Beranda Informasi Umum Dampak Mengeringnya Bengawan Solo

Dampak Mengeringnya Bengawan Solo

Dampak Mengeringnya Bengawan Solo
Dokpri,

Mengeringnya Bengawan Solo – Indonesia adalah negara yang terletak di garis katulistiwa sehingga hanya memiliki dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau.

Akhir-akhir ini banyak sekali dari masyarakat khususnya petani yang tinggal di sekitar bengawan solo seperti Desa Prijek Ngablak, Dusun prijek dan lain-lain mengeluh akibat menurunya volume air.

Terhitung dari bulan April sampai Oktober 2019, di daerah ini tidak turun hujan sehingga sungai-sungai kecil, tambak bahkan bengawan solo pun ikut mengering.

Maka sudah bisa di pastikan bahwa hal itu mengakibatkan kelangkaan air dan tentu saja dapat mengganggu aktivitas masyarakat sekitarnya karena masyarakat daerah ini memanfaatkan air dari bengawan solo sebagai kebutuhan sehari-hari.

Mengingat karena sebagian besar masyarakat di daerah ini adalah petani maka mereka pun takut untuk mengawali bercocok tanam kembali, seharusnya bulan ini para petani sudah bisa menanam lagi namun kekeringan menghambat hal itu.

Tidak hanya itu saja, akses jalur air dan penghasilan sebagian desa juga terganggu, seperti pencari ikan, penambang pasir dan masih banyak lagi.

Dari narasumber yang kami wawancarai pada tanggal 15 oktober 2019 mengenai volume air bengawan solo bisa saja meningkat dengan cara dibukanya bendungan yang ada di Manyar Gresik atau di kendal perbatasan antara Tuban dan Lamongan.

Namun jika bendungan dibuka maka air bengawan solo rasanya tidak lagi tawar melainkan asin, karna air laut akan mengalir masuk ke bengawan solo, dan jika hal tersebut dilakukan maka kekhawatirannya adalah ikan tawar dan sumber pengairan seperti kebutuhan sehari-hari dan pengairan petani akan terganggu.

Menurut narasumber yang kami wawancarai juga mengatakan bahwa hal demikian sudah pernah terjadi pada tahun 2013 lalu, air laut yang masuk karena bendungan dibuka mengakibatkan bengawan solo menjadi asin, agar kejadian tersebut tidak terulang lagi maka bendungan memang sengaja tidak dibuka untuk sementara ini ujarnya.

Baca Juga: Jasa Sedot WC Terbaik Tuban Jawa Timur

Tidak hanya pada tahun 2013 saja, narasumber kami juga bercerita pada tahun 90an lalu, di tahun itu masyarakat Dusun prijek sampai menggali tanah seperti tambak kecil untuk menyaring air asin dari bengawan solo sehingga menjadi tawar dan dapat digunakan, hal itu tentu saja dikarenakan air laut yang masuk di bengawan solo.

Nah itulah beberapa dampak dari mengeringnya bengawan solo, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar