Beranda Pendidikan Prioritasnya Dunia Pesantren Bagi Kemajuan Sebuah peradaban Pendidikan

Prioritasnya Dunia Pesantren Bagi Kemajuan Sebuah peradaban Pendidikan

santri-min

Indonesia, mengenal lama sudah pendidikan berbasis pondok pesantren. Pondok, pesantren sendiri awalnya merupakan edukasi yang mengemas kependidikan berbasis religius. Khususnya dalam ranah dunia ke-islaman.

Sejarah mengatakan, di Indonesia pondok pesantren dikenal sejak zaman poro wali. Namun, dulu penggemar edukasi berbasis pondok pesantren masih dikatakan minim. Sebab, dimasa pembabatan agama islam dahulu masih minim juga penganutnya.

Seiring berjalannya waktu, nama pesantren dikenal banyak orang pribumi dikancah nusantara. Pengaruh terbesar kemajuan pendidikan pesantren sendiri salah satunya tersiar dan berkembang pesatnya agama islam di Nusantara.

Dan diera digitalisme dan milenialisme ini, dunia lesantren juga tidak kalah bersaing dengan dunia pendidikan nonpesantren alias formal. Itu sebabnya, pesantren dapat Kita nilai sangat prioritas.

Apiknya lagi, dunia pesantren masa kini tidak hanya mengemas edukasi yang dikatakan edukasi ranah salafi. Saat ini, banayak pesantren yang juga mengemas edukasi maupun pendidikan berbasis formal.

Hal tersebut, berguna sebagai media pengimbang dari persaingan ranah edukasi. Jadi, jangan ragu tidak akan sekolah formal jika mondok. Sekarang pondok pesantren banyak yang mendirikan lembaga formalnya juga. Seperti tingkat Smp, Sma/Smk, bahkan sampai perguruan tinggi.

Meskipun pesantren mengemas edukasi formal. Pondok pesantren tidak akan meninggalkan kaidah-kaidah serta methode-methode kependidikan berbasis pesantren dan salafiy. Sebab, petapa pentingnya dunia pesantren harus dikedepankan sebagai salah satu edukasi dinegeri ini. Toh meskipun pesantren juga mengemas edukasi berbasis formal.

Prioritasnya dunia edukasi berbasis pesantren dapat ditinjau dari banyaknya pensantren-pesantren di ranah Nusantara. Jangankan ranah nusantara, cakupan provinsi saja, ratusan pesantren berdiri gagah disana.

Selain itu, penggemar sekaligus pengenyam pendidikan berbasis pesantren saat ini juga banyak sekali. Tidak dapat dikalkulasi berapa jumlah santriwan santriwati. Seakan-akan dari sabang samapai merauke ada perwakilan sosok seorang santri.

Kabar baiknya lagi, lembaga pesantren juga sudah diakui oleh negara. Jadi, buat Anda lulusan pesantren jangan meragukan ijazah dari pondok pesantren.

Maka dari itu dapat Kita garis bawahi kalau edukasi serta methode-methode pendidikan berbasis pesantren sangat prioritas bagi kemajuan sebuah peradaban pendidikan di Tanah air.(Ane/kp)

Tulis Komentar