Pentingnya Mentor Untuk Seorang Blogger

Mas Bek

Pentingnya Mentor Untuk Kesuksesan Seorang Blogger

Profesi sebagai blogger di-era digital seperti sekarang ini seakan menjadi magnet bagi generasi milenial. Tawaran popularitas dan penghasilan yang sangat menggiurkan memacu para generasi milenial mencari peruntungan sebagai blogger.

Banyak dari mereka yang sukses membawa blognya dikenal luas oleh para pengguna internet. Namun, ada juga sebagian orang yang mengeluh lantaran profesi blogger tidak semudah dan sama seperti yang telah dibayangkan.

Menjadi blogger bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang saat membuat blognya, sedangkan susah saat mengelolanya (manage).

Kesuksesan sebuah blog biasanya diukur dari visitor atau banyaknya pengunjung yang membaca di tiap harinya.

Namun, untuk membawa sebuah blog menjadi sukses bukanlah perkara mudah. Tentu, dibutuhkan yang namanya modal, kerja keras, keberanian, konsisten, dan mentor yang bisa menuntun kita hingga bisa menjadi seorang blogger yang pro di bidangnya.

Pada artikel ini, yang akan saya bahas adalah mentor.

Pentingkah Mentor Untuk Seorang Blogger?

Mas bek-min
Yang pakai kacamata mentor saya ini, hehe

Dari pengalaman pribadi, menjadi blogger memang bisa dilakukan secara otodidak, nggak usah pakai mentor-mentoran juga pasti sudah bisa membuat blog, dan menulis di blog.

Namun percayalah. Sangat sulit membuat sebuah blog bisa besar tanpa adanya seorang mentor.

Selama tiga tahun saya mengenal blog, saya hanya membuang waktu dan tenaga hanya untuk percobaan dan eksperimen.

Perlu diketahui, untuk membuat blog bisa besar dan dikenal banyak orang itu tidak bisa dilakukan sendirian (otodidak). Walaupun bisa, mungkin akan butuh waktu yang nggak sedikit.

Berbeda ketika kita mempunyai mentor, apalagi punya tim yang bisa saling melengkapi satu sama lain. Mungkin prosesnya akan lebih cepat.

Manfaat Seorang Mentor

Mentor bukan hanya sekedar orang yang mengajari kita tatkala belum tahu apa yang kita tahu.

Mentor lebih dari itu.

Mentor bisa membuat kita berani mengambil keputusan, keberanian, dan resiko dari apa yang telah dilakukan.

Mentor bukanlah kompetitor. Mentor akan selalu mendongkrak semangat untuk lebih berani mengambil keputusan. Mentor akan mempertemukan kita dengan orang lain yang juga dimentorinnya. Sehingga, koneksi tentang ngeblog menjadi sangat luas.

Kita juga bisa saling sharring dan berbagi satu sama lain. Bahkan bisa juga saling bantu.

Dalam dunia bisnis, apalagi bisnis online, untuk membuat blog bisa besar maka mencari mentor yang tepat sangat wajib dilakukan.

Ini bisa dilakukan dengan cara bergabung dengan komunitas-komunitas. Pastinya, yang sesuai dengan bidang Anda saat ini.

Tulisan ini ada karena untuk mengingat seorang mentor yang telah menuntun saya hingga menjadi blogger ganteng seperti sekarang ini.

Bergabung di komunitas blogger Tuban mempertemukan saya dengan mentor. Fotonya sengaja saya buat featured image di postingan ini biar terkesan romantis.

Nah, dari sini sudah bisa kita simpulkan bahwa kedudukan seorang mentor sangatlah penting untuk mendongkrak kesuksesan sebuah blog.

Sebenarnya bukan soal penting atau tidak, atau bisa dan tidak-nya. Tetapi, ini lebih mengarah ke ternyata seorang mentor sebenarnya akan sangat berguna bagi kita.

Tulis Komentar