Beranda Adsense Penyebab BPK Adsense Kecil, Berikut Cara Mengatasinya

Penyebab BPK Adsense Kecil, Berikut Cara Mengatasinya

Penyebab BPK Adsense Kecil, Berikut Cara Mengatasinya

Penyebab BPK Adsense Kecil | Banyak penyebab yang mempengaruhi pendapatan Adsense, mengapa sih pendapatan Adsense kita kecil?. Jawaban yang paling pas yaitu; ya karena BpkNya kecil.

Hal seperti inilah yang dirasa paling menjengkelkan bagi setiap publishers Google Adsense. Saya pun juga mengakuinya.

Masa satu klik 400 rupiah, ya ampun,,,

Bukan hanya Bloggers saja yang merasakan hal semacam ini, Youtubers pun merasakanya jika nilai bpkNya sangat kecil.

Dan sudah tahukah Anda bahwa tidak sedikit yang mendapatkan hal buruk seperti ini.

Nilai klik dengan CPC besar adalah harga mati. Tentu saja kita juga tahu itu. Namun untuk mendapatkan cpc yang besar kita tidak hanya bisa mengandalkan script sharelink atau yang lain untuk meningkatkan CPC Adsense lalu menunggu para pengeklik iklan untuk mengekliknya.

Bukan itu, namun kita di tuntut agar bagaimana cara kita mengupayakan hal tersebut.

Ada saja penyebab mengapa ketika iklan yang ada di blog kita terlalu kecil harganya ketia ada orang yang mengeklik iklan.

Melalui pengetahuan saya dan pengalaman tersebut ketika saya mendapatkan klik yang lumayan banyak, namun harga CPCnya sangat kecil. Itu sungguh ngenes sekali bukan?.

Baca Juga: Cara Memasang Ads.txt di WordPress Via Cpanel dengan Mudah

Ternyata saya sedikit demi sedikit mengetahuinya, ternyata faktornya ada pada konten kita. Ada beberapa konten di blog saya yang memang memiliki CPC yang lumayan untuk blog Indonesia. 4.000/Klik.

Cara Mengatasi CPC Adsense Kecil

Seperti yang telah saya tahu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa CPC Adsense sangat kecil. Diantaranya sebagai berikut:

 

  • Konten blog
  • Jenis Iklan
  • Kata Kunci
Mari kita bahas ketiga penyebab di atas.

Konten Blog

Konten yang Anda buat harus memiliki relevansi yang kuat dengan iklan. Mengapa demikian?. Sepertinya kita sendiri juga sudah tahu bahwa iklan pendidikan adalah iklan yang mempunyai CPC yang lumayan.
Walaupun lumayan jika iklan yang mncul di blog Anda adalah iklan pendidikan namun munculnya di artikel yang membahas Tekhnologi inilah yang menyebabkan kecilnya CPC iklan pada blog kita.
Ini sudah menjadi reskio pada blog yang membahas banyak topik. Atau biasanya dikenal denga blog gado-gado.

Jenis Iklan Yang Anda Gunakan

Jenis iklan yang muncul pada blog Anda juga dapat mempengaruhi harga klik saat itu. Hampir sama dengan poin yang pertama namun poin kedua ini lebih mengartikan begini; jenis iklan yang anda pasang dalam blog Anda adalah jenis iklan yang tidak disarankan lansung oleh google.
Sedangkan Google menganjurkan untuk Anda sebagai pemilik blog agar memasang iklan jenis responsive. Coba untuk menggunakan iklan responsive dengan type image & text, seperti yang disarankan google.

Kata Kunci

Kata kunci juga juga menjadi penentu dimana Anda bisa mendapatkan nilai klik yang mahal. Tapi jangan salah, sebab jika kata kunci Anda salah, maka kunjungan Anda tentu akan memiliki nilai pps laman, cpc, dan rpm akan menurun.
Contohnya; seseorang datang berkunjung karena mencari kata kunci “Daftar kartu Telkomsel tanpa NO KK” Namun judul artikel Anda “Daftar kartu Indosat tanpa NO KK” sedangkan si pengiklan memasang iklan dengan kata kunci “Kartu Telkomsel” sudah pasti nilai CPCnya kurang ketika kunjungan itu terjadi.
Lantas, kenapa pengunjung bisa mendapatkan artikel anda sedangkan yang Anda bahas tentang telkomsel, bukan Indosat?
Penyebabnya karena Anda menggunakan kata kunci ini “Daftar” sehingga potensi pengunjung melakukan kunjungan ke blog Anda juga ada, tapi ketika pengunjung tersebut melakukan klik, nilai bayarnya pasti kecil.
Sebenarnya masih banyak penyebab iklan Adsense memiliki nilai klik yang sangat kecil, namun menurut saya, ketiga poin di atas adalah penyebab yang paling penting yang harus di perbaiki. Sekian semoga bermanfaat.

Tulis Komentar