Santri Belajar Internet Marketing? Why Not?

Santri Internet Marketing

Seperti yang telah kita tahu, santri sangat identik dengan budaya kesantriannya. Budaya santri ini belum tentu dimiliki oleh orang-orang yang statusnya non santri.

Sarungan, ngaji bareng, makan bareng, mandi bareng, bersongkok hitam dan memakai baju koko dan seragam santri khas-Nya.

Itu merupakan ciri khas yang belum tentu dimiliki oeleh mereka (non santri).

Di pesantren, santri tak hanya diajarkan tentang ilmu agama. Mereka juga diajarkan tentang kemandirian sejak dini, belajar menghemat uang, belajar mlarat, dituntut untuk dewasa saat di pesantren.

Jika di Pesantren formal, mereka akan digembleng dengan pendidikan umum seperti pada pendidikan umum lainnya yang ada di Indonesia.

Walupun dimikian, tak jarang ada orang yang berpikir bahwa santri itu ndeso, gaptek, sarungan, nggak keren, ketinggalan zaman.

Kata siapa?

Mengingat santri yang sering dikenal dengan kealimannya, pola pikir yang kolot dan tidak terima akan perubahan zaman, saya sedikit nggak terima jika masih ada yang beranggapan kalau “santri” seperti itu.

Melalui tulisan ini, semoga mereka tahu bahwa santri tak hanya pintar ngaji, tapi juga jago teknologi.

Saat ini, saya sering menjumpai sudah banyak para santri yang melek dengan adanya Internet. Internet ini dimanfaatkan dengan baik oleh para santri, salah satunya adalah pemasaran online, atau biasa disebut internet marketing.

Internet Marketing sendiri memiliki arti pemasaran jasa atau produk secara online melalui internet.

Internet Marketing tidak selalu tertuju di penjualannya saja. Tetapi, banyak hal yang lebih asik seperti promosi, membangun branding, saling sapa dengan customer, dan masih banyak lagi.

Penggunaan internet telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonnesia, termasuk santri. Apalagi masyarakat modern yang sudah akrab dengan tekhnologi seperti smartphon, tablet, laptop. Seakan-akan mereka bisa mati tanpa adanya barang elektronik itu.

Mengetahui hal tersebut, sudah saatnya para santri melek dengan Internet. Jadi, tidak hanya menikmati fasilitasnya saja. Tetapi, harus bisa memanfaatkan sebaik-baiknya.

10 Keuntungan Bisnis Menggunakan Internet Marketing

Berikut ini 10 keuntungan bisnis yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan internet marketing menurut entrepreneurcamp.id.

1. Lebih Mudah

Melakukan kegiatan pemasaran melalui internet bisa dikatakan jauh lebih mudah dibandingkan dengan lainnya.

Anda bisa melakukannya dan mengontrolnya kapan saja dan di mana saja. Tidak ada batasan ruang dan waktu.

2. Menghemat Biaya

Dengan bermodal alamat e-mail, jaringan internet, dan komputer, Anda bisa mulai melakukan pemasaran internet untuk menyebarkan informasi tentang bisnis Anda.

Anda juga dapat membuat akun sosial media dan blog secara gratis untuk memasarkan bisnis Anda. Jika ingin profesional, anda bisa menggunakan domain dan hosting berbayar.

Biaya promosi online juga bisa dikatakan murah daripada menggunakan iklan cetak, dan iklan Google. Cukup menggunakan strategi SEO, Anda bisa menghemat lebih dari 70% biaya.

3. Banyak Pilihan dalam Pemasaran

Terdapat banyak pilihan dalam pemasaran online sehingga bisa membuat Anda lebih kreatif. Anda bisa menggunakan audio, gambar, video, dan tulisan.

Anda bisa menerapkan strategi social media marketing, Search Engine Optimization (SEO) marketing, e-mail marketing, afiliasi marketing, dan lain-lain. Silakan Anda pilih yang paling efektif untuk bisnis Anda.

4. Lebih Tertarget

Pada saat pembuatan konten, Anda bisa menargetkan konsumen potensial berdasarkan demografis tertentu. Seperti halnya jenis kelamin, rentang usia, lokasi, tingkat pendidikan, bidang pekerjaan, serta minat dan perilaku konsumen.

Anda bisa menjangkau target pasar yang lebih luas, namun tepat sasaran.

5. Melihat Hasil Secara Real-Time

Anda dapat memantau konten Anda kapan saja dan di mana saja untuk menelusuri bagaimana kinerjanya.

Anda dapat melihat hasilnya secara real-time dengan menggunakan analisis Google, atau Google Search Console untuk mengetahui apakah konten produk anda benar-benar dibutuhkan oleh banyak orang.

6. Penjualan Lebih Cepat

Saat Anda memasarkan produk di internet, Anda dapat menghasilkan penjualan dalam waktu yang singkat.

Penjualan terjadi seketika hanya dengan beberapa kali klik saja. Prosesnya tidak memakan waktu lama karena transaksi terjadi secara online dan mudah dilakukan.

7. Meningkatkan Keuntungan

Jumlah pengguna internet begitu banyak dan tersebar luas. Bisa dikatakan Anda bisa menjangkau konsumen tidak terbatas sehingga bagi Anda yang ingin memperluas pasar dan meningkatkan keuntungan semaksimal mungkin, Anda bisa memanfaatkan internet marketing mulai dari sekarang.

8. Mudah Dikelola

Bagi Anda yang menjalankan bisnis online, internet marketing memudahkan Anda dalam pengelolaan bisnis.

Jika Anda menggunakan website, Anda bisa menampilkan produk Anda secara online, mengecek stok barang, dan menjualnya berdasarkan pesanan.

Anda juga tidak butuh banyak karyawan, bahkan Anda bisa mengelolanya sendiri.

9. Membantu Riset Pasar

Teknologi sudah semakin canggih. Anda bisa melacak jumlah pengunjung dan asal pengunjung website Anda, mengetahui sumber lalu lintas website Anda, mengetahui kata kunci yang banyak dicari, dan lain-lain.

Data tersebut akan membantu Anda untuk melakukan riset pasar dan merencanakan strategi pemasaran yang tepat.

Untuk mengetahui itu, anda bisa memanfaatkan tools gratis dari Google Search Console.

Nah, jika anda santri, dan ingin memasarkan produk/ jasa Anda melalui internet marketing, jangan ragu karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan strategi internet marketing.

Tulis Komentar