Beranda Bisnis Blogger New Harus Sering Pencitraan, Ini Alasannya

Blogger New Harus Sering Pencitraan, Ini Alasannya

Pentingnya pencitraan untuk bisnis

Pentingnya pencitraan untuk bisnis – Bisa sukses menggeluti profesi sebagai seorang blogger memanglah idaman bagi mereka yang suka dengan aktivitas menulis di blog.

Namun, itu bukanlah perkara mudah. Yang pasti harus ada upaya keras untuk bisa mensukseskan sebuah blog.

Tidak hanya blog personal saja, media portal online lainnya pun demikian. Harus ada strategi khusus agar sebuah media dapat diterima dan dikenal baik banyak orang.

Bukan pamer!

Kadang orang-orang salah mengartikan strategi marketing ini. Niatnya promosi, malah dikira pamer.

Setahu saya, hanya ada 7 cara ampuh untuk membuat sebuah brand bisa dikenal luas di internet.

  1. Membuat konten berkualitas
  2. Punya ciri khas (karakter)
  3. Paham target pembaca (konsumen)
  4. Pencitraan di sosial media (promosi)
  5. Menggunakan strategi SEO (Optimalisasi Mesin Pencari)
  6. Bisa memberikan solusi kepada pembaca

Membangun sebauh brand bisa dikatakan sangat sulit. Untuk itu dibutuhkan strategi khusus.

Namanya strategi marketing.

Jika cara memasarkan saja tidak paham, bagaimana sebuah brand akan dikenal orang?.

Pamer dan promosi memang sangat mendekati. Namun bukan berati sulit untuk dipahami. Orang yang pamer lebih cenderung hanaya untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain, hanya itu.

Sedangkan promosi lebih dari itu.

Contohnya seperti ini: Sulastri adalah reseller celana dalam. Dia ingin namanya dikenal luas di jagat maya. Cara apa pun telah dilakukan untuk memasarkan produknya di internet dan sosmed. Termasuk memperkenalkan jenis-jenis celana dalam.

Hal itu dilakukan untuk membangun sebuah brand (nama) dia sebagai seorang reseller celana dalam. Pastinya, agar produknya semakin laris dan diminati banyak orang.

Nah, dari sini saya rasa anda sudah paham terkait pamer dan promosi. Memang sedikit mendekati, namun sangat mudah untuk dipahami.

Mengapa Blogger New Harus Sering Pencitraan?

Jika anda baru kemarin sore membuat blog, atau baru merintis sebuah bisnis, tentu masih banyak hal-hal yang harus anda lakukan.

Apalagi blogger new biasanya sering kebingungan.

Bingung membuat artikel, mencari visitor, otak-atik tema, bingung optimasi SEO, bingung akan susahnya memahami coding, dan lain sebagainya.

Itu wajar. Namanya juga pemula.

Jika anda tidak pernah merasakan susah dan pahitnya merintis blog dari awal, saya yakin anda tidak akan pernah merasakan kenikmatan menjadi blogger berpenghasilan di masa mendatang.

Tidak ada yang instan, semua dilakukan dengan proses.

Untuk membuat blog anda dikenal baik banyak orang, maka 7 cara di atas wajib diterapkan. Jika tidak bisa menerapkan semuanya, maka cara terbaik yang bisa anda laukan adalah pencitraan di sosial media.

Blogger sering menyebutnya dengan sebutan SEO Off-page atau optimasi sebuah halaman, di luar halaman website itu sendiri.

Pencitraan demi perkembangan bisnis di sosial media dan internet adalah suatu kewajiban bagi seorang internet marketer (blogger).

Ada beberapa keuntungan jika anda sering pencitraan demi kelangsungan bisnis anda.

Berikut ini manfaatnya.

Pentingnya Pencitraan Untuk Bisnis

1. Melatih Mental Berbisnis

Ketika anda sering mencitrakan bisnis anda di sosial media, tidak semua orang yang melihat produk anda akan senang.

Biasanya, kalau saking tidak senangnya, mereka akan melontarkan komentar negatif yang bisa menghancurkan mental seorang pembisnis.

Dari pencitraan tersebut, anda akan diajarkan suatu hal yang berharga yakni melatih mental.

Sama halnya dengan aktivitas blogging. Tidak semua orang suka dengan artikel yang telah anda bagikan di sosial media. Jika mental anda tidak kuat, anda akan tumbang dengan satu komentar negatif saja.

Jadi, selain untuk memperkenalkan produk atau brand, Imaging di medsos juga bisa melatih mental berbisnis kita.

2. Paham Akan Kebutuhan Konsumen

Tak hanya melatih mental saja, pencitraan juga sangat bagus untuk mencari tahu apa kebutuhan konsumen.

Biasanya, saat anda mengupload suatu produk di sosmed, mereka akan berkomentar jika memang tertarik.

Misalnya, saya mengunggah gambar produk obat kuat saya di sosial media. Kurang lebih captionnya akan saya buat begini “Hallo temen-temen kali ini saya akan memperkenalkan obat kuat paling top se-jagat maya. Untuk kalian yang ingin memuaskan istrinya, obat ini sangat direkomendasikan. Selain bisa memuaskan istri, obat yang satu ini juga sangat cocok untuk kesehatan.”

Ketika mereka tertarik, mereka akan berkomentar di status anda. Bahkan, pasti ada saja yang akan berkomentar dan bertanya seperti ini “Kak, obat pembesar payu dara ada?”

Bukan tidak mungkin, ini sangat mungkin sekali. Kalau mereka tidak butuh produk yang anda upload, mungkin saja mereka butuh produk lainnya yang mereka butuhkan.

Sama seperti blogger. Ketika anda sering pencitraan di sosmed, bisa jadi mereka akan menanyakan kepada anda tentang apa yang belum mereka pahami terkait blogging.

Baca Juga: Tips Konsisten Blogging Agar Blog Bisa Sukses

3. Memperkuat Brand

Seperti yang telah disampaikan di atas. Pencitraan sangat penting untuk membangun sebuah bisnis dan memperkuat brand.

Ketika brand anda sudah kuat dan dipercaya, maka akan sangat mudah untuk memasarkan produk maupun jasa.

Tidak percaya?

Silahkan dibuktikan!

Blogger juga demikian, ketika konten anda memiliki nilai plus, bisa menghibur atau memberikan solusi misalnya. Mereka akan selalu datang mengunjungi blog anda tanpa menyuruhnya.

Ini sudah kamus pasti yang tak bisa dibantah.

Sekilas, pencitraan memang terkesan menggelikan. Tetapi, ada manfaat yang bisa dinikmati dari hasil pencitraan sebuah bisnis, yakni memperkuat sebuah brand dan membangun kepercayaan pelanggan.

Sekian tentang artikel blogger new harus sering pencitraan ini. Semoga membantu dan saya berharap, orang-orang tidak berkecimpung di dunia online marketing tidak gagal paham.

Tulis Komentar