

Domain Authority merupakan otoritas domain itu sendiri, atau merupakan metrics satuan standar yang dikembangkan oleh MOZ, sebuah perusahaan SEO consulting, dengan berpijak dari Pagerank yang dimiliki oleh Google.

Hanya saja, sekarang Pagerank sudah tak pernah update lagi.

Untuk itu, semakin besar sekor Domain Authority yang ada di blog kita, maka akan semakin besar peluang website kita berada di kelas atas halaman google.

Ibarat artis, dari keseluruhan artis yang ada di Indonesia ini. Tidak semua artis memiliki ketenaran yang begitu luar biasa dikalangan masyarakat.

Begitu juga Domain Authority.

Domain Authority membentuk salah satu faktor peringkat sebuah website atau blog, pada posisi manakah website atau blog kita berada.

Semakin besar Domain Authority website kita, maka akan semakin bagus pula di mata search egine.

Baca Juga: Ngeblog Itu berat, Jangan Ngeblog Jika tidak Hobi

Mengenal Skor Domain Authority

Sekor Domain Authority mempunyai nilai angka dari 1 sampai 100. Jika skor website kita berada pada posisi skor tertinggi, maka blog kita akan semakin bagus di mata google.

Blog ini sendiri masih tergolong blog baru karena domainnya juga masih baru.

Dari pengamatan saya pribadi, semakin lama umur domain pada sebuah blog, maka akan semakin bagus peringkat yang akan diterima domain tersebut.

Asalkan masih aktif.

Agar Domain Authority Bisa Naik Skor

Bagaimana caranya agar Domain Authority saya bisa naik peringkat?

Banyak cara yang dilakukan oleh para blogger untuk meningkatkan skor DA.

Mulai dari cara kotor hingga cara cerdas.

Ada beberapa blogger yang menggunakan cara kotor, seperti spam blog orang yang DAnya terlihat tinggi, ada juga yang menggunakan caranya sendiri seperti “Inspect” di blog yang berdomain edu dan gov misalnya.

Cara-cara di atas sudah pernah saya lakukan dari tahun 2017, tapi tak pernah berpengaruh pada domain blog saya.

Atau yang paling cerdas biasanya membeli jasa backlink yang berkualitas tinggi. Dengan begitu DA pasti akan cepat naik skornya.

Lantas bagaimana cara meningkatkan skor Domain Authority kita?

Sebenarnya sederhana, tapi masih banyak yang membuat susah.

Jadinya ya susah.

Menurut pengamatan saya sendiri untuk meningkatkan DA itu mudah, asalkan mau bersabar, terus membuat konten baru yang fresh dan tidak copas pastinya.

Semakin banyak konten yang Anda index di webmaster, saya rasa google juga akan berfikir mengenai peringkat blog/website kita.

Dengan seringnya mengindex artikel di webmaster, artikel Anda akan ditemukan oleh mereka yang mencari sesuatu di search egine, darisini nanti DA kita akan dinilai.

Pada intinya, jangan malas untuk membuat konten-konten yang bagus dan sekiranya bisa membantu permasalahan calon pengunjung kita.

Happy Blogging

Tulis Komentar