Beranda Humor Santri Ini Lho Alasan Mengapa Orang Ngapak Itu Keren Banget!

Ini Lho Alasan Mengapa Orang Ngapak Itu Keren Banget!

Ini Lho Alasan Mengapa Orang Ngapak Itu Keren Banget!
@solikhah.98_

Saya yakin, dibelahan Negara Indonesia manapun, kalian pasti pernah memiliki teman yang berlogat ngapak. Baik di perantauan maupun di pesantren. Logat ngapak ini berbeda dengan logat orang Jawa pada umumnya.

Jika tidak pernah mendengar logat ini, pasti orangnya akan bilang “bahasanya tidak ada halus-halusnya ya”.

Banyak yang sering menyamakannya dengan medok Tegal, padahal berbeda. Setahu saya, Tegal lebih medok daripada cilacap, banyumas, dan Kebumen.

Ya, itulah Ngapak.

Logat asli yang hanya dimiliki orang yang berdomisili asli di Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen.

Saya berani jamin, banyak dari kalian yang ketika mendengar ada orang berlogat atau berbicara dengan logat ngapak pasti akan tertawa terpingkal-pingkal.

Atau minimal akan tersenyum jahat sambil berkata dalam hati “dari planet mana mahluk ini” wkwkwkwk.

Saya punya sedikit cerita, kebetulan saya asli orang jawa timur (Tuban) yang punya pacar orang jawa tengah (Kebumen).

Kalau saya sih sudah terbiasa dengan logat ngapak, entah itu ngapak Kebumen, Banyumas, Cilacap, saya sudah hafal dengan logat dan Intonasi kengapakanya.

Ini adalah cerita saat pertama kalinya saya mengajak teman yang kebetulan asli dari Tuban, dengan tujuan jalan-jalan ke kebumen sambil nyambangi pacar pastinya.

Lucunya, setelah sampai di stasiun kebumen, dia mendengarkan Logat ngapak kemudian secara reflek tidak bisa menahan tawanya.

Wajar, karena dia masih belum terbiasa dengan logat ngapak.

Tapi jangan salah…..

Dibalik keunikan orang ngapak, ternyata orang ngapak itu memiliki semua kriteria untuk kalian yang kebetulan masih belum dapat jodoh.

“Ah saya nggak percaya, mas”

“Kamu harus percaya, Jo!!”

Untuk kalian yang nggak percaya, silahkan simak tulisan ini sampai selesai.

 

Dibalik keunikan orang ngapak

 

Orang ngapak itu punya komitmen yang tinggi

Orang ngapak itu punya komitmen yang tinggi

Saya sudah pindah pesantren tiga kali. Dari keseluruhan pesantren yang pernah saya singgahi, saya mempunyai begitu banyak teman ngapak. Terutama untuk Cilacap dan Kebumen.

Bukan hanya sekedar tahu, tapi saya tahu banget. Bagaimana karakter orang ngapak, bagaimana orang ngapak saat di pesantren.

Rata-rata, dari keseluruhan orang ngapak yang pernah konconan dengan saya saat di pesantren, orangnya selalu bersungguh-sungguh saat belajar di pesantren. Orang ngapak itu punya komitmen yang sangat kuat.

 

Apa Adanya

Apa Adanya
facebook.com/muhammad.baiqoni

Dari sisi historis dan geografis, wilayah yang dihuni mayoritas penduduk berlogat ngapak jauh dari kawasan keraton terbesar di Jawa.

Itulah yang mengakibatkan mengapa tingkat kehalusan berbahasanya berbeda dengan Jogja ataupun Solo.

Itulah yang mengakibatkan orang ngapak itu sejak dari nenek moyang jauh dari intrik kekuasaan.

Hal tersebut berpengaruh pada kesehariannya, yang jarang memakai topeng.

Apa yang dirasakan, itulah yang diucapkan.

Istilahnya Blakasuta.

Jika bercanda yang keluar adalah true colournya.

Orang ngapak tidak nyaman memakai topeng. Memakai sesuatu yang bukan naturenya.

Jika keterbukaan adalah salah satu syarat untuk membentuk rumah tangga yang langgeng, orang ngapak sudah memilikinya dari lahir.

 

Memiliki humoris yang tinggi

Humoris tinggi
@Kang Azep

Coba kalian perhatikan, jika kalian melihat dua orang dengan logat ngapak mengobrol satu sama lain.

Sedikit-sedikit pasti kalian akan mendengar canda tawa diantara keduanya.

Bahkan, walaupun kalian yang tidak terlalu mengerti bahasanya. Saya yakin kalian akan tetap tertawa.

Jika kalian tidak percaya, coba search di youtube dengan kata kunci “Curanmor”.

Saya rasa kalian juga akan setuju jika saya mengatakan demikian.

Banyak kata-kata panggilan unik yang hanya orang ngapak yang mengerti, seperti Daplun, Gondes, Kucluk dan masih banyak lagi.

Sudah bisa dipastikan, rumah tanggamu kelak akan jauh lebih berwarna jika pasanganmu memiliki logat ngapak.

 

Tidak mudah sakit hati

Tidak mudah sakit hati
facebook.com/muhammad.baiqoni/

Berdasarkan pengalaman saya, para ngapakers sudah terbiasa dengan ledekan karena logat mereka yang sangat identik dengan humoris.

Tidak jarang jika ada orang ngapak yang merantau kemudian banyak celetukan orang-orang seperti ini:

“Ganteng-ganteng ko ngapak”

“Cantik sih, sayang kok ngapak..”

“Coba dong, ngomong lagi pake logat ngapak”

Mungkin, awalnya mereka kaget. Tetapi selanjutnya mereka justru menikmatinya, kenapa? karena membuat orang lain tertawa itu menyenangkan.

Dan, itu adalah hal terasyik, nggak enak kan kalau punya teman yang sedikit-sedikit ngambek?, sedikit-sedikit baper?

Nah, hal itu akan jarang sekali terjadi jika pasangan kalian adalah orang ngapak.

 

Orang ngapak cenderung dengan kesetiaan

Kesetiaan
facebook.com/Semb.misaki/

Apa perbedaan mendasar dari logat ngapak dengan Jawa yang lainnya?.

Ya, tentu saja penyebutan huruf vokal “a” dan “o”.

“Opo” di Solo, menjadi “Apa” di Kebumen, banyumas, cilacap dan sekitarnya.

“Ojo” di Jogja, menjadi “Aja” di Cilacap.

“Sopo” di Semarang, menjadi “Sapa” di Cilacap.

Menurut sejarah yang ada, hal ini dimulai ketika kerajaan Mataram memperbaharui dan mengganti vokal “a” menjadi “o”, warga dengan logat ngapak memilih setia menggunakan “a”. Kesetiaan yang dipegang teguh hingga anak cucu.

Jadi kalau logat aja dipertahankan dengan begitu setia, apalagi pasangannya!

Ya nggak?

 

Mempunyai kreatifitas yang tinggi

Mempunyai kreatifitas yang tinggi

Hal ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Ketika para ahli bahasa berdebat tentang kosa kata Bahasa Indonesia yang kalah lengkap dengan Bahasa Inggris, Bahasa ngapak membalikkan persepsi itu.

Banyak sekali kosa kata dalam bahasa ngapak yang tidak ditemukan artinya dalam Bahasa Indonesia atau bahkan Inggris!.

Keragaman berbahasa pasti lahir dari sebuah kreatifitas yang tidak bisa diremehkan begitu saja.

Mau bukti?

Silahkan cari padanan kata yang pas untuk kata-kata berikut ini:

Kawus, Bithi kowe, Mbelek, Kemlinthi. dan masih banyak lagi.

Tidak akan ada hubungan yang membosankan, ketika pasanganmu memiliki kreatifitas yang tinggi.

Ada lagi, sesuai dengan yang sering saya ketahui. Dimanapun ada pesantren disitu pasti ada orang ngapak, Jika mereka membentuk suatu organisasi pasti besar-besaran, karena orang ngapak itu sangatlah kompak.

Sekarang kalian sudah tahu ketika menemukan species-species kreatif untuk kalian kenalkan pada orang tuamu.

 

Orang ngapak mempunyai keberanian di atas rata-rata

Orang ngapak mempunyai keberanian di atas rata-rata

Sudah sering saya menjumpainya, khususnya di jawa timur.

Coba kalian buktikan, rata-rata di pesantren yang ada di jawa timur ini pasti ada orang yang berlogat ngapak.

Mengapa orang dengan logat ngapak ada dimana-mana?

Hal ini menjelaskan semuanya.

Warga ngapak memang terkenal berani dalam merantau.

Mereka menyesaki ujung dunia, dengan penuh keberanian menantang resiko.

Pergi merantau tanpa kepastian dan sanak saudara saja berani, apalagi cuma pergi menemui orang tuamu dan meminta restu.

Nah…. itulah beberapa alasan mengapa orang ngapak itu keren banget. Jika ada orang ngapak yang membaca ini, dan masih kurang setuju… kalian bisa menambahinya di kolom komentar. Kalau sekiranya bagus akan saya masukan daftar.

Tulis Komentar