Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung

  • Whatsapp
Pendakian Gunung Sindoro 3.153 Mdpl Via Kledung

Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung Jawa Tengah | Tinggal di Indonesia tentunya tidak asing lagi mendengar kata pendakian, di Pulau Jawa juga terdapat berbagai macam gunung, dari gunung yang masih aktif hingga yang sudah tidak aktif lagi. Ngomong-ngomong soal gubung yang ada di pulau jawa ini, Jawa tengah adalah juaranya.

Dari jawa timur, jawa tengah dan jawa barat yang paling banyak di kunjungi para pendaki adalah jawa tengah, selain pemandangan gunung yang indah.

Muat Lebih

Di jawa tengah gunung berdekatan antara gunung satu dengan gunung lainya, maka tak heran jika jawa tengah memiliki voting terbanyak setiap ingin melakukan pendakian.

Dan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang pendakian gunung sindoro via kledung, melihat surga dunia pendakian gunung sindoro via kledung.

Gunung ini terletak antara kabupaten temanggung dan wonosobo dengan ketinggian 3.153 Mdpl. Gunung sindoro merupakan gunung berapi aktif dengan bentuk kerucut tipe strato. Gunung ini kerap di juluki gunung kembar dalam artian bentuknya yang mirip dan letaknya yang berhadapan dengan gunung sumbing meski ketinggiannya berbeda.

Perjalanan dimulai dari surabaya tepatnya terminal bungurasih menuju terminal tirtonadi solo waktu tempuh 5 jam setengah. Lanjut dari solo menuju basecamp pendakian yang berada di kecamatan kledung, temanggung pukul 23:00 waktu setempat.

Baca Juga: Pendakian Gunung Butak Via Panderman (Open trip)

Karena kami sepakat mulai pendakian pagi maka sesampainya di basecamp kamipun langsung istirahat. Setelah mandi,berkemas dan mengurus administrasi seharga 15k per orang kami memulai pendakian pukul 07:30 waktu setempat.

Dan uniknya di gunung ini ada yang namanya pos 1 setengah dan karena jarak basecamp ke pos 1 setengah lumayan jauh akhirnya kami pun memutuskan untuk sewa jasa ojek yang seharga 20k per orang, lumayan bisa hemat tenaga.

Setelah sampai di pos 2 Gunung Sindoro 3.153 Mdpl Via Kledung

Setiba di pos 1 setengah kami melanjutkan perjalanan,dan karena pos 2 sudah dekat maka perjalanan kami memakan waktu kurang lebih 1 jam. Sesampainya di pos 2 kami istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke pos 3. Sesudah istirahat kami melanjutkan perjalanan menuju pos 3 karena jalur yang masih lebat dengan rumput.

Dan semakin menanjak membuat kami cukup kesulitan dan membuat kami harus berhenti berulang kali untuk istirahat. Jalur kledung ini adalah salah satu jalur yang populer di kalangan pendaki maka tak heran jika di sepanjang jalur kami bertemu banyak pendaki dan saling menyapa.

Pendakian Gunung Sindoro 3.153 Mdpl Via Kledung
Doc, pribadi zogie error

Setelah berjalan sekitar 1 jam setengah tibalah kami di pos 3. Karena menurut info yang kami dapat sunrisecamp sudah dekat maka langsung saja melewati pos 3 dan menuju ke sunrisecamp agar segera bisa mendirikan tenda dan masak.

Sesampainya di sunrisecamp mendirikan tenda, masak dll kami pun sedikit berbincang dengan tetangga tenda dan saling bertukar pengalaman seputar pendakian.

Tanpa terasa sudah jam 20:00 dan waktunya untuk tidur karena pagi-pagi sekali pukul 04:00 kami harus melakukan perjalanan summit ke puncak.

Pukul 04:00 waktu setempat setelah ngopi dan bersiap kami pun mulai perjalanan summit, jalur yang semakin terjal dan menanjak seolah tanpa ampun tidak membuat kami berpikir untuk menyerah, malah merasa tertantang dengan jalur tersebut.

Sampai di Puncak Gunung Sindoro 3.153 Mdpl Via Kledung

Singkat cerita sampailah di puncak pukul 05:40 waktu setempat,ada rasa haru,senang dan bangga menjadi satu seolah tak bisa di gambarkan dengan kata-kata.

Dari situ saya menyadari bahwa betapa kecilnya kami dibanding ciptaan Tuhan yang lain,maka tidak sepatutnya jika kita merusak alam dengan alasan keuntungan dan lain sebagainya. karena jika alam sudah marah apa yang bisa kita lakukan?

Sekian cerita pengalaman dari kami semoga menambah kecintaan kita kepada alam dan Penciptanya. Salam Literasi, Salam Lestari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *