Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng 2.565 Mdpl

  • Whatsapp
Pendakian Gunung Prau Via Patak

Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng | Pendakian adalah salah satu olahraga extreme yang saat ini banyak di gemari oleh masyarakat, terutama bagi para pecinta alam.

Dari semua gunung yang pernah saya kunjungi, gunung prau adalah salah satu gunung yang paling indah, maka tak khayal jika gunung ini ramai oleh pendaki.

Muat Lebih

Gunung prau memiliki ketinggian 2.565 Mdpl yang terletak di dataran tinggi dieng dan meliputi tiga kabupaten yaitu kabupaten batang kabupaten kendal dan kabupaten wonosobo.

Perjalanan gunung prau dimulai setelah pendakian gunung sindoro, karena memang niat awal saya ingin mendaki gunung sindoro lalu ke gunung prau mencari bonus pemandangan.

Setelah turun dari gunung sindoro saya berangkat ke terminal mendolo tepatnya wonosobo dengan tarif 10 ribu rupiah, dari wonosobo berangkat menuju basecamp pendakian gunung prau yang terletak di desa patak banteng dengan tarif 25 ribu rupiah.

Sampai di Basecamp Pendakian

Perjalanan sekitar 1 jam dari terminal mendolo akhirnya sampai pada basecamp gunung prau. Setelah mengurus pendaftaran dan bersiap saya pun mulai pendakian pukul 10:00 waktu setempat.

Dengan tenaga yang tersisa sedari gunung sindoro saya pun mendaki dengan santai dan pelan. Di jalur awal pendakian saya sudah di suguhi pemandangan kebun milik penduduk setempat yang tertata rapi dengan berbagai jenis sayur dan lain sebagainya.

Setelah berjalan sekitar 15 menit akan sampai di pos 1 yang terletak di tengah perkebunan penduduk setempat, jalur mulai semakin terjal dan menanjak serta dilengkapi dengan bebatuan bercampur tanah.

Karena di perjalanan ini niat saya berjalan santai sambil menikmati keindahan negri atas awan maka tak terlalu memikirkan berapa jam sampai puncak, yang saya nikmati adalah perjalananya.

Baca Juga: Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung

Singkat cerita setelah berjalan sekitar 1 jam sampailah di jalur yang biasa disebut punggung naga oleh banyak pendaki, dari sini jalur sudah mulai landai dan sabana pun mulai dekat.

Sesampainya di sabana

Setelah sampai di sabana, kami langsung bergegas mendirikan tenda dan masak.

Hari mulai gelap namun cahaya bulan membuat sabana terang menambahkan kesan tersendiri, sungguh keberuntungan bagi saya bisa melihat bulan bulat penuh diatas ketinggian.

Setelah menikmati cahaya bulan barulah tidur agar tidak terlambat menyaksikan mentari pagi di puncak gunung prau.

Karena sabana dan puncak sangat berdekatan maka saya bangun sekitar jam 05:00, beda saat di gunung lainya yang harus bangun pagi sekali untuk summit attack.

Dan benar sensasi keindahan gunung prau memang beda dari gunung lain yang pernah saya naiki, setiap gunung memang memiliki sensasi dan kesan tersendiri namun yang saya rasakan di gunung prau memang beda sekali.

Disamping pemandangan gunung sindoro dan sumbing di gunung prau ini juga terdapat pemandangan yang tak kalah menarik yaitu bukit teletubies.

Nah itulah pengalaman pendakian saya di gunung prau via patak banteng.
Yuk ketempat yang belum pernah kita tuju.
Salam Lestari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *