Beranda Kebumen Pantai Karang Bolong Kebumen, Pantai Yang Mistis Juga Indah

Pantai Karang Bolong Kebumen, Pantai Yang Mistis Juga Indah

Pantai Karang Bolong Kebumen, Pantai Yang Mistis Juga Indah
@elvani_inav

Pantai Karang Bolong Kebumen | Bagi teman-teman yang menyukai wisata pantai, tentunya nama wilayah pantai di Kebumen bukanlah sesuatu yang asing. Tempat wisata pantai di Kebumen Jawa Tengah tidak hanya satu.

Terdapat berbagai macam wisata pantai di Kebumen yang sangat menawan yang bisa Anda kunjungi. Salah satu pantai yang indah dan menawan adalah Pantai Karang Bolong Kebumen Jawa Tengah.

Pantai Karang Bolong merupakan salah satu objek wisata pantai yang berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini berkontur landai dengan pasir yang cukup luas dan dibatasi oleh perbukitan batuan sedimen yang berasal dari gunung api.

Di pantai ini juga terdapat banyak sarang burung walet yang dikelola pemerintah setempat sebagai pendapatan asli daerah.

Pantai ini bersebelahan dengan pantai suwuk yang hanya dibatasi dengan bengawan kecil membuat kedua pantai ini terlihat sangat cantik saat sore hari.

Menurut saya, pantai ini juga hampir mirip dengan pantai yang ada di film Narnia 2. Yang ketika ke empat saudara berada di trowongan pantai.

Baca Juga: Inilah 7 Pantai Paling Keren Yang ada di Jawa Tengah

Menurut Cerita, tempat ini awalnya dikenal dengan nama Karang Suraga. Nama tersebut diambil dari Suryadilaga.

Beliau merupakan tokoh sakti mandraguna yang bertapa di tempat ini hingga akhir hayatnya. Seiring perkembangan, pantai ini berganti nama menjadi Karang Bolong.

Hal ini disebabkan adanya sebuah batu karang besar yang di tengahnya berlubang (bolong) dan membentuk sebuah lengkungan.

Salah satu ujung karangnya berada di tepi pantai, sementara ujung karang yang satu lagi menghadap ke laut lepas.

Para ahli geologi memperkirakan lubang ini berasal dari adanya abrasi pantai yang disebabkan oleh air laut.

Ada pula yang menyatakan bahwa karang yang bolong tersebut disebabkan oleh adanya dampak dari letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Hingga kini, penyebab berlubangnya karang tersebut belum diketahui secara pasti.

Ada banyak aktifitas yang dapat dilakukan di pantai Karang Bolong ini. Wisatawan dapat menggelar tikar, lalu duduk-duduk di pinggir pantai menikmati semilir angin laut dan deburan ombak.

Atau duduk sambil menikmati kelapa muda dan menikmati semangkuk bakso hangat serta bercengkrama dengan rekan seperjalanan.

Ada pula beberapa batu besar yang dapat Anda jadikan tempat duduk sambil menikmati pemandangan laut yang indah.

Saat laut surut, wisatawan dapat menyusuri karang yang tidak tenggelam. Pantai Karang Bolong mempunyai potensi membentuk arus balik yang kuat, sehingga merupakan kawasan yang berbahaya untuk berenang.

Namun jangan khawatir, agak sedikit ke kanan ada pantai berpasir yang bisa dipakai untuk berenang dan bermain air.

Ingin mencoba yang sedikit menantang? Anda bisa menyewa banana boat dengan harga sekitar Rp 20.000/orang dan kapasitasnya delapan orang.

Bersiaplah untuk basah-basahan karena akan dijatuhkan di air. Tetapi, jika tidak mau basah-basahan, Anda dapat naik spead boat yang menarik banana boat untuk merasakan serunya mengelilingi laut.

Tidak ingin bermain air? Anda dapat tracking menuju puncak karang. Anak tangganya sedikit sempit dan berkelok, namun pemandangan indah disekitarnya membuat wisatawan tidak merasa lelah.

Setelah Anda ampai di atas, Anda akan disuguhkan pemandangan indah laut yang biru dan anak Gunung Krakatau dari kejauhan. Wisatawan dapat bersantai di sini sambil menikmati deburan ombak dan semilir angin laut.

Selain itu, di Pantai Karang Bolong wisatawan bisa menyalurkan hobi memancingnya. Di kawasan ini ikan-ikan sangat melimpah.

Anda bisa menikmati sensasi memancing di laut lepas samudera hindia. Dan dijamin tidak akan bosan saat menunggu umpan pancingnya di makan ikan. Karena bisa sambil menikmati pemandangan alamnya yang memesona.

Di kawasan pantai ini juga terdapat Gua Karang Bolong yang terletak di sisi timur. Sebuah lorong yang cukup panjang mencapai 30 meter dengan lebar 10 meter dan tinggi sekitar 5 meter.

Karena bukan gua batu gamping, di dalam Goa Karang Bolong tidak dijumpai ornamen seperti stalaktit.

Jangan takut kelaparan, ada cukup banyak penjual makanan dan minuman yang dapat wisatawan beli dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Di kawasan ini pula terdapat cukup banyak penjual pakaian dengan nuansa pantai yang dapat dijadikan oleh-oleh. Jika berencana akan menginap, wisatawan juga bisa memilih penginapan di sekitar pantai Karang Bolong yang sesuai dengan budgetnya.

Untuk menuju pantai karang bolong Kebumen, bagi wisatawan yang datang dari arah Timur atau kota Yogyakarta, Kutoarjo, dan Kebumen Timur, rute menuju Pantai Karang Bolong yang dapat ditempuh adalah melintasi Jl Deandles. Ikuti jalan ini sampai menemukan papan petunjuk yang mengarah ke Pantai Suwuk.

Terus ikuti jalan tersebut hingga melewati jembatan yang kemudian Anda akan menjumpai pertigaan. Dari pertigaan belok kiri, terus hingga tiba di Alun-alun Karang Bolong.

Lurus lagi sampai ketemu pertigaan, lalu belok kanan dan Anda akan segera sampai di lokasi wisata Pantai Karang Bolong Kebumen.

Sedangkan bagi wisatawan yang datang dari arah barat atau dari pusat kota Kebumen dapat menuju ke Pantai Karang Bolong dengan melewati Jalan Karanganyar-Petanahan. Selanjutnya belok kanan melalui Jalan Deadles, dan ikuti rute seperti di atas tadi.

Ada pula alternatif lain rute menuju Pantai Karangbolong, yaitu dengan melalui Jalan Puring yang tembus ke Jalan Diponegoro. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti papan petunjuk yang mengarah ke Pantai Karang Bolong.

Namun, bila sedang ramai, kendaraan bisa diparkir di luar area kawasan yang telah disediakan oleh pengelola. Pada intinya, semua pantai yang ada di kebumen itu sangat mengesankan. Akhir kata, selamat berlibur.

Tulis Komentar