Ingin Buat Sablon Komunitas? Baca Artikel Ini Dulu

by Fathnan Id Oktober 01, 2021
Buat sablon Komunitas

Baca artikel berikut sebelum Anda memutuskan buat sablon komunitas Anda. Berbicara tentang atasan pakaian yang simpel dan bisa juga terlihat elegan, kaos memang masih menjadi primadonanya. Sekarang ini, produk-produk kaos custom menjadi semakin diminati oleh setiap kalangan khususnya milenial dan gen Z.

Pemilihan kaos custom sering dijadikan sebagai dress code suatu acara atau event, mulai dari skala kecil hingga skala besar.

Tak jarang beberapa kelompok memutuskan untuk buat sablon komunitas sebagai identitasnya.

Tiap-tiap orang akan mengajukan berbagai desain kaos sablon komunitas yang kemudian disetujui oleh pemimpin komunitas berdasarkan voting suara.

Pesona kaos dengan desain yang unik dan menarik akan memberikan kesan kekinian dan elegan. Di samping itu, kaos juga sangat gampang untuk dipadukan dengan outfit tambahan seperti kemeja ataupun blazer.

Kaos sablon memang tawarkan gaya busana yang cenderung keren dan kekinian. Namun, beberapa komunitas justru masih bingung akan menggunakan bahan kaos dan teknik sablon yang seperti apa karena masing-masing cukup berbeda.

Tentunya Anda dan teman-teman komunitas perlu melakukan riset dengan baik agar bahan dan teknik sablon yang ditentukan tidak berpengaruh pada hasil desainnya dan tentunya kenyamanan saat Anda memakainya.

Butuh sablon kaos atau cari kaos polos? Windofa Apparel jual kaos polos Jakarta terlengkap dengan harga murah, kualitas terjamin.

Jenis-jenis Bahan Untuk Sablon Kaos

Jenis jenis bahan sablon

Agar Anda tidak salah memilih bahan, berikut beberapa ulasan yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum Anda mulai buat sablon komunitas.

1#. Cotton combed

Menjadi salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk menyablon kaos, cotton combed memang menjadi pilihan terpopuler.

Merupakan bahan yang murni dibuat dari serat kapas dan proses pembuatannya sedikit berbeda dari kaos pada umumnya. Cotton combed cenderung lebih halus, lembut, kuat, dan rapi. Tentunya sangat cocok untuk bahan kaos sablon Anda.

2#. Cotton carded

Sedikit berbeda dari combed, serat dari cotton corded agak kasar dan tidak rata, tetapi harganya lebih terjangkau. Meskipun demikian, cotton corded cukup nyaman untuk digunakan sehari-hari dan cukup bagus untuk sablon.

3#. Cotton bamboo

Memiliki serat yang lebih ringan dari cotton combed, cotton bamboo memiliki daya tahan susut yang super dan hasil rajutan yang bagus.

Untuk digunakan sehari-hari pun cukup adem dan enak. Kualitas gambar sablonnya tergolong bagus dan rata.

4#. Cotton spandex

Jenis cotton spandex bisa dipertimbangkan sebagai bahan kaos sablon komunitas Anda. Merupakan perpaduan dari dua bahan yakni katun dan spandex, menghasilkan karakteristik bahan yang adem, elastis, dan tahan lama. Selain itu, kualitas gambar sablon juga tak kalah baik.

5#. Cotton slub

Miliki karakteristik bahan yang ringan dan bertekstur, kaos dengan bahan jenis cotton slub sudah tak perlu lagi disetrika.

Selain itu, harganya juga cukup terjangkau daripada cotton combed. Namun, untuk dijadikan kaos sablon cukup kurang bagus dan rata.

6#. Cotton tri-blend

Terbuat dari gabungan tiga bahan yakni katun, rayon, polyester, kombinasi ketiganya membuat bahan kaos jenis ini dikenal unik dan punya karakteristik tersendiri.

Katun dikenal sebagai bahan yang halus dan adem. Rayon miliki sifat bahan yang lentur, sedangkan polyester akan membuat kaos tidak mudah menyusut dan pembersihannya gampang. Perpaduan yang cukup menarik, kan?

7#. Cotton supima

Dibuat dari serat kapas prima yang berada di perkebunan Amerika, cotton supima memiliki karakteristik yang lebih tebal, nyaman digunakan dan juga adem. Menjadi salah satu kapas yang terbaik di dunia, bila digunakan untuk buat sablon komunitas kualitasnya akan bagus.

Jenis-jenis Sablon Untuk Kaos Komunitas Anda

Setelah mengetahui bahan apa yang akan Anda gunakan melalui ulasan sebelumnya. Kini, giliran jenis-jenis sablon yang akan menentukan kerennya hasil kaos komunitas Anda.

1. Sablon DTG

Menjadi salah satu yang tengah naik daun di kalangan komunitas sablon kaos. Sablon DTG menggunakan digital printing sehingga hasilnya akan sangat detail dan jelas.

Cetak warna putih sangat dianjurkan. Meskipun begitu, karena produksi biaya yang cukup tinggi menjadikan teknik sablon ini cenderung dibanderol mahal.

2. Sablon discharge

Dikenal sebagai teknik dari cabut warna, sablon jenis ini cukup banyak digunakan pada kaos distro. Gunakanlah kain dengan warna-warna gelap agar sablon yang dihasilkan lebih maksimal dan hindari warna terang.

3. Sablon rubber

Sablon rubber juga cukup banyak digunakan sebagai kaos sablon komunitas. Mengapa sablon jenis ini begitu diminati?

Alasannya karena selain awet, biaya produksi yang dibebankan tergolong lebih murah dengan tinta timbul yang melar dan elastis sehingga lebih tahan lama.

4. Sablon plastisol

Apabila Anda ingin buat sablon komunitas dengan sablon plastisol, akan disediakan banyak sekali pilihan warna yang bisa saja memberikan efek cerah pada hasil akhir desain Anda.

Namun, Anda perlu perawatan ekstra hati-hati dan benar agar tintanya tidak mudah mengelupas akibat panas yang berlebihan.

5. Sablon glow in the dark

Anda memang tidak salah, sablon jenis ini memang mampu menghasilkan cahaya di tempat-tempat gelap. Mengapa demikian? Hal tersebut dihasilkan dari kandungan fosfor yang terdapat dalam tintanya. Selain itu, ketahanan sablon ini juga cukup awet.

6. Sablon flocking

Memberikan kesan flock atau berbulu merupakan ciri khas dari sablon jenis ini. Penggunaan tinta khusus lah yang memberikan efek tersebut. Sola kualitas, sablon flocking juga terbilang awet.

7. Sablon polyflex

Tergolong sebagai sablon digital, sablon jenis ini mampu ciptakan ketajaman warna yang tinggi dan warna yang dihasilkan pun padat.

8. Sablon pigmen

Cocok digunakan dengan bahan kaos berwarna terang, sablon pigmen memiliki tinta yang penyerapannya lebih mudah dalam serat kain.

Namun, sablon jenis ini, tidak bisa digunakan pada kaos yang berwarna gelap.

Berikut Tips Untuk Buat Sablon Kaos Komunitas Anda

Sudah dapat pengetahuan tentang jenis-jenis bahan dan sablon, kini saatnya Anda menyimak tips berikut ini agar kaos komunitas yang akan Anda kenakan lebih menarik, kekinian, dan modis.

1). Sematkan identitas komunitas dalam desain

Berisi beberapa orang yang memiliki beragam ide, perasaan, dan kerap berkumpul menjadi satu. Tentunya, untuk membuat kaos Anda tidak bisa sembarangan.

Pastikan desain kaos yang dibuat terdapat identitas komunitas di dalamnya.

Terkadang tak hanya satu orang yang menyiapkan ide desain melainkan banyak orang. Jadi, perlu banyak pertimbangan yang matang sebelum desain yang dihasilkan mewakili seluruh ide dan perasaan tiap-tiap anggotanya.

2). Penuh makna dan simpel

Tentunya setiap komunitas ingin memiliki kaos yang unik dan menarik. Maka dari itu, pertimbangkan desain kaos sablon komunitas Anda dengan baik.

Usahakan untuk tidak terlalu ramai dan rumit. Buatlah yang mudah dimengerti dan lebih simpel, hal itu akan lebih memberikan kesan elegan dan modis.

Perhatikan Hal-hal Ini Saat Membuat Logo Desain

Pertama, tipe logo apa yang akan digunakan komunitas Anda. Pada dasarnya logo ada dua jenis yakni logogram yang lebih menggunakan banyak tulisan serta logogram yang menggunakan gambar.

Kedua, pilihan warna tak lepas dari pembuatan logo desain. Perlu diketahui Anda akan menggunakan warna logo yang bergradasi atau hanya satu warna saja, karena akan berpengaruh pada penyablonannya.

Desain satu warna akan lebih mudah pengerjaannya karena tidak ada proses separasi warna.

Ketiga, proses kreatif yang tentunya tak bisa dilewatkan. Mulai dari pencarian ide hingga eksekusi ide menjadi bagian penting untuk terciptanya sebuah logo desain yang akan menjadi ciri khas komunitas Anda.

Tak Ada Unsur Penghinaan Pada Komunitas Lain

Anda bisa membuat desain yang benar-benar sesuai dengan komunitas Anda, tetapi tetap ingat satu hal yakni untuk tidak menghina ataupun merendahkan komunitas lain.

Alangkah baik, kalau desain yang Anda buat memberikan inspirasi untuk orang lain.

Sesuaikan budget

Menjadi salah satu yang paling penting saat buat sablon komunitas. Anda perlu berunding dahulu dengan teman-teman satu komunitas Anda.

Pilihlah jasa pembuatan sablon yang menawarkan harga terjangkau tetapi tetap memiliki kualitas yang bagus. Tentunya, jika Anda menemukan jasa sablon dengan tepat, kaos dengan harga terjangkau tetapi bagus akan didapatkan.

Tiga poin di atas bisa dijadikan pertimbangan sebelum Anda mulai buat sablon komunitas impian Anda. Pastikan untuk memilih bahan dan teknik sablon dengan hati-hati agar tidak kecewa saat hasilnya jadi.

Selain itu, perhatikan juga tips-tips yang telah diberikan, agar kaos yang Anda gunakan bisa membawa nama baik komunitas Anda dan tentunya terlihat keren dan modis saat Anda memakainya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *