Fungsi dan Pentingnya Tautan Keluar Untuk SEO

Fungsi dan Pentingnya Tautan Keluar Untuk SEO

Fungsi dan Pentingnya Tautan Keluar Untuk SEO | Taukah Anda apa itu tautan keluar?. Tautan keluar ini adalah tautan yang ada di situs Anda yang mengarah ke Domain eksternal. Pertanyaanya adalah apakah tautan keluar ini bagus untuk SEO?.

Maka jawaban saya adalah “Ya” tautan keluar sangatlah bagus untuk SEO dan untuk jangka panjang sebuah blog.

Read More

Namun, untuk memasang tautan keluar ke situs Anda juga tidak boleh asal-asalan, misalnya Anda menaruh tautan keluar yang error atau mengandung virus malware dan lain-lain. Hindari ini agar performa web Anda tetap bagus.

Saya sering menganalisis situs-situs besar yang pastinya di dalam artikel situs tersebut ada tautan keluar. Tautan keluar tersebut memang berasal dari situs web yang berotoritas.

Dan sebagai contoh dari situs yang berotoritas adalah Wikipedia. Dengan demikian setiap artikel yang Anda berikan tautan keluar dari wikipedia akan memberitahukan kepada Google bahwa konten mereka sangat relevan dan berkualitas, lebih unggul dibandikan dengan yang lain.

Ada beberapa orang yang tidak mempercayai ini, aku sih cuek aja. Semuanya tergantung pada ketelitian dalam menganalisis sesuatu. Dan tentu saja, mereka yang ahli di bidang SEO juga punya caranya sendiri dalam optimasi setiap postingan-postingan yang akan di terbitkan.

Silahkan Anda lihat setiap postingan yang ada di blog saya, pasti saya akan menaruh satu link keluar (Outbond link) disetiap postingan.

Bukan untuk mempercantik postingan, atau untuk sekedar biar keren. Tetapi ini ada kaitannya dengan search egine.

Praktik terbaik untuk menambahkan tautan keluar

Anda memang bisa memasang link keluar sesuka hati Anda di halaman situs web Anda, namun Anda juga harus tahu ketika Anda terlalu gampangan memasang link situs web orang, itu artinya website Anda murahan. Kecuali Anda harus memasangnya atau memang ada hubunganya dengan situs Anda.

Untuk itu, silahkan pastikan Anda sudah memasang tautan keluar yang baik di situs Anda. Jika masih kurang mengerti silahkan ikuti dua poin di bawah ini:

  • Tautan hanya ke situs Otoritas – Pastikan Anda hanya memasang link keluar yang mengarah kepada situs web yang berotoritas tinggi, seperti tadi saya contohkan Wikipedia. Anda juga tidak harus memasang banyak link keluar walaupun link tersebut memang berotoritas, saran saya cukup satu link keluar dan satu link internal.
  • Jangan terlalu banyak memasang link di halaman situs Anda – Cobalah untuk membatasi setiap link yang akan Anda pasang di setiap postingan. Jika Anda terlalu banyak menaruh link dalam satu postingan, bisa saja postingan Anda akan di kira spam oleh Google. Jika Anda ingin memasang banyak link di halaman web Anda, beraeti Anda harus memperpanjang postingan tersebut yang nantinya akan di sisipkan link yang relevan.

Anda bisa membaca artikel SEO Lainya di sini

Jika terlalu banyak yang mengikuti tautan keluar di situs Anda, maka akan buruk untuk situs Anda. Anda harus mencoba dan membatasi jumlah tautan yang Anda pasang karena situs Anda mungkin terlihat spam terutama untuk bot dan selain itu, Anda juga bisa kehilangan banyak pengunjung karena teralu banyak rujukan ke situs lain

Baca: 7 Cara Spesial Meningkatkan Trafik Organik Blog Anda

Seperti yang dikatakan sebelumnya, hanya ikuti tautan yang mengarah ke situs otoritas. Tidak memasang tautan keluar sembarangan yang mengarah ke situs berkualitas rendah adalah bagian dari menjaga struktur SEO yang bersih.

Di blog ini hampir saya tidak memberikan tautan keluar sembarangan kecuali ada hubunganya dengan blog ini. Jika Anda ingin bertanya atau ingin berbagi pengalaman Anda mengenai tautan keluar Anda bisa berkomentar di bawah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments