Saat ini belajar digital marketing atau belajar pemasaran online merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh setiap orang jika tidak ingin tergerus oleh perkembangan zaman. Belajar pemasaran online bisa dilakukan oleh siapa saja. Termasuk para santri. Pasalnya, saat ini sudah banyak lulusan pesantren yang juga mengikuti arus perkembangan teknologi dengan mempelajari digital marketing.

Rasanya kurang tepat, jika Anda berpikir bahwa lulusan pesantren hanya mempelajari ilmu-ilmu agama dan mengaji saja. Karena di samping itu, lulusan santri juga harus bisa mengikuti arus perkembangan teknologi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Jika Anda sendiri merupakan lulusan pondok pesantren dan ingin belajar pemasaran online, why not?

Manfaat Digital Marketing (Pemasaran Online)

Manfaat internet marketing

Di zaman perkembangan teknologi yang semakin maju ini membuat aktivitas pemasaran tidak hanya dilakukan secara konvensional, melainkan dapat dilakukan secara online.

Hal tersebut merupakan perubahan yang mutlak, dan Anda harus bisa mengikuti perubahan tersebut. Hal inilah yang harus diketahui oleh semua kalangan, khususnya para generasi muda hingga lulusan pesantren sekalipun.

Sebelum mengetahui lebih lanjut, ada baiknya jika Anda mengetahui manfaat pemasaran online, di antaranya sebagai berikut :

1. Unlimited Space dan Waktu

Saat ini, hampir setiap orang menggunakan internet. Baik untuk bermain sosial media, bekerja, belajar hingga belanja. Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan internet sebagai Digital marketing.

Karena internet sendiri disediakan untuk diakses setiap saat. Hal tersebut memungkinkan seseorang dapat mengunjungi produk atau jasa yang Anda pasarkan secara online.

2. Menghemat Biaya Pemasaran

Jika selama ini Anda berpikir bahwa pemasaran membutuhkan modal yang cukup besar, namun dengan pemasaran online inilah bisa menawarkan produk atau jasa tanpa membutuhkan modal yang besar.

Bagaimana tidak?

Biaya marketing online tergolong lebih murah dibandingkan dengan pemasaran online. Hal ini dikarenakan Anda bisa memasarkan barang di website sendiri atau bekerja sama dengan orang lain.

3. Mudah Mendapatkan Target Pasar

Dengan melakukan pemasaran online, Anda bisa mendapatkan target pasar dengan mudah. Bagaimana tidak? Karena jangkauan pasar menggunakan internet lebih luas dibandingkan secara offline.

Keuntungan pemasaran online inilah yang seringkali memotivasi seseorang dalam menggunakan strategi ini. Yaitu strategi online marketing.

4. Simple dan Mudah Diaplikasikan

Jika Anda sudah mengetahui strategi Digital marketing pastinya Anda akan lebih mudah memasarkan produk atau jasa secara online.

Pasalnya, Anda tidak harus memasukkan produk atau barang secara fisik, melainkan hanya dengan membuat katalog atau item daftar dengan deskripsi singkat dan jelas, bisa menarik jumlah konsumen.

Dengan pemasaran secara online, Anda juga tidak harus memiliki banyak karyawan, cukup beberapa karyawan atau tim yang dapat menghandle internet dan produk Anda saja.

5. Mengelola Produk atau Usaha Lebih Mudah

Dengan menggunakan strategi pemasaran online yang tepat, maka Anda akan lebih mudah mengelola produk atau bidang usaha yang ditangani.

Anda dapat membuat website sendiri untuk menjual produk atau menawarkan jasa, lalu buatlah sistem manajemen yang tepat agar Anda bisa mengelolanya dengan mudah.

Misalnya, dengan membuat sistem manajemen selain barang dan pergudangan untuk melihat stok barang dan lainnya.

6. Pengusaha Akan Lebih Fokus

Setiap orang tentu ingin menjadi pengusaha, termasuk para santri.

Iya kan?

Karena pengusaha seringkali dinilai pekerjaan yang cukup santai karena hanya mengatur karyawan saja. Hal tersebut bisa benar jika Anda memiliki strategi yang tepat dan karyawan yang dapat diandalkan.

7. Penelitian Pasar akan Mudah

Penelitian pasar artinya Anda bisa melakukan riset produk atau jasa yang dibutuhkan oleh para konsumen, kemudian Anda bisa memodifikasinya dengan produk Anda.

Dengan melihat kata kunci pencarian yang banyak diminati, maka hal tersebut dapat membantu Anda untuk membuat strategi pemasaran yang tepat.

Tips Belajar Pemasaran Online bagi Pemula dengan Mudah

Setelah mengetahui banyaknya manfaat digital marketing atau pemasaran online yang Anda dapatkan, tentu Anda tertarik untuk mencobanya bukan?

Pasalnya, belajar pemasaran online memiliki banyak manfaat yang bukan hanya dapat mempertahankan kelangsungan bisnis online saja, tetapi juga membuka peluang baru di kehidupan era digital seperti saat ini.

Adapun berikut ini merupakan tips belajar pemasaran online bagi pemula dengan mudah yang bisa Anda ketahui, di antaranya yaitu :

1. Memanfaatkan Media Sosial untuk Memasarkan Produk

Setiap orang pasti memiliki akun sosial media, begitu pula dengan para lulusan pondok pesantren. Bahkan, saat ini akun sosial media terus meningkat setiap tahunnya.

Hal tersebut menjadi kesempatan bagus bagi Anda untuk memasarkan produk atau jasa secara online di sosial media. Media sosial sendiri menjadi cara yang efektif untuk meluaskan atau mengenalkan produk Anda ke jangkauan yang lebih luas.

Cara pemasaran online dengan media sosial bukanlah hal yang sulit, Anda hanya perlu rajin memposting produk ke akun Anda. Misalnya, jika Anda berjualan produk kecantikan, maka konten Anda harus berupa fashion and beauty.

Anda juga bisa membuat desain gambar yang menarik agar pembeli penasaran dengan produk yang Anda pasarkan.

2. Membuat Platform Website

Saat ini, website menjadi salah satu platform digital yang digandrungi oleh masyarakat, khususnya sebagai media pemasaran online dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hal ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menawarkan produk dalam jangkauan yang lebih luas.

3. Mengirim Email Marketing kepada Segmen Pasar

Tips belajar pemasaran online selanjutnya yaitu dengan menggunakan email marketing. Pasalnya, email marketing menjadi salah satu media yang paling efektif dan tertarget.

Aamu bisa menciptakan hubungan yang baik serta melakukan pendekatan personal dengan pelanggan atau calon pembeli.

4. Tawarkan Audience untuk Menjadi Reseller Produk

Agar jangkauan produk Anda semakin meluas dan meningkatkan pemasaran yang maksimal, Anda bisa mencari reseller produk. Sehingga bisnis Anda akan tumbuh besar bahkan pesat.

Meskipun Anda harus memberikan harga yang murah untuk reseller, namun Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Karena penjualan produk bisa dilakukan setiap hari dalam kuantitas yang besar.

5. Berikan Informasi Review Produk atau Testimoni dari Pelanggan kepada Calon Pembeli

Memberikan testimoni yang baik kepada calon pembeli Anda dapat meyakinkan mereka bahwa produk yang Anda jual berkualitas.

Pasalnya, testimoni dari pelanggan dinilai efektif untuk membangun kepercayaan terhadap produk yang Anda jual, khususnya bagi calon pembeli yang masih ragu dengan kualitas produk Anda.

Anda juga harus memberikan pelayanan maksimal kepada calon pembeli agar mereka merasa puas dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Itulah beberapa hal mengenai belajar pemasaran online yang dapat Anda ketahui, mulai dari manfaat serta tips yang bisa Anda lakukan.

Pasalnya, siapa saja boleh belajar pemasaran online termasuk para santri Indonesia atau bagi Anda yang baru saja lulus dari Ponodok Pesantren. Mengingat, semakin hari perkembangan teknologi semakin maju, jika Anda tidak mengikuti perkembangan tersebut, maka Anda akan terlambat dan ketinggalan. Sekian dari santri internet marketer Tuban Jawa Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here