Pendakian Gunung Pundak, Pemula Harus Tahu

Pendakian Gunung Pundak
Dokpri

Pengalaman Mendaki Gunung Pundak, Pendakian 1,585 Mdpl

Mendaki menjadi hobi mayoritas para anak muda era sekarang. Selain bisa belajar mencintai alam, mendaki gunung menjadi tantangan tersendiri. Sebab untuk menaklukkan satu gunung, butuh banyak persiapan. Baik mental maupun fisik. Tidak bisa sembarangan. Kita juga harus mengutamakan keselamatan. Pastinya, peralatan yang wajib untuk pendkian juga harus disiapkan.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang pendakian Gunung Pundak 1,585 Meter di atas permukaan laut (Mdpl) yang berada di Kota Mojokerto.

Lokasi Gunung Pundak

Untuk Anda yang belum pernah kesana atau baru pertama kali, sudah pasti akan bingung dengan lokasi Gunung Pundak.

Gunung ini terletak di Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Lebih tepatnya satu lokasi dengan wisata pemandian air panas yang juga termasuk kawasan hutan lindung Tahura Raden Soerjo.

So, untuk kalian yang masih bingung, tenang saja. Lokasi bisa dicari lewat GPS dengan mengetikkan kata kunci “pemandian air panas pacet,” jika sudah sampai lokasi, kalian tidak akan langsung menjumpai basecamp melainkan sebuah wisata ramai seperti pasar, kolam pemandian, pusat oleh-oleh dll.

Basecamp Gunung Pundak terletak di dataran yang lebih tinggi dari keramaian tadi yakni dengan mengikuti jalan aspal yang terus naik dan kalian akan menemukan basecamp Gunung Pundak.

Di lokasi ini wisata, yang disajikan tidak hanya pemandian dan pusat oleh-oleh saja, namun ada juga wisata air terjun yang sangat pas untuk kalian yang ingin mencari bonus wisata lain sedari melakukan pendakian Gunung Pundak.

Baca Juga: Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng 2.565 Mdpl

Estimasi Pendakian

Waktu pendakian dari basecamp sampai puncaknya tidak terlalu lama, mengingat Gunung Pundak ini memiliki ketinggian 1,585 mdpl, maka hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam 20 menit dengan perjalanan yang sangat santai.

Jika kalian berjalan dengan langkah cepat, maka bisa dipastikan waktu perjalanan juga lebih cepat dari perhitungan sebelumnya.

Jalur Pendakian

Pendakian Gunung Pundak
Dokpri

Seperti jalur pada gunung-gunung lain, jalur Gunung Pundak  juga dipenuhi dengan semak dan tumbuhan liar lainnya, namun yang membuat beda dari gunung ini adalah pohon bambu yang lumayan banyak.

Untuk tekstur jalannya, kalian jangan khawatir, terlebih untuk pemula karena jalan di jalur ini sangat landai, pas sekali untuk jalan santai.

Tak hanya landai, namun jalur ini juga terdapat beberapa mata air seperti pada pos pantau 1 dan pos pantau 3 sebelum puncak.

Untuk view dan spot foto, kalian tak perlu meragukan gunung yang satu ini, banyak spot foto yang indah karena pada puncak Gunung Pundak ini background utamanya adalah Gunung Welirang.

Satu lagi, di gunung pundak ini sabana dan puncak menjadi satu, jadi kalian tak perlu repot-repot lagi bangun pagi untuk melakukan summit attack seperti pada gunung yang lain.

Nah itulah sedikit pengalaman saya di Gunung Pundak, bagi kalian yang berminat melakukan pendakian kesana jangan lupa jaga sikap dan jaga lisan.
Salam lestari.

Tulis Komentar