Review Basecamp Sebelum KKN PAR Dusun Pambon Brondong Lamongan

  • Whatsapp
Review Basecamp

Bulan Agustus adalah bulan yang super sibuk bagi para mahasiswa semester akhir Iai Tabah Paciran Lamongan. Di saat mahasiswa yang lain sedang asyik berlibur-liburan, namun tidak bagi mahasiswa semester akhir. Mahasiswa semester akhir harus bersiap-siap untuk melaksanakan kegiatan wajib yang sering disebut KKN (Kuliah kerja nyata).

KKN adalah salah satu bentuk pengapdian kepada masyarakat yang dilaksanakan kurang lebih 1-2 bulan.

Muat Lebih

Nah, dari kegiatan KKN ini para mahasiswa di tuntut untuk terjun di masyarakat dan bersosialisasi serta berproses langsung dengan mereka.

Untuk itu, sebelum KKN di laksanakan, kami para mahasiswa harus melihat lokasi dulu. Selain melihat tempatnya, kami juga harus melihat kebiasaan dan adat masyarakat tersebut agar nantinya tidak ada kesalah pahaman antara mahasiswa dengan masyarakat setempat.

Karena untuk menghadapi lingkungan baru, masyarakat yang baru serta kebaruan yang lain bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan.

Oleh karena itu, kita butuh persiapan. Dan setidaknya kita sudah mempersiapkan sebelum terjun ke lapangan langsung.

Nah, kebetulan saya dan 9 teman-teman mahasiswa lainya mendapatkan lokasi yang tidak begitu jauh dengan kampus.

Kami mendapatkan lokasi di Desa Brengkok Dusun Pambon Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Jika kalian masih bertempat di pesisir Lamongan, tentu saja kalian pasti tahu dusun pambon.

Siang tadi, kami tidak hanya melihat lokasi basecamp yang akan kami tempati selama satu bulan kedepan. Tetapi, kami juga sempat berwawancara hangat dengan kepala dusun pambon, yaitu beliau Bapak Mualim.

Beliau sangat baik. Terbukti saat kami datang, beliau menyambut kami dengan senyuman indah, lebih indah dari senyuman mbak indah tetangga saya.

Agar wawancara tetap hidup, kami sempat bertanya-tanya mengenai potensi yang ada di Dusun setempat, ala-ala basa-basi. Dan untung saja ketua kelompok kami sangat pandai dalam berbasa-basi.

Namanya Ansori dari Babat Lamongan, Ia menanyakan soal pertanian yang ada di Dusun Pambon, selain pertanian ia juga menanyakan soal kegiatan Agustusan yang ada disana.

Pokoknya basa-basi. Tetapi bukan sekedar basa-basi, dengan kita berwawancara secara mendalam, kita juga akan tahu apa saja yang perlu kita ketahui soal lokasi baru yang akan kita tempati saat KKN berlangsung.

Sedikit review

Review Basecamp

Saya rasa, kelompok saya adalah salah satu atau bahkan satu-satunya kelompok yang paling beruntung.

Kenapa?

Karena Bapak Mualim sangat baik, beliau menyediakan tempat tinggal yang sangat layak untuk kami para cecunguk mahasiswa.

Awalnya kami tidak fokus dengan tempat tinggal, yang kami fokuskan hanyalah mengenai masyarakat setempat. Tetapi, karena kebetulan tempat tinggal yang akan kita jadikan basecamp kkn tersebut sangatlah mewah, kami jadi kehilangan niat awal, apalagi yang gadis-gadis itu.

Untuk itu, kami sangat berterimakasih kepada Bapak Mualim selaku Dusun Pambon karena telah menyediakan tempat yang super layak untuk kami semua.

Semoga, dengan fasilitas yang telah disediakan, kami bisa tambah bersemangat menjalankan tugas kknnya. Sekian review basecamp kami di Dusun Pambon Brondong Lamongan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *