Beranda Informasi Menarik Manfaat dan Pentingnya Website Untuk Lembaga Pendidikan

Manfaat dan Pentingnya Website Untuk Lembaga Pendidikan

Manfaat dan Pentingnya Website Untuk Lembaga Pendidikan

Tahukah anda betapa pentingnya sebuah website untuk lembaga pendidikan?. Jika belum tahu, saya akan berusaha memberitahu anda terkait pentingnya website untuk lembaga pendidikan.

Seperti yang telah kita tahu, perkembangan tekhnologi kini semakin pesat saja, hampir seluruh remaja di Indonesia saat ini mempunyai smartphon. Bahkan, bocah SD pun sekarang sudah diberikan izin oleh orangtuanya.

Saat ini, segala sesuatu dapat dipermudah dengan adanya Internet. Bukan hanya untuk mencari informasi saja, Internet juga bisa dijadikan sebagi alat transaksi kebutuhan kita.

Lebih tepatnya, sekarang ini banyak orang-orang yang mengandalkan Internet sebagai fasilitas pelayanan kebutuhan sehari-hari.

Misalnya Kasmudi lapar, terus mau keluar malas. Karena Kasmudi orang kota, kemudian Kasmudi berinisiatif memesan makanan online yang bisa datang dengan sendirinya.

Ini merupakan perkembangan zaman yang sangat luar biasa menurut saya. Namun tahukah anda?, dibalik semua itu ada website yang berperan sebagai rumah di Internet.

Jika diibaratkan, website adalah warung makan. Sedangkan Internetnya adalah jalan menuju warung tersebut.

Di luar sana, para pengguna internet melakukan pencarian informasi maupun ilmu pengetahuan bahkan untuk belanja kebutuhan sekalipun dilakukan lewat internet.

Hal ini membuktikan bahwa khalayak kian tidak mau disibukan dengan keterbatasan waktu dan juga kesempatan untuk melihat informasi.

Website Lembaga saat ini tengah menjadi tren di dunia pendidikan, bahkan sering sekali mendapatkan tanggapan yang bagus dari berbagai pihak, baik dari tenaga kependidikan siswa serta khalayak.

Website sekolah dapat dijadikan sebagai media pembelajaran online maupun yang lebih dikenal dengan istilah e-learning.

Hal ini bisa membantu memudahkan para pelajar untuk mengakses mata pelajaran tambahan yang seringkali diberi oleh dewan guru lewat situs sekolah sehingga jauh lebih tepat, berguna dan informatif, juga memberi wawasan.

Pentingnya sebuah website untuk lembaga pendidikan memang sudah seharusnya diterapkan guna untuk meningkatkan belajar mengajar, berkreasi, mengakses nilai, mengerjakan tugas dan lain sebagainya sebagai bentuk menumbuhkembangkan pendidikan karakter dan juga pengenalan tekhnologi informasi pada pelajar.

Akan tetapi, masih ada juga beberapa Lembaga yang tidak terlalu peduli akan pentingnya sebuah website. Ini tentu saja disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya ialah kekurangpahaman pihak sekolah untuk membangun atau mengelola website.

Di kota besar seperti kota Jakarta, kegiatan mobilitas yang tinggi ini seharusnya dapat dijadikan kesempatan yang baik untuk sekolah supaya bisa mengoptimalkan website sehingga nantinya siswa dapat berpindah arus, dari yang selama ini sering bergelut dengan aplikasi online maupun game online menjadi lebih tertarik ke website lembaganya.

Untuk gambarannya, saya akan mencoba memberikan gambaran kenapa website lembaga itu sangat penting.

Berikut Adalah Manfaat dan Pentingnya Website Untuk Lembaga Pendidikan

1. Mengetahui Profil Lembaga

Website merupakan rumah online untuk siapa saja, “bebas akses”. Dengan adanya website, maka orang yang mengakses bisa dengan mudah mengetahui isi profile dari lembaga tersebut.

Kegiatannya, penghargaan, ekstrakurikuler, lomba-lomba, struktur sekolah dan lain sebagainya.

Hal ini dapat memudahkan orang lain untuk lebih tahu terkait lembaga yang akan di tinjau.

2. Sebagai Media Informasi

Para pelajar biasanya akan mengakses nilai atau “NISN” (Nomor Induk Siswa Nasional) dari website Lembaganya yang dipublish oleh guru mereka lewat administrator web.

Tidak hanya untuk siswa, namun website sekolah juga dapat diisi oleh artikel yang bermanfaat untuk para pelajar dan orang lain pada umumnya.

Tentu saja hal ini bisa menjadi sisi positif sendiri untuk lembaga tersebut. Bisa memberikan informasi yang bagus dan bermanfaat.

3. Media Pemblajaran

Media Pemblajaran ini sebagai media pembelajaran online dari situs Lembaga yang akan memberi efek baik untuk kelangsungan pendidikan para pelajar.

Mereka jadi jauh lebih mudah belajar tanpa mengenal waktu dan juga tempat. Dengan begitu, maka nilai plus untuk mencerdaskan anak bangsa dengan sederhana dan jadi bervariasi bisa terealisasikan lewat media tulis online tersebut.

Maka dari itu, untuk Lembaga yang ingin membuat website bisa memakai beberapa cms gratis yang begitu mudah diaplikasikan misalnya seperti blogspot dan juga wordpress.

Atau jika anda mau membuat website yang lebih profesional bisa menghubungi saya melalui nomor whatsaap: 082335471464. Webiste lembaga seperti apa yang anda inginkan?. Silahkan menyapa saya.

Hal ini bertujuan untuk menjadikan Lembaga pendidikan lebih dikenal oleh masyarakat luas dengan website yang dimiliki nantinya akan berimbas baik untuk lembaga tersebut.

4. Media Promosi Lembaga Pendidikan

Setiap Tahun ajaran baru Lembaga pendidikan jelas membuka penerimaan pelajar baru untuk lembaganya, tentu saja.

Maka dari itu, selain browsur atau pamflet, media promosi yang bagus dan cerdas serta lebih keren ialah website Lembaga.

Masyarakat modern pastinya akan lebih senang mengakses informasi secara online.

Sudah jelas, website bagi sekolah memanglah banyak sekali manfaat positif jika dikelola dengan tujuan yang jelas dan benar.

Akan tetapi sampai saat ini, masih Banyak lembaga yang belum semua memunyai website sendiri.

Untuk itu, sudah seharusnya staf lembaga melakukan kontrol dan memperkenalkan website pada siswa-siswanya di era industri 4.0 ini agar lembaganya sendiri semakin maju dan memiliki generasi yang tidak gaptek.

Tulis Komentar