Beranda Pendidikan Lembah Manah Dan Proses Berumah Tangga

Lembah Manah Dan Proses Berumah Tangga

Lembah Manah Dan Proses Berumah Tangga

Lembah manah dan Proses berumah tangga | Pernikah merupakan salah satu sunnah rosul yang sangat dianjurkan. Sebab, menikah juga merupakan salah satu jalan untuk menghidup-hidup agama lewat keturunan yang dihasilkan dari pernikahan tersebut.

Orang jawa menyebut nikah bermacam-macam. Salah satu darinya adalah omah-omah. Yang dimaksud dari omah-omah merupakan orang yang sedang nikah tersebut akan merajuk dan membangun suatu rumah tangga baru.

Jika Kita berbicara tentang rumah tangga, tentu kita akan dipaparkan dengan segudang pembicaraan sekaligus gagasan yang mengenai rumah tangga. Sebab, rumah tangga atau kajian tentang membangun rumah tangga sendiri sangatlah banyak sekali.

Begitupula dalam kacamata lebar, berumah tangga tidaklah semudah apa yang kita bayangkan. Adakalanya sang laki-laki harus berani menafkahi. Ada kalanya yang perempuan juga harus sudi melayani. Dan lain sebagainya.

Namun, perkara yang sangat diwaspadai dikala merajut rumah tangga adalah munculnya suatu konflik didalam rumah tangga tersebut. Sebab, begitulah hidup. Air tak selamanya mengalir tenang. Kadang juga mengalir deras.

Dan apabila terjadi konflik pada rumah tangga, entah apapun itu sebabnya, disitu pasti ada kemungkinan suatu hal yang tidak di inginkan terjadi. Misalkan saja samapai pegatan atau cerai.

Hal semacam itu merupakan suatu godaan setan atau cobaan yang mencoba merusak rumah tangga. Sebab, jika rumah tangga itu rusak, setan akan tersenyum bahagia. Karena mereka berhasil mematahkan amalan sunnah yang terkandung dalam membangun rumah tangga.

Untuk menanggulangi hal tersebut tentu tidaklah semudah apa yang kita bayangkan dan kita bicarakan saat ini. Sebab, hal yang bersangkut paut dengan rumah tangga terkadang hal yang bersangkut paut dengan hati atau perasaan.

Jadi, hal tersebut juga harus ditanggulangi atau disikapi dengan tindakan yang menggerus perasaan. Salah satunya adalah lembah manah.

Lembah manah merupakan istilah seseorang atau manusia yang berjiwa mau mengalah. Toh disitu tidak salah atau menyalahi.

Nah, lembah manah sendiri juga termasuk ramuan paling penting dalam proses merajut rumah tangga. Namun, hal tersebut sering kita lalaikan dan tertutup oleh bebal pula egoisme yang kita agung-agungkan.

Dalam artian, jika ada suatu konflik pada rumah tangga disitu harus berani mengalah salah satu. Entah yang laki-laki atau perempuan.

Sebab, jika tidak, konflik akan terus berlalu lama. Jadi, tidak perlu malu untuk saling mengalah dan minta maaf. Toh meskipun kita bukan yang salah.

Baca Juga: Dunia Pesantren Adalah Pendidikan Terbaik

Hal tersebut memang sangatlah sulit untuk diterapakan dan dilakukan secara langsung. Akan tetapi jika di ingat ingat dan berani bertindak, pasti akan tercapai.

Seyogyanya kita mengingat dan sadar lebih dalam lagi. Membangun rumah tangga tidaklah semudah apa yang kita bayangkan. Sebab, meskipun ada konflik dan ada salah satu diantaranya yang sudah mau mengalah. Disitu, belum tentu menyurutkan sebuah konflik. Sebab, berumah tangga itu butuh proses bukan butuh jadi.

Yang jadi itu juga butuh proses, yang proses juga belum tentu jadi. Yang sudah jadi terkadang kala juga tebengkelai, yang masih proses kadang kala juga terpecah belah.

So, jangan remehkan berumah tangga. Sebab setan tidak kurang jalan menjatuhkan kita. Oke. Selamat berbahagia. Dan semoga bermanfaat.

 

Tulis Komentar