Inilah Pentingnya Sekolah Di Pesantren

  • Whatsapp
Sekolah di pesantren
Dari Santri Salaf Menuju Santri Internet Marketing

Menjadi islam sejak lahir merupakan suatu anugerah terbesar yang diberikan oleh Allah SWT. Sebab, agama islam adalah wahyu Allah yang diberikan kepada Nabi Agung Muhammad SAW. Untuk disampaikan kapafa manusia sehingga dapat hidup seimbang dan selalu beribadah kepada Allah SWT baik di dunia maupun diakhirat. Setiap orang tua, pastilah menginginkan anak-anaknya bisa hidup lebih baik dan senantiasa ingat terhadap Tuhannya.

Maka, tak heran bila para orang tua memasukkan anaknya ke sekolah di pesantren. Dengan masuk pondok pesantren, meraka akan mendapatkan pendidikan tentang agama secara mendetail.

Muat Lebih

Pesantren juga menanamkan perilaku sesuai pengajaran agama islam yakni ber-Akhlaqul Karimah, sopan santun adab ashor, Itulah salah satu pentingnya sekolah di pesantren. Siswa pesantren juga akan diberikan pengajaran ilmu Alqur’an, Nahwu Shorof, dan kawan-kawan.

Dengan mengetahui pelajaran tentang Al-Qur’an, Nahwu Shorof, dan kawan-kawan yang lebih dalam lagi, menjadikan setiap orang mampu membaca kitab suci umat islam itu dengan fasih. Dimana, setiap harinya kita memang diwajibkan mengamalkan Al-Qur’an.

Membaca Al-quran secara benar sesuai ilmunya setiap hari dapat membuat hati lebih tenang, damai dan berada dinaungan Allah SWT.

Tentu impian para orang tua, ketika dia meninggal anak-anaknya dapat menghadiahinya bacaan Al-Quran yang benar.

Pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan islam di Indonesia yang berusaha memelihara, meningkatkan keimanan dan mengembangkan fitrah dari sumbr daya insane menuju insan yang kami sesuai norma-norma islam.

Pesantren pun turut melahirkan sejumlah pemimpin besar di Indonesia, salah satunya KH. Abdurrahman Wahid.

Pentingnya sekolah di pesantren berikutnya adalah menjadikan santri-santri lebih mengenal Allah dan memahami dengan jelas hukum-hukum islam.

Ilmu Nahwu dan Sorof adalah beberapa pelajaran yang paling menonjol karena dianggap sebagai bapak dan ibunya ilmu. Pelajaran Nahwu dan Shorof ini menekankan pada cara membaca dan memahami kitab-kitab, terutama kita gundul atau kitab yang belum di syakal, seperti yang di utarakan dalam Nadhom Nahwu jawan (Hadist Qur’an iku angel ing ma’nane nanging nahwu bakal dadi pinuntune, wong kang tanpo Nahwu sesat budeq bisu prayogano ngudhi liyo jo kesusu).

Pendidikan pesantren juga mengajarkan etika bagi seorang murid yang sedang mencari ilmu. Tidak hanya fokus pada ilmu agama saja, melainkan juga memberikan pelajaran tentang cara bersosialisasi, hidup mandiri serta bertanggung jawab.

Prinsip pengajarannya adalah kebijaksanaan dalam islam, kebebasan yang terpimpin, mampu mengelola dan mengatur emosi diri dan mempunyai kebersamaan yang tinggi. Selain itu juga menghormati orang tua, guru serta orang lebih tua. Hidup sederhana dan Zuhud tak luput dari apa yang diajarkan di sekolah pesantren.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *