Beranda Romance Rahasia LDR Yang Sudah Terbukti Mantap

Rahasia LDR Yang Sudah Terbukti Mantap

LDR
@mbae.ngguyu_

Disebuah Kost-kostan di daerah Jakarta pusat, ada tiga anak wanita yang semuanya adalah para pejuang Ldr. Mereka telah menjalani Ldr tidak hanya dua atau tiga tahun, bahkan salah satu dari mereka setelah saya tanya sudah 6 tahun menjalani Ldr, sejak mereka lulus dari bangku SMK.

Tidak semua orang bisa menjalani hubungan Ldr dengan mulus, jarang sekali ada yang kuat. Jika memang ia kuat. Tentu saja mereka punya Komitmen yang kuat juga, apa sih rahasia Ldr dari para pejuang Ldr?

Bagi orang-orang yang tidak pernah menjalani hubungan jarak jauh (Ldr) mungkin akan sulit membayangkan bagaimana perjuangan pejuang-pejuang LDR. Bahkan ada juga beberapa orang yang menghindari hubungan semacam ini karena dianggap terlalu beresiko dan sangat rentan untuk gagal.

Mereka berpikir bahwa hubungan jarak jauh lebih membutuhkan energi dan usaha ekstra daripada hubungan yang biasa atau non Ldr.

Hubungan jarak jauh adalah hubungan yang kuat karena diusahakan oleh dua orang yang sama-sama berjuang untuk selalu “dekat” walaupun dalam keadaan jauh. Dekat disini bukan hanya berarti dekat secara fisik, tetapi juga dekat secara emosional dan spiritual. Lalu bagaimana para pejuang LDR diluar sana membuktikan bahwa hubungan jarak jauh bukanlah hal yang mustahil?

Bagaimana sih caranya, apa rahasianya agar hubungan jarak jauh bisa berjalan mulus?

Ada beberapa Tips Khusus Yang mungkin saja anda belum tahu.

Berikut Ini Tips Untuk Anda Yang Menjalani LDR

1. Komitmen Adalah Kunci Utama

Bagi para pejuang LDR, mungkin akan sangat akrab dengan perasaan “penuh harapan” diawal-awal hubungan. Rasa optimis terhadap hubungan jarak jauh yang mereka jalin akan berhasil.

Perasaan tersebut muncul karena komitmen yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Kekuatan komitmen lahir dan batin inilah yang mutlak dimiliki oleh pejuang LDR karena memang landasan sebuah hubungan adalah komitmen antar pasangan.

Komitmen mengikat satu sama lain, ibarat rumah, komitmen memulangkan semua yang telah tinggal didalamnya. Ketika dua orang berkomitmen, maka seluruh komponen alam semesta akan bersama-sama mengamini.

2. Membuang Jauh Egois dan Saling Berkompromi

Rasa rindu terkadang memang menuntut untuk ingin segera bertemu. Namun tidak ada daya, karena jarak yang tak cukup dekat untuk ditempuh kadang membuat kita frustasi dan stress.

Apalagi ketika komunikasi kurang lancar, disatu sisi perubahan mood yang membuat masalah semakin terlihat rumit.

Satu-satunya jalan keluar adalah berkomunikasi via telepon, video call, atau yang lebih sederhana lagi mengirim pesan atau chatting.

Dibutuhkan hati yang lapang dan kemauan untuk menurunkan sedikit ego untuk bisa berkomunikasi secara sehat. Sisihkan dulu apa-apa yang memberatkan hati dan pikiranmu, kemudian bicarakan rasa rindu dan masalahmu.

“Yang kamu butuhkan hanya sedikit tarikan nafas dengan perasaan dan senyuman. Apapun masalahmu bicarakan dengan hati yang ringan, jangan memakai emosi.”

Hubungan jarak jauh adalah hubungan yang “memaksa-mu” untuk selalu berkomunikasi. Apapun itu komunikasiknlah dengan pasangan, berkompromilah.

Satu kelebihan hubungan jarak jauh adalah hubungan yang mengedepankan “value”, bukan hanya sekedar komunikasi ringan. Namun, gunakanlah waktu berkomunikasi ini secara lebih “dalam”. Lebih dalam dalam mengenal pasangan dan karakternya. Lebih dalam lagi dalam memahami dan bertoleransi antara persamaan dan perbedaan. Hal ini akan membuka pikiran dan hatimu jauh lebih terbuka dan akan tahu lebih mendalam karakter pasanganmu.

3. Saling Menjaga Kepercayaan dan Pikiran

Percaya atau tidak. Menjalani LDR membutuhkan rasa percaya yang kuat terhadap pasangan. Hal ini karena kita “membiarkan” pasangan kita hidup diantara ratusan ribu manusia yang sama-sama memiliki peluang untuk menjadi pendamping hidupnya, baik di lingkungan kerja, hobi, atau pertentanggan.

Belum lagi setiap pasangan harus menjalani hidup “single” ditempatnya masing-masing. Ujian-ujian semacam itu dalam hubungan jarak jauh butuh direkatkan dengan rasa percaya yang sama-sama kuat antar pasangan.

Perasaan-perasaan seperti ragu, was-was, tertekan, mungkin akan muncul dalam perjalanan pejuang LDR, Ini Pasti!.

Untuk itu, Rutinitas Komunikasi tidak boleh putus, Sesibuk sibuknya anda jika menjalani Hubungan LDR Usahakan tidak putus komunikasi.

Hilangkan pikiran dan prasangka negatif dan fokuskan pada pengembangan serta perbaikan diri. Karena menjalin hubungan tidak melulu tentang kebersamaan secara fisik. Pengabaian mungkin tidak selamanya buruk, justru sebuah pengabaian terkadang adalah bentuk perjuangan. Misalnya pengabaian karena pekerjaan.

4. Fokus dengan Niat Awal, Lalu Merawat Hubungan Jarak Jauh

Rasa bosan sudah pasti menghampiri para pejuang LDR. Ada beberapa yang kemudian melampiaskan kebosanan tersebut dengan melibatkan teman lawan jenis yang dianggap nyaman (comfort friend).

Hal ini yang kadang terjadi karena tidak adanya komunikasi yang baik. Komunikasi yang kurang terbuka, biasanya berujung pada tidak ada lagi bahan untuk dibicarakan. Maka, carilah hal-hal baru untuk didiskusikan bersama, menghidupi diskusi adalah hal utama untuk memperkuat hubungan anda.

Hubungan jarak jauh adalah hubungan dengan perawatan ekstra, ibarat katus yang tidak membutuhkan air, tapi bukan berarti tidak butuh disiram.

Tentukan waktu untuk bertemu, berbicaralah secara dalam dan terkadang berilah sedikit “jarak” atau waktu bagi pasangan untuk me-time.

Terbatasnya kedekatan secara fisik membuat hubungan jarak jauh lebih menekankan pada kedekatan emosi dan spiritual. Komitmen, komunikasi, keterbukaan, rasa kasih sayang, dan toleransi adalah kunci suatu hubungan termasuk hubungan jarak jauh.

Bagi anda yang sedang menjalani hubungan jarak jauh, mendewasalah bersama hubunganmu. Bangunlah kepercayaan bersama. Fokuslah pada hal-hal positif, jagalah rindumu baik-baik. Jadikan itu motivasi untuk selalu berbenah diri.

Beberapa tips LDR di atas adalah hal hal paling penting yang harus di terapkan ketika menjalani Ldr. Ldr memang sulit. Tetapi, Sesulit apapun Ldr jika di jalani dengan Niat awal yang kuat, Komitmen yang kuat, saya yakin akan bisa berjalan dengan mulus. Karena penulis juga termasuk pejuang LDR :). Akhir kata selamat berjuang.

Tulis Komentar